Kenapa orang diabetes selalu disarankan untuk menjaga kaki mereka tetap bersih dan terbebas dari luka?

Dilihat 637 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Menjaga kakimu adalah hal utama yang penting kalau kamu mengalami diabetes. Inilah bagaimana caranya untuk merawat kakimu dan saranku untuk kapan kamu butuh bantuan profesional. 

Diabetes dapat mengurangi persediaan darah pada kakimu dan menyebabkan hilangnya perasaan yang dikenal sebagai neuropati perifer. Hal ini mengakibatkan luka di kaki akan sulit untuk sembuh, dan kamu mungkin tidak sadar kalau kakimu itu terluka atau sakit. "Resiko rumit ini dapat dikurangi dengan baik kalau kamu dapat mengkontrol tingkatan gula darahmu.", kata spesialis kaki, Mike O'Neill. "Pastikan kalau tekanan darah dan tingkat kolesterolmu juga dijaga dan dikontrol dengan obat medis kalau perlu.".

Tips merawat kaki kalau kamu punya diabetes:

  • Kunjungi ahli penyakit kaki pribadi atau umum paling tidak setahun sekali. Kamu seharusnya berhak untuk mengunjungi ahli penyakit kaki umum kalau kamu memiliki kondisi jangka-panjang seperti diabetes. Tanyakan pada dokter umummu untuk mencari atau menunjukkan ahli penyakit kaki lokal yang baik.
  • Jaga kakimu untuk tetap bersih dan bebas dari infeksi.
  • Pakai sepatu yang sesuai dengan kakimu dan jangan terlalu sempit. Sepatu yang tidak sesuai dapat menyebabkan masalah kapalan, bisul dan kuku.
  • Jangan pernah berjalan tanpa alas, terutama di taman atau dipantai pada hari libur untuk menghindar dari luka dan coba hindari duduk dengan menyilang kaki, jadi kamu tidak menyempitkan sirkulasi darahmu.
  • Potong dan rapihkan kuku kakimu secara rutin.
  • Obati kulit kasar / keras dengan spesialit penyakit kaki
  • Berhenti merokok untuk melindungi kakimu
Kalau kamu punya diabetes, penting untuk berhenti merokok. Merokok dapat merusak sirkulasi darah, terutama bagi yang terkena diabetes. Hal itu dapat memperparah masalah pada kakimu.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang