Kenapa orang Indonesia tidak bisa berbicara Bahasa Inggris (ataupun bahasa asing lainnya) dengan lancar?

Dilihat 2,7 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang akan sangat berguna bagi seseorang yang mempelajarinya. Di era globalisasi seperti saat ini, bahasa Inggris adalah elemen terpenting untuk bisa bersaing di dunia internasional. Ribuan bahasa yang ada di dunia disatukan dalam pemahaman bahasa Inggris untuk memudahkan komunikasi antar negara. 

Bahasa Inggris adalah bahasa kedua bagi Indonesia. Negara Indonesia juga salah satu negara yang berusaha untuk meningkatkan keterampilan warga negaranya dalam keterampilan berbahasa Inggris. Hal ini terlihat dari beberapa kurikulum bahasa Inggris yang dimasukkan dalam mata pelajaran wajib. Bahkan salah satu syarat pelajar sebelum memasuki perguruan tinggi adalah harus lulus dalam mata pelajaran bahasa Inggris. 



Pentingnya Kamus Bahasa Inggris

 

Kamus bahasa Inggris sangat diperlukan untuk mempermudah kita dalam mempelajari bahasa Inggris. Apa itu kamus? Pertanyaan ini sering kita jumpai di masyarakat yang belum paham benar apa arti sebuah kamus. Mereka bisa menggunakan media pembantu seperti kamus bahasa Inggris untuk menghapal beberapa kata umum yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kamus Bahasa Inggris merupakan salah suatu alat yang bisa membantu orang Indonesia untuk belajar dan menambah perbendaharaan kata. 

Kamus adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan arti atau makna kata dan berfungsi bagi seseorang untuk mengenal kata baru. Kita mengenal kamus bahasa Inggris, biasanya diperlukan di sekolah-sekolah yang digunakan oleh para siswa dalam mempelajari bahasa Inggris dan juga terkadang digunakan oleh orang asing yang ingin belajar bahasa Inggris. 

Orang Indonesia sulit untuk menguasai bahasa Inggris karena meskipun kita belajar bahasa Inggris di sekolah selama bertahun-tahun, namun kita masih tetap belum bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan lancar,  Apalagi bila diaplikasikan dalam dunia kerja, hanya sedikit sekali orang yang mampu berkomunikasi secara lancar dan menggunakannya dalam dunia kerja. 

      

     Bahasa Indonesia vs Bahasa Inggris

Hal itu terjadi karena tidak adanya pembiasaan untuk berbicara dengan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun saat ini semakin banyak orang asing yang datang ke Indonesia, pada umumnya hanya generasi muda yang dapat berbahasa Inggris dengan baik. Sekitar 3/4 dari anak muda Indonesia hanya mengerti bahasa Inggris dasar, karena mereka berasumsi hanya akan menghabiskan sisa hidup mereka di Indonesia. Untuk itu orang Indonesia lebih nyaman berbicara dengan bahasa ibu mereka.


Penyebab lainnya adalah bangsa Indonesia tidak dijajah lama oleh negara yang berbahasa Inggris. Tidak seperti Malaysia dan India, yang dijajah oleh Inggris dan pernah mewajibkan warga negaranya berbahasa Inggris (hingga kini, bahasa Inggris menjadi bahasa yang wajib digunakan dan dipelajari disana). Walaupun Indonesia dijajah oleh Belanda selama lebih dari 3,5 abad tetapi orang Indonesia tidak bisa berbahasa Belanda. Mengherankan bukan?


Biasanya orang asing yang bekerja di perusahaan di Indonesia memiliki posisi yang tinggi, jadi mereka jarang bertemu dengan orang Indonesia di dunia kerja apalagi berkomunikasi secara intens dan bertukar ide. Bahasa asing yang populer adalah bahasa Jepang, Korea, Mandarin, dan juga Bahasa Prancis/Spanyol. Bahasa-bahasa tersebut tidak dipelajari di sekolah, namun orang Indonesia biasanya hanya mempelajarinya karena merasa tertarik. Belajar Bahasa Jepang dan Korea disukai orang Indonesia karena hobi mereka dan sebagian karena kebutuhan. Seperti orang yang suka anime akan mempelajari Bahasa Jepang, orang yang suka K-pop akan mempelajari Bahasa Korea, orang-orang keturunan Cina akan belajar bahasa Cina.


Kebanyakan dari kita tidak terlalu suka mempelajari bahasa asing karena sulit dan harus benar-benar berinteraksi dengan orang asing supaya bisa menggunakannya dengan lancar. Orang-orang Indonesia tidak memiliki banyak kesempatan untuk melakukan hal itu. Pergi ke Eropa membutuhkan biaya yang besar dan membayar program 2 minggu hanya untuk bisa berbahasa Prancis juga sangat mahal. Terlebih lagi ketika sampai di Indonesia bahasa tersebut tidak akan digunakan. Kebanyakan orang Indonesia mau mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perjalanan ibadah ke Arab (bagi Muslim) atau Israel (bagi Kristiani), tapi mereka tidak pernah tertarik untuk mempelajari bahasanya. Mungkin orang Muslim belajar bahasa Arab, tapi hanya untuk membaca Al-Qur'an. Jadi pada dasarnya, kebanyakan orang Indonesia tidak suka mempelajari bahasa asing. 



Orang Indonesia akan mampu menguasai bahasa Inggris apabila semua masyarakat di Indonesia menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini perlu dukungan dari pemerintah agar semua warganya mempunyai keinginan untuk mempelajari bahasa internasional ini dan membiasakan diri untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bisa menggunakan media pembantu seperti kamus bahasa Inggris untuk menghapal beberapa kata umum yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Kamus Bahasa Inggris Indonesia


Kamus bahasa Inggris sangat mudah ditemukan di Indonesia. Kamus yang sering digunakan oleh para pelajar Indonesia adalah kamus bahasa Inggris Indonesia yang menjadi salah satu buku pegangan wajib bagi pelajar SD, SMP, hingga SMA. Biasanya mereka menggunakan kamus bahasa Inggris Indonesia yang berukuran kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana.


Jika kamu ingin bisa belajar bahasa Inggris biasakan untuk membawa kamus kemanapun kamu pergi tujuannya adalah agar kamu mudah menemukan kata baru dengan cepat untuk menambah perbendaharaan kata. Kamus bahasa Inggris Indonesia kini bisa dilihat di HP yang sudah ada aplikasinya atau kamu bisa mendownloadnya. Apalagi sekarang ini Indonesia dijadikan target dalam ekonomi global yang tentu akan sangat merugikan, apabila kita sebagai bangsa Indonesia melewatkannya. Untuk itu Belajar bahasa Inggris sangat penting untuk bisa diterapkan pada warga negaranya. Selain itu, warga Indonesia perlu diberi motivasi agar mau meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris mereka.


Pemerintah juga seharusnya ikut andil dalam hal ini, sebaiknya pemerintah menyediakan fasilitas belajar bahasa Inggris yang bukan hanya berlaku untuk anak muda namun juga orang-orang dewasa. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kemajuan Indonesia baik di bidang pendidikan bahkan di bidang ekonomi. Adanya media atau fasilitas yang memungkinkan orang Indonesia untuk bisa berbicara bahasa Inggris setiap hari, hal ini juga sangat penting, karena kita tahu bahwa penerapan berbicara bahasa Inggris setiap hari bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Mari kita tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris untuk menyongsong ekonomi global.


Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang