Kenapa paha saya besar dan berlemak?

Dilihat 1,77 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memiliki paha ramping yang ideal merupakan mimpi banyak orang. Dan untuk sebagian besar orang, memiliki paha yang besar merupakan hal yang buruk. Terlebih lagi untuk perempuan, ukuran paha yang besar merupakan sesuatu yang bisa menurunkan rasa percaya diri karena penampilan mereka. Biasanya hal yang pertama dilakukan mencari cara untuk mengecilkan paha. Berbagai macam cara pun dilakukan untuk mengecilkan paha agar sesuai dengan bentuk ideal yang kita inginkan.


Paha besar bisa juga terjadi karena beberapa macam faktor. Untuk itu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu indikasi ukuran paha normal itu seperti apa. Jika sudah mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah untuk mengambil tindakan seperti apa yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan ukuran paha proposional yang sesuai dengan pahamu.


Di bawah ini akan saya paparkan beberapa penyebab dari paha besar dan berdaging beserta solusi untuk paha besar.


galena mengeilkan paha



Penyebab Paha Besar Dan Berlemak


Sebelum kamu mengambil tindakan untuk menghadapi paha besar yang (mungkin) saat ini menjadi masalah buatmu. Ada beberapa penyebab yang membuatmu memiliki paha besar dan hal ini perlu kamu kenali sebelum mengambil tindakan mengecilkan paha.



1. Faktor genetik


Faktor genetik merupakan faktor penting yang mendukung pembentukan tubuh, termasuk paha. Perhatikan bagaimana bentuk paha kedua orang tuamu. Jika kedua orang tuamu memiliki bentuk paha yang besar, maka besar kemungkinan kamu akan memiliki bentuk paha yang serupa pula. 


Dalam beberapa kasus, akan sulit bagi kamu yang memiliki gen paha besar dari orang tuamu untuk mendapatkan bentuk paha ramping sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan.



2. Jenis kelamin


Jenis kelamin menjadi salah satu faktor dari paha besar dikarenakan perbedaan hormon pada laki-laki dan perempuan. Pada umunya, perempuan memiliki ukuran paha yang lebih besar daripada laki-laki. Hal ini disebabkan oleh hormon esterogen yang memicu penimbunan lemak disekitar paha, pinggul, dan pantat. Sedangkan untuk laki-laki sendiri lemak lebih bayak menumpuk di perut.



3. Penumpukkan lemak


Penumpukkan lemak pada pahamu seringkali menjadi penyebab utama dari paha besar. Paha merupakan salah satu bagian tubuh dimana sering terjadinya penimbunan lemak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hormon esterogen pada perempuan yang memicu penimbunan lemak pada perempuan. Asupan makanan berlemak yang dikonsumsi secara tidak konsisten akan memicu pertumbuhan paha semakin besar dengan cara yang cepat.




Cara Mengecilkan Paha


Bagi kamu yang memiliki paha besar, tidak perlu khawatir atau takut bahwa kamu akan berakhir memiliki paha besar untuk selamanya. Yang perlu kamu lakukan hanyalah dengan mengecilkan dan membuatnya ramping sesuai dengan bentuk ideal yang kamu inginkan. Banyak sekali cara untuk mendapatkan paha ramping yang ideal dengan mengombinasikan diet dan olahraga.


Pertama-tama, asumsikan kamu mau merubah pahamu dalam beberapa cara, kalau tidak kamu tidak mungkin bertanya hal ini, kan. Kedua, cari cara untuk menghilangkan paling tidak satu kesalahpahaman yang mungkin kamu punya: Cara mengecilkan paha dengan mengolahragakan kakimu supaya lemak di kaki dan pahamu terbakar dengan cara yang disebut sebagai 'spot reduction' dan secara umum bisa dikatakan berada di antara tidak mungkin dan tidak layak. 


Spot reduction sendiri merupakan kesalahan menandai suatu bagian tubuh dimana lemak bisa dihilangkan dengan cara melakukan olahraga spesifik untuk bagian tubuh tersebut. Ada beberapa yang memandang bahwa cara tersebut merupakan hal yang mungkin dalam beberapa keadaan, tapi akan lebih baik kalau kamu berpikir bahwa cara ini adalah mitos. Bukan berarti kamu tidak boleh mengolahragakan kakimu, karena kaki akan menjadi senjata terbaik dalam menyerang profil hormon kita, tapi pemikiran bahwa hanya dengan berolahraga saja merupakan cara menghilangkan lemak di paha terbaik merupakan hal yang salah!


Sekarang, coba lanjutkan ke tujuanmu. Kamu ingin mengecilkan pahamu, tapi hal yang harus diperhatikan adalah:

Apakah kamu ingin pahamu mengecil secara periode? Misalnya, apakah kamu tidak khawatir tentang persenan lemak tubuh di kakimu dan hanya ingin mengurangi ukurannya saja?


Atau,


Apakah kamu hanya ingin mengurangi lemak total? Misalnya, kamu ingin pahamu lebih ramping tapi tidak tertarik untuk menghilangkan otot?


  1. Kalau jawabannya itu yang pertama, berarti latihan kardio merupakan solusi yang mungkin. Latihan kardio yang dilakukan dalam durasi lama seperti lari jarak jauh misalnya, juga bisa menguatkan otot paha tanpa membuatnya tampak lebih besar. Hal ini berbeda dari lari cepat yang meski bisa membakar lemak dengan kilat, namun juga bisa meningkatkan ukuran otot paha. Tak hanya merampingkan paha, lari jarak jauh juga bisa membentuk ulang tampilan kaki. Kamu juga perlu mengkombinasikan hal ini dengan diet kalori untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini mirip seperti menggunakan senapan untuk berburu, tapi akan bekerja dengan baik jika dilakukan secara konsisten.

    galena cara mengecilkan paha


  2. Kalau jawabannya yang kedua, berarti kamu perlu bekerja untuk merubah profil hormonalmu. Banyak orang, terutama perempuan, lemak yang terakhir untuk dibakar itu sekitar paha dan lemak perut. Saya sarankan untuk membaca buku Lyle McDonald berjudul "The Stubborn Fat Solution" karena buku ini akan sangat membantumu.

Dua cara lain yang mungkin kamu mau teliti:



Diet merupakan cara yang selalu ditempuh untuk mendapatkan bentuk paha ideal yang tentu saja diimbangi dengan olahraga. Untuk kamu yang ingin mencoba berdiet, saya usulkan untuk mencoba diet puasa (intermittent fasting). 


Diet puasa atau intermittent fasting adalah metode untuk mengatur pola makan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu, namun masih dapat minum. Dibandingkan dengan istilah 'diet' yang biasanya merujuk pada pengurangan atau pembatasan makan, metode intermittent fasting lebih ke mengatur kebiasaan makanmu. Metode ini tidak mengatur makanan apa yang harus kamu kurangi, atau tidak boleh dikonsumsi. 


Dalam cara ini, kamu hanya perlu mengatur jadwal kapan kamu makan, dan kapan kamu HARUS berhenti makan. Biasanya metode ini menganjurkan untuk puasa makan selama 16 jam, namun waktunya dapat Anda tentukan sendiri.


Carb Backloading juga bisa menjadi hal yang berbeda, tapi banyak yang melihat hasil yang bagus pula. Penting untuk mengerti kalau hal ini dapat diselesaikan HANYA dengan latihan olahraga yang didasarkan kekuatan berat dan beban berat. Tolong jangan lakukan campuran lari atau bahkan latihan beban ringan dengan carb backloading. Rangsangannya tidak sama dan hasilnya bisa ngaco.


Kuharap hal ini bisa membantumu mulai kearah yang benar. Penting untuk mendiagnosa situasi yang tepat yang membuat lemakmu dipertahankan di area yang kamu sebutkan itu dan kemudian ambil langkah yang diperlukan untuk membalikkan situasimu.


galena olahraga mengecilkan paha


Saya rasa itu saja yang saya bisa sampaikan untuk memberikan sedikit arahan yang dapat membantumu mendapatkan bentuk paha yang ideal. Memang cara-cara tersebut bukanlah cara yang instan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, dengan kesabaran dan ketekunan hal tersebut pasti akan tercapai.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang