Kenapa orang Indonesia sering mengatakan bahwa makan Malaysia dan Singapur merupakan makanan mereka?

Dilihat 676 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Karena ada banyak kebudayaan Mayalsia yang sebenarnya merupakan kebudayaan Indonesia. MMelayu hanya merupakan sebuah etnis di antara Indonesia dan Malaysia. Kalau orang Malaysia menyimpulkan bahwa kebudayaan Mayal adalah milik mereka, saya yakin hal itu cukup beralasan. Tapi tidak begitu hal nya dengan kebudayaan yang berasal dari etnis Indonesia lainnya. 

Misalnya, Malaysia pernah menggunakan lagi Rasa Sayange sebagai lagu untuk mempromosikan pariwisata mereka, seolah - olah lagu tersebut berasal dari Malaysia. Apa benar lagu tersebut berasal dari Malaysia? Tentu tidak. Rasa Sayange merupakan lagu ambon. Orang ambon bukan merupakan orang melayu. Orang ambon merupakan etnis melanesia yang berasal dari Indonesia.


Sama sekali tidak ada alasan untuk menganggap lagu ambon sebagau lagu malaysia. Hal yang sama juga berlaku untuk karapan sapi. Ini merupakan kebudayaan madura, bukan malaysia. Begitu juga dengan tari Tor - Tor yang merupakan tarian batak, bukan malaysia. Karena sebuah kebudayaan berasal dari melayu atau dayak, hal itu masih bisa dimaklumi, karena melayu dan dayak merupakan bagian dari malaysia. Tapi kalau suatu kebudayaan berasal dari Papua, Maluku, Sumbawa, Bali dan sebagaimanya, maka budaya tersebut merupakan budaya Indonesia.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang