Kenapa orang yang baru pertama kali merokok merasa pusing dan lelah?

Dilihat 36 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Merokok ialah sebuah aktivitas yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, dan dilakukan oleh berbagai kalangan, baik yang tua maupun anak muda pun turut menyukainya. Sebuah lintingan rokok mengandung nikotin, karbon monoksida, tar, dan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya. Pastinya anda sudah dan tidak asing lagi dengan peringatan “dilarang merokok”. Tidak mengherankan kalau anda bisa mengingat dampak-dampak negatif yang ditimbulkan akibat merokok pada tubuh Anda. 

Salah satu konsekuensi utama yang bisa Anda dapatkan dari rokok adalah penyakit jantung. Bahaya merokok bagi kesehatan ada berbagai macam, seperti stroke, pusing, mual, kanker, osteoporosis, dan masih banyak lainnya. 

Nah, sekarang saya akan membahas salah satu dampak merokok yaitu merasakan pusing, terutama saat anda pertama kali merokok. Jadi, jangan kemana-mana dan baca terus artikel ini untuk mengetahuinya lebih lanjut, ya! :)


pusing


Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Orang baru pertama kali mencoba rokok belum pernah merasakan nikotin, dan nikotin merupakan molekul yang dapat memberikan rasa nyaman. 

Rasa pusing dan lelah merupakan akibat dari merasakan nikotin untuk pertama kalinya yang berdampak pada pengendapan berlebihan di dalam reseptor nikotin yang tinggal lebih lama. Pada dasarnya bagian itu tidak terbiasa dengan perasaan yang kita sebut "NENDANG", mereka hanya merasa ada sesuatu yang terjadi pada diri mereka.. 

          rokok mematikan

Asap rokok mengandung karbonmonoksida, yang terikat ke dalam hemoglobin yang bersirkulasi di dalam SDM (Sel Darah Merah), yang memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk terikat dengan HB dibandingkan oksigen. Jadi sekali terikat dengan HB, karbonmonoksida tidak gampang terlepas. Jadi hal itu mengakibatkan PENURUNAN OKSIGEN DALAM DARAH.

Penurunan oksigen (hipoksia) dapat berujung pada rasa pusing, pingsan dan rasa lelah.

                           

Itulah mengapa anda bisa merasakan pusing saat pertama kali merokok, sama halnya saat anda melakukan olahraga berat dan anda mengalami pusing...

Merokok itu memiliki banyak bahaya, jadi lebih baik kurangi merokok anda!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang