Kenapa Penyakit Celiac yang paling umum salah didiagnosa menjadi penyakit genetik auto-imun di dunia?

Dilihat 530 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Aku tidak tahu kalau ini penyakit yang paling umum salah didiagnosa atau tidak, tapi pastinya memang sering salah didiagnosa. Ini untuk alasan-alasannya:

  • Kesadaran yang terbatas / Rendahnya dugaan. Hal ini berubah -- paling tidak di dunia Barat -- tapi untuk waktu yang lama dan dalam banyak wilayah, sangat sedikit orang dan sangat sedikit profesional medis yang sadar akan kondisinya.

  • Jarak jangkauan gejala. Tidak setiap celiac mempunyai gejala yang sama. Untuk membuat masalah ini lebih rumit, banyak gejala yang tumpang tindih dengan kondisi-kondisi lain (seperti Sindrom Iritasi Usus Besar), membuat diagnosa menjadi lebih bermasalah.

  • Kesulitan diagnosa.Tidak ada tes yang sesimpel ya-atau-tidak yang bekerja untuk semua orang yang penasaran tentang apakah mereka mempunyai penyakit itu apa tidak. Itu semua tergantung faktor-faktornya (biopsi, penanda genetik, keefektifan diet bebas-glutan); tidak semuanya diperlukan untuk kondisimu bisa didiagnosa, jadi, itu semua tergantung doktermu.

  • Spektrum diagnosa. Banyak ahli yang percaya, dalam dekade berikutnya, kita akan dapat mengidentifikasikan tipe-tipe penyakit celiac yang berbeda-beda -- atau paling tidak tipe ketidakbisaan memproses gluten yang berbeda-beda -- yang memiliki penanda genetik yang berbeda dan gejala yang berbeda pula. Untuk sekarang, perbedaan-perbedaan ini meningkatkan kesulitan diagnosa.

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang