Mengapa otot-otot saya terasa nyeri selama menstruasi?

Dilihat 705 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1



Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami wanita. Banyak diantara mereka mengeluhkan nyeri haid saat periode mentruasi mereka datang. Nyeri haid yang sangat mengganggu tentunya akan mengganggu aktivitas mereka dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Banyak wanita yang merasakan nyeri haid merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Sebagian wanita tidak begitu merasakan rasa sakit di bagian bawah perut sehingga mereka dapat menjalankan aktivitas mereka tanpa merasa terganggu. Namun sebagian wanita lainnya merasakan nyeri haid yang tidak tertahankan bahkan ada yang tidak mampu melakukan aktivitas apapun. 


Nyeri haid atau dalam bahasa medisnya disebut dengan dismenore sebenarnya adalah sensasi kram pada bagian bawah perut saat menstruasi. Istilah dismenore sering dipakai untuk mengidetifikasikan nyeri haid yang terbilang tidak biasa dan cukup berat sehingga penderita membutuhkan analgesik atau bahkan harus memeriksakan dirinya ke dokter. 


Namun selain nyeri pada bagian bawah perut saat menstruasi, berbagai macam keluhan lain juga seringkali dialami oleh wanita, mulai dari perubahan mood yang mendadak hingga keluhan nyeri lainnya. Rasa sakit yang dirasakan oleh setiap wanita berbeda-beda,  ada yang merasa lelah berlebihan, depresi,  bahkan ada yang merasakan nyeri sendi/otot pada saat menstruasi, dan lain sebagainya. Gejala berupa ganggungan fisik dan mental tersebut dikenal juga dengan nama PMS (Pramenstruasi Syndrome).  


Nah, jadi sebenarnya apa saja gejala PMS itu? Mengapa sendi dan otot bisa terasa sangat nyeri saat haid? Dan bagaimanakah cara menghilangkan nyeri haid tersebut? Untuk itu, yuk kita simak artikel di bawah ini sampai habis.

Bagi anda yang sering mengalami gejala PMS, pasti akan sangat berguna dan membantu anda.


Gejala-gejala PMS


Pra-menstruasi Syndrome (PMS)  adalah suatu gejala yang biasanya terjadi selama satu atau dua minggu sebelum menstruasi datang namun, ketika menstruasi datang gejala itu pun akan hilang dengan sendirinya. 


Ada beberapa dugaan faktor penyebabnya adalah rendahnya tingkat hormon progesterone, kekurangan nutrisi dalam tubuh dan rendahnya tingkat serotonim (suatu bahan kimia yang diperlukan otak). Gejala mulai dirasakan 7-10 hari menjelang menstruasi berupa gejala fisik maupun psikis yang menggangu aktivitas sehari-hari dan menghilang setelah  menstruasi.


Gejala emosional/mental antara lain:

  • Cemas dan gelisah
  • Perasaan depresi
  • Sering ingin menangis
  • Mood menjadi labil, mudah tersinggung dan mudah marah
  • Perubahan nafsu makan
  • Sulit tidur (insomnia)
  • Malas bersosialisasi
  • Gangguan konsentrasi

Gejala fisik antara lain:

  • Nyeri otot atau sendi
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Berat badan akibat retensi air
  • Perut kembung
  • Nyeri pada payudara
  • Tumbuh jerawat
  • Konstipasi atau diare




Mengapa Otot dan Sendi Terasa Nyeri? 


Seperti kita lihat di atas, nyeri otot atau pegal-pegal memang merupakan bagian dari gejala yang muncul sebelum menstruasi ataupun selama periode menstruasi terjadi. 


Penyebab dari gejala nyeri otot atau sendi saat menstruasi dipengeruhi oleh beberapa faktor. Penyebab utama yang menimbulkan nyeri otot dan sendi saat haid sebenarnya berasal dari merangsangnya otot-otot rahim saat terjadi kontraksi. Kontraksi otot-otot rahim ini terjadi saat meluruhnya dinding endrometrium bersamaan dengan sel telur matang yang tidak dibuahi. 


Kontraksi juga terjadi karena otot-otot rahim membuat aliran darah pada rahim menjadi berkurang dan akan menyebabkan terangsangnya ujung-ujung saraf sehingga menimbulkan rasa pegal dan nyeri di sekitar otot atau sendi pada tubuh kita. 


Jadi yang menjadi alasan utama penyebab nyeri otot saat menstruasi adalah:

  • Berkurangnya produksi beta endorfin dalam tubuh - Beta endorfin adalah hormon peptida yang memiliki efek mengurangi rasa sakit, meningkatkan rasa rileks dan menimbulkan rasa nyaman. Beta endorfin disebut-sebut memiliki peranan dalam siklus menstruasi. Hal ini ditunjukkan bahwa secara statistik terdapat jumlah maksimum beta endorfin kira-kira 2 hari sebelum ovulasi dan 5 hari setelah ovulasi. Dengan sedikitnya produksi beta endorfin yang dalam tubuh, rasa sakit menjadi semakin terasa.
  • Meningkatnya Protein C-Reaktif - Protein C-reaktif (CRP) merupakan protein yang ditemukan di dalam darah, dan jumlahnya akan meningkat jika terjadi peradangan. Meningkatnya estrogen berhubungan dengan penurunan CRP, sedangkan meningkatnya progestreron dalam fase luteal dalam siklus menstruasi berhubungan dengan peningkatan CRP.
  • Kurangnya hormon Progesteron - Progesteron memiliki efek menurunkan kekebalan tubuh. Wanita yang memiliki kadar progesteron yang rendah akan mengalami nyeri berlebihan selama siklus menstruasi. Progesteron juga menurunkan produksi oksida nitrat (yang memiliki fungsi proinflamasi dan anti-inflamasi) dan juga menurunkan nitrat makrofag.
  • Sebagai tambahan, perasaan tegang atau stress dengan sendirinya dapat meningkatkan nyeri otot atau sendi.

Cara Menghilangkan Nyeri Haid


Berikut ini beberapa yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri haid:

  • Olah raga teratur - Kurang olah raga bisa menjadi salah satu pemicu nyeri haid saat datang bulan. Untuk mengurangi nyeri haid, anda bisa melakukan olah raga ringan seperti jogging atau yoga, karena olah raga tersebut bisa meningkatkan denyut jantung dan juga melancarkan aliran darah sehingga suplai darah dan juga oksigen ke area rahim menjadi lebih lancar. Kondisi itulah yang akan memberikan rasa nyaman pada area perut.
  • Kompres Pakai Air Hangat - Dilakukan dengan menempelkan botol yang sudah diisi air hangat sebelumnya, atau menempelkan handuk yang telah direndam di dalam air hangat ke bagian tubuh yang nyeri. Dampak fisiologis dari kompres hangat adalah membuat otot tubuh lebih rileks karena peningkatan suhu pada area tertentu membantu proses pelebaran pembuluh darah, sehingga memperlancar peredaran darah. Dengan demikian dapat menurunkan atau menghilangkan rasa nyeri.
  • Mandi Air Hangat - Mandi air hangat akan membantu melancarkan peredaran darah. Dengan kata lain, mandi air hangat ini dapat merelaksasikan tubuh yang mana akan membantu meringankan rasa sakit pada perut.
  • Harus Menjauhi Rokok dan Alkohol - Kebiasaan buruk merokok serta minum-minuman beralkohol akan dapat membuat semakin parah masalah nyeri haid yang dialami. 
  • Latihan pergerakan atau pemijatan - Memijat perlahan perut bagian bawah secara perlahan. Cukup gunakan tangan dan jari-jari anda untuk memijat perut, terutama bagian bawah pusar yang biasanya menjadi pusat sirkulasi saat haid berlangsung. Pijatlah perlahan dengan gerakan memutar dari atas ke bawah.
  • Perbanyak konsumsi zat besi - Saat menstruasi, darah akan banyak yang keluar, perbanyak konsumsi zat besi untuk menghindari anemia. Makanan yang mengandung banyak zat besi diantaranya sayur bayam, kacang-kacangan, ubi merah. 




Selain melakukan hal di atas, cara menghilangkan nyeri haid lainnya yaitu dengan pemberian obat penghilang rasa sakit (seperti paracetamol atau kodein) dan juga obat-obatan anti inflamasi non-steroid (seperti ibuprofen dan aspirin). 

Namun pengobatan yang dilakukan sangat bergantung pada penyebab anda mengalami nyeri haid tersebut, apalagi jika anda mengalami dismenore. Mungkin pada awalnya anda perlu mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, tetapi anda tetap perlu mengobati penyebab dasarnya. Karena bisa saja nyeri haid hebat tersebut disebabkan oleh endometriosis atau fibroid ataupun penyakit lainnya.


Nah itulah artikel mengenai nyeri haid. Intinya, selama hal tersebut masih dalam batas yang wajar, dalam arti tidak terlalu mengganggu aktivitas anda dan hubungan anda dengan orang lain, dan juga setelah haid dapat kembali normal, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. 


Namun jika anda mengalami dismenore (nyeri haid yang hebat), terlalu berlebihan atau tidak tertahankan, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, karena dikhawatirkan dapat menandakan adanya kondisi penyakit tertentu. 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang