Kenapa punggung saya sakit saat saya melakukan sit up?

Dilihat 9,07 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1




Sit up adalah olahraga yang sangat terkenal. Bagi anda yang mempunyai kesibukan banyak dan jarang memiliki waktu luang untuk berolahraga keluar ataupun pergi ke tempat fitnes, maka sit up adalah salah satu olahraga terbaik yang dapat dilakukan dengan mudah dengan tidak keluar rumah.


Selain mudah dan murah dilakukan, banyak sekali manfaat sit up. Jenis olahraga ini cukup baik untuk membentuk otot-otot, tidak hanya otot perut, namun juga termasuk dada, panggul, pinggang bagian bawah dan leher. Dengan mengetahui tata cara sit up yang benar, maka bila sering dilakukan juga dapat meningkatkan hormon testosteron yang sangat baik bagi kesehatan tulang, sehingga anda terhindar dari penyakit osteoporosis atau tulang mengalami keropos.


Penyebab Punggung Sakit Saat Latihan Sit Up


Latihan sit-up sekeras apa pun tak akan berhasil jika Anda salah saat melakukan gerakannya. Tentunya sangat penting membahas tata cara sit up yang benar. Gunanya agar sit up yang kita lakukan sesuai dengan apa yang di harapkan, karena apabila sit up tidak dlakukan dengan benar, justru malah akan membuat tubuh anda cedera. Salah satu resiko cedera yang biasa terjadi adalah sakit punggung. Menurut Stuart McGill, PhD, professor of kinesiology (ilmu yang mempelajari gerak tubuh manusia), gerakan sit up berpotensi membuat punggung menjadi tegang serta menekan ruas antar sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri yang parah.


Segera perbaiki jika Anda masih menemukan kesalahan dalam mempraktekkan gerakan-gerakannya, agar cedera punggung dapat dihindari. Berikut cara sit up yang benar :



   1.  Sit up yang benar adalah terlebih dahulu pada posisi rileks kemudian menempatkan tubuh di posisi punggung yang lurus. Apabila sudah nyaman, baru sit up dimulai. Jadi tidak perlu terburu-buru.
  2.   Gunakan matras yang nyaman, karena lantai berpotensi membuat punggung Anda cedera.
  3.   Gunakanlah otot perut, bukan otot punggung untuk mengangkat kepala. sehingga tidak akan memberikan tekanan yang salah ke punggung bagian bawah.
 4.    Sit up dilakukan beberapa kali dalam satu set, kemudian diulangi beberapa set. Tidak perlu terburu-buru meningkatkan jumlah set, lebih baik lakukan saja secara rutin.
  5.   Pengaturan nafas pada saat sit up harus benar. Pada posisi tidur, tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan saat posisi bangun.


Bagaimana untuk dapat merasakan manfaat sit up, mudah bukan? Jika Anda mengikuti setiap langkah gerakan Sit Up yang telah dipaparkan tersebut dengan benar, maka impian untuk memiliki perut rata bisa Anda dapatkan tanpa harus mengalami cedera yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang