Kenapa orang Islam selalu memilih nama yang islami?

Dilihat 3,34 rb • Ditanyakan sekitar 3 tahun lalu
1 Jawaban 1

Nama merupakan bagian yang penting dari identitas seseorang. Nama merupakan cara alami dalam mengekspresikan jenis kelamin dan agama seseorang (dan juga kasta di India). Kebanyakan nama hindu adalah nama dewa - dewa atau diturunkan dari nama dewa - dewa. Memilih nama yang berubungan dengan dewa dari agama lain merupakan hal yang jelas tidak diperbolehkan dalam Islam. Biasanya, orang Islam tidak akan melakukan hal tersebut. Selain itu, ketika seseorang pindah agama, biasanya mereka juga akan mengubah namanya. Misalnya dari Dileep Shekar menjadi A.R. Rahman.


Kebanyakan orang Islam di India bukan merupakan generasi pertama (atau kedua, atau ketiga) yang berubah agama. Sudah berabad - abad lamanya sejak nenek moyang mereka pindah agama. Sekalipun mereka tidak mengubah namanya, nama anak - naka mereka pasti akan berbau islami. Selama beberapa generasi, nama islami sudah menjadi hal yang umum. Di India utara, setelah masuknya agama Islam, bahasa yang digunakan antar umat muslim berubah menjadi bahasa Urdu yang banyak dipengaruhi oleh bahasa Arab. Hal tersebut merupakan salah satu faktor kenapa nama islami bukan merupakan hal yang asing bagi mereka.


Di Kerala, dimana orang Islam tidak berbicara bahasa Arab maupun Urdu, nama islami digunakan dengan pengaruh Malayalam yang kental. Misalnya, Muhyiddeen menjadi Moytheen, Ali menjadi Kunhali (Kunhali = Ali kecil) dan sebagainya. 


Terjawab sekitar 3 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang