Kenapa pengobatan untuk kanker sangat sulit dipahami?

Dilihat 533 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Aku tidak melihat jawaban atau komentar apapun oleh orang yang lebih berkualifikasi sampai saat ini, jadi ini beberapa opiniku sebagai penggemar biologi sains.

Kanker melibatkan kelipatan dari versi spesial sel tubuhmu yang berbeda dari yang lainnya dalam cara yang bijak, termasuk ciri utama ini: mereka tidak mati. Dalam kata lain, kanker adalah mutinitas bagian dirimu. Ini membuat kanker semakin sulit dideteksi dan apalagi diobati. Tidak seperti kondisi yang melibatkan makhluk asing seperti virus, bakteri, atau  paku rel kereta api, sel-sel kanker ganas yang hampir tidak bisa dibedakan dengan sel-sel sekitarnya sampai sel tersebut menjadi jelas atau menyebabkan masalah.

Pada saat itu, sering kali sudah terlalu telat: ketika tumornya sudah cukup besar untuk dirasakan, tumor itu akan cukup besar untuk menumpahkan dirinya sendri (metastasis), yang nantinya berkoloni dengan bagian tubuh yang lain. Karena sulit dideteksi, pengobatan yang konvensional bisa kurang spesifik dari yang dibutuhkan. Kemotrerapi berusaha untuk memilih sel-sel kanker beracun, tapi cenderung mengenai organ lain yang memiliki tingkat pembuangan yang tinggi, seperti yang ada dalam saluran pencernaan (menyebabkan mual, kehilangan nafsu makan) dan folikel rambut (kebotakan), dan sel sehat lain yang terlibat. Operasi dan radiasi bisa dilakukan dengan tepat, untuk mensasarkan area yang sangat kecil, tapi hal ini tergantung apakah ia bisa mendeteksi penipu yang sangat efeksif ini diantara rekan-rekannya yang tidak bersalah. Keparahan dari pengobatan ini ditambahkan ke bebannya sendiri; beberapa kondisi lain yang melibatkan pengambilan langkah mundur yang besar dalam keseatan umum untuk dapat maju kedepan.

Terakhir, aku mengimajinasikan kesempatan bertahan hidup yang rendah yang merupakan tantangan psikologis itu sendiri yang berada dalam resiko. Kanker secara tiba-tiba bisa membuat orang biasa menjadi  orang yang berada dalam posisi luar biasa yang merencanakan beberapa tahun kedepan merasa itu adalah hari terakhir mereka, termasuk memutuskan pilihan pengobatan. Dari yang aku pahami, tumor yang kecil itu cukup umum bahkan dalam kesehatan pribadi, dan tubuhmu mempunyai caranya sendiri untuk menangani mikrotumor ini. Jadi, pasti ada cara untuk memicu proses tersebut, mungkin dengan mengeksploitasi apapun yang terlihat sedikit berbeda yang ada diantara sel normal dan se-sel kanker. Atau mungkin memang tidak ada pengobatan yang asli, hanya untuk mencegah: menghambat pertumbuhan tumor sebelum ada yang bertumbuh cukup besar untuk mengancam kesehatanmu. Dr. William Li membuat presentasi di TED tahun ini, menganjurkan kalau kuncinya mungkin angiogenesis, atau bagaimana pembuluh darah bertumbuh.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang