Kenapa otot bisep lengan kiri saya lebih kecil daripada lengan sebelah kanan?

Dilihat 618 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memiliki tangan yang kekar dan terlihat berotot memang menjadi idaman para laki laki. Tak hanya para pria yang mempunyai otot bicep tapi sebagian wanita juga menginginkan lengan yang kekar. Berbeda dengan pria, wanita melakukan olahraga agar tubuhnya kencang sedangkan pria menyukai lengan yang berotot agar terlihat macho. Wanita lebih mengkhawatirkan tubuhnya yang penuh lemak sehingga banyak melakukan olahraga kebugaran untuk membuat otot-otot di tubuh termasuk otot lengan. Biasanya wanita yang ingin membuat dirinya terlihat sedikit kekar agar bisa menunjang penampilannya


Otot bisep merupakan otot besar yang memiliki 2 caput (kepala), caput longum (panjang) dan caput brevis (pendek). Otot bisep ini biasaya sering ada di pertunjukan binaragawan. Latihan otot bicep memang memerlukan waktu yang agak lama untuk membentuk otot bisep. Tak perlu terburu buru untuk memiliki otot yang bagus, yang terpenting adalah kamu terus berlatih secara rutin agar otot kamu bisa terbentuk. Karena tak ada usaha yang tidak membuahkan hasil. Jangan sampai kamu melakukan latihan dengan cara berlebihan. Lakukan sesuai prosedurnya. 

 

Lalu kenapa otot bisepmu yang sebelah kiri lebih kecil dari yang sebelah kanan? Mari kita lihat alasannya. 


otot bicep


Besar Otot Tidak Seimbang, Mengapa?


Ada beberapa hal yang membuat hal tersebut dapat terjadi, misalnya: 

  • Setiap orang mempunyai aktivitas yang berbeda hal ini berhubungan dengan gerakan tangan dimana gerakan banyak dilakukan dengan tangan kanan yang dilakukan setiap hari tanpa dia menyadarinya. 
  • Lengan sebelah kananmu mungkin lebih kuat dibanding lengan sebelah kiri karena kamu terbiasa menggunakan tangan kanan. Saya tahu mengenai hal ini karena inilah yang saya alami ketika baru mulai melatih otot tangan. 
  • Mungkin kamu punya gen yang membuat bagian tubuhmu agak tidak proporsional. Ini bukannya tidak pernah terjadi dan tidak dapat ditangani dengan mudah. Kalau kamu tidak merasakan kekuatan di antara lenganmu, seharusnya ini tidak menjadi masalah dan kamu tidak perlu mengkhawatirkannya. Kalau salah satu dari tanganmu lebih kuat, lakukan latihan fisik dengan barbel dan dalam beberapa bulan masalahmu akan hilang.
otot bicep



Membentuk Otot Bisep


Ada banyak cara untuk membentuk otot bisep kamu. Karena membentuk otot bisep tidaklah semudah yang kamu kira, ada beberapa cara yang kamu harus lakukan agar dapat membentuknya, seperti:


  • Arm circle gerakan yang dilakukan dengan berdiri dengan tegak, posisi kaki sejajar dengan bahu, merentangkan kedua tangan dan melakukan putaran hingga menyerupai huruf O. Lakukan hingga 20 kali (4 kali set).  
  • Push up. Dengan meletakkan kedua telapak tangan di lantai secara berlahan turunkan badanmu hingga dada menyentuh lantai, lalu naikkan kembali. Lakukan dengan baik dan benar selama 15 menit secara teratur setiap hari agar otot lengan atas kamu terbentuk.
otot bicep


  • Tricep push back. Berdiri dengan kedua kaki dibuka sedikit, tekuk sedikit lutut kamu, dan gerakan dumbell ke belakang dan ke depan secara bergantian. Lakukan hingga 30 kali (4 kali set).  
  • Front Dumbell raise, gerakan berdiri tegak dengan kedua tangan lurus memegang dumbell. Angkat dumbell hingga sejajar dengan bahu dan turunkan beban. Lakukan hal yang sama berulang-ulang.  
  • Bench dips, letakan kedua tangan anda pada bench kemudian dorong tubuh kebawah, tahan posisi tersebut hingga beberapa saat, dan kembali pada posisi awal. Lakukan latihan ini berulang-ulang.  
otot bicep


Itu hanya sebagian dari banyaknya cara latihan untuk membentuk otot bisep. Memang lebih mudah jika kamu memiliki alat-alat khusus untuk olahraga fitnes. Latihan-latihan di atas membantu kamu untuk membentuk otot bicep. Namun jika kamu menginginkan latihan yang lebih sederhana, bisa melakukan push up setiap hari dan mengangkat barbel. Olahraga tersebut sudah dapat membentuk otot lenganmu.



Tips-tips Dalam Membentuk Otot Lengan 


Dalam melakukan latihan untuk membentuk otot lengan dan latihan otot bicep kamu harus menghindari hal-hal sebagai berikut:


  • Jika kamu sedang melatih otot lengan dengan satu latihan usahakan fokus pada satu gerakan, misal mengangkat barbel dan lakukan selama 10 menit atau sesuai prosedur, jangan pindah dengan alat lain untuk gerakan yang sama. Jika kamu berpindah alat olahraga namun gerakannya tetap sama, itu hanya akan menghambat perkambangan otot saja. Jadi lebih baik hindari hal seperti itu.   
  • Melakukan latihan dengan menggunakan barbell curl jangan berlebihan, seperti mengangkat tinggi-tinggi barbell curl secara berlebihan karena ingin mempercepat pembentukan otot bicep. Hal ini tentunya tidak baik karena akan membuat tubuh merekrut otot bahu dan mengurangi keefektifitasan latihan.
  • Jangan melakukan latihan otot bisep terlebih dahulu, kamu harus melatih punggung kamu dengan melakukan sit up agar seluruh otot bergerak baru kemudian melatih otot lengan agar latihan kamu menjadi lebih sempurna. 

  • Jangan melakukan latihan sampai berjam-jam, hal ini akan membuat otot kamu akan mengalami ketegangan dan akan merasakan sakit yang luar biasa setelah latihan sehingga latihan akan sia-sia.

otot bicep


Hal ini biasanya terjadi pada orang-orang yang ingin cepat memiliki otot bicep dengan cepat sehingga mereka melakukan gerakan yang tidak teratur dan melakukan latihan dengan cara dipaksakan. Kamu bisa melakukan latihan dengan beragam namun sesuai peraturan, berikan jeda saat akan melakukan hal lainnya. Bahkan kurang dari 30 menit saja setiap hari untuk melakukan latihan hal ini berlaku bagi para pemula.


Jika otot bisepmu sebelah kiri lebih kecil dari yang sebelah kanan, hal ini dikarenakan otot lengan sebelah kanan banyak melakukan gerakan setiap hari yang tanpa kamu sadari. Untuk menyeimbangkannya, lakukanlah gerakan otot pada lengan sebelah kirimu agar besar otot bisepmu seimbang. 

Lakukan latihan secara bertahap, konsumsi makanan yang bergizi dan jangan melakukan latihan yang berlebihan. Selamat mencoba!

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang