Kenapa sangat sulit untuk melakukan sit up setelah beberapa hari melakukannya?

Dilihat 534 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Olahraga merupakan suatu jenis kegiatan fisik yang bermanfaat untuk tubuh/jasmani, pikiran, serta jiwa manusia. Olahraga juga dapat diartikan sebagai semua bentuk aktifitas fisik yang berpengaruh terhadap kebugaran fisik, kesehatan mental, serta interaksi sosial. Melakukan olahraga secara rutin sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan, karena dengan berolahraga dapat membantu untuk menurunkan resiko terjangkitnya beberapa jenis penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, osteoporosis ataupun beberapa jenis penyakit berbahaya lainya. 


Salah satu olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah adalah adalah sit-up, dan cara melakukan sit up ada banyak sekali macamnya, tinggal kita kelompokan berdasarkan ringan dan beratnya olahraga tersebut. Sit up yang benar bisa dilihat dari gerakkan untuk menghasilkan otot be set seperti: push up, sit up, pull up, scoot jump dan lain sebagainya, sedangkan olahraga berat misalnya, renang, tinju, karate, gulat, kempo, judo, sepak bola, bola voli, dan lain-lain. 


Di sini kita akan fokus ke salah satu dari olahraga ringan, sit up. 

Kenapa sangat sulit untuk melakukan sit up setelah beberapa hari melakukannya? Mari kita kupas serba-serbi sit up secara mendalam.

sit up



Manfaat Sit Up Untuk Kesehatan


Olahraga sit up merupakan jenis olahraga kebugaran karena dapat dilakukan tanpa banyak memerlukan peralatan dan juga tidak banyak melakukan bermacam-macam gerakan. Sit up bisa dilakukan di tempat latihan kebugaran, dan bisa di lakukan di rumah. Sit up adalah sebuah gerakan yang bertumpu pada pinggul dan pantat kita dengan lutut yang diarahkan ke atas. 


Sit up awalnya memang sangat sulit dilakukan dan akan terasa sakit pada bagian perut, tapi kalau sudah terbiasa akan terasa nyaman. 

Oleh karena itu, banyak sekali para lelaki yang melakukan gerakan sit up dengan baik agar perut mereka terbentuk dan juga sehat. 


Jadi, melakukan olahraga sit up secara rutin sangatlah bermanfaat untuk tubuh kita. Beberapa manfaat yang akan didapat dari melakukan sit up secara rutin adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang selalu sehat bukan saja karena adanya asupan gizi cukup ke dalam tubuh, melainkan didukung pula oleh olahraga yang rutin seperti sit up. Sit up dapat membantu melancarkan peredaran darah dari perut dan pinggul. 
  • Menjaga sistem metabolisme. Sistem metabolisme dalam tubuh sangat diperlukan untuk mengolah berbagai jenis zat asing yang masuk ke dalam tubuh, termasuk makanan. Sit up akan membangun semua otot di bagian perut dan pinggul. Ketika semua otot perut dan pinggul bekerja secara aktif maka pasokan oksigen untuk pembuluh darah akan terpenuhi, dengan begitu membuat darah bisa membantu sistem metabolism pada tubuh. 
  • Menjaga bentuk tubuh. Mempunyai bentuk tubuh yang ideal dan sempurna merupakan dambaan semua orang, dan untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal dan sempurna tersebut tidak harus dilakukan dengan cara yang mahal. Salah satunya kita dapat melakukan latihan sit up secara rutin selama 10 sampai 20 kali setelah bangun tidur. Dengan melakukan sit up, semua otot tubuh bekerja dengan baik sehingga tubuh menjadi lebih stabil, seimbang dan akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan baik. 
      sit up
  • Membantu meredakan nyeri pinggang. Sakit pinggang yang kita rasakan lebih dikarenakan adanya sistem kerja otot yang tidak benar di sekitar pinggang. Otot bisa terlalu kaku sehingga akan terasa nyeri jika tubuh melakukan berbagai aktivitas. Cara mengatasi masalah ini bisa mencoba melakukan sit up selama 5 sampai 10 kali dalam sehari secara rutin pada pagi hari atau sore hari. 
  • Menurunkan lemak dalam tubuh. Melakukan sit up sebagai latihan ringan untuk memperkuat otot pada bagian perut, namun jika sit up dilakukan secara rutin dan teratur, maka gerakan otot perut tersebut akan membakar lemak pada anggota tubuh bagian perut, pinggang, dan dada. 
  • Menjaga kesehatan otot dan tulang. Mempunyai otot yang sehat dan tulang kuat akan mempengaruhi kehidupan kita saat lanjut usia. Kita dapat menjaga otot dan tulang agar tetap sehat dengan cara melakukan sit up secara rutin, sehingga otot perut, punggung bawah, tumit, kaki, paha, dan lengan bisa terlatih secara alami. Otot pun akan bekerja mengalirkan kekuatan kebagian tulang rawan ke seluruh tubuh. Kekuatan otot pada semua bagian tubuh dan tulang rawan akan mencegah penyakit tulang keropos. 

Itulah beberapa manfaat penting dari melakukan sit up secara rutin, dan masih ada lebih banyak lagi manfaat-manfaat lainya yang dihasilkan dari latihan sit up tersebut.



Melakukan Sit Up yang Baik dan Benar


Untuk mendapatkan efek atau manfaat dari latihan sit up yang maksimal, maka kamu harus melakukan sit up yang bagus. Langkah-langkah dan Cara melakukan sit up yang benar adalah: 


sit up



  • Langkah pertama, siapkan alas atau matras untuk menahan gesekan langsung kulitmu dengan lantai.  
  • Langkah kedua, tempatkan badanmu dalam kondisi berbaring di atas matras. Santai saja dan jangan tegang, karena kalau tegang dapat meyebabkan kram pada perut. 
  • Langkah ketiga, lipat kakimu hingga membentuk segi tiga dengan posisi yang nyaman.  
  • Langkah keempat, letakan tangan di  kepal, sehingga kedua lenganmu berada di samping telinga, lalu angkat kepala secara berlahan.
  • Langkah kelima, kencangkan otot perut secara lembut dengan menarik pusar ke arah tulang belakang kamu. 
  • Langkah keenam, secara perlahan angkat terlebih dahulu kepala diikuti oleh tulang belikatmu. Fokuskan mata pada lutut yang ditekuk sambil mengontraksikan otot-otot perut dengan lembut, lalu tarik tubuhmu dari lantai hingga mencapai sudut 90 derajat atau hingga sikut berada di atas lutut. Fokuslah pada pembentukan badan, bukan pada banyaknya sit up yang telah kamu lakukan.  
  • Langkah ketujuh, tahan posisi ini sebentar dan perlahan turunkan kembali tubuhmu ke lantai. 
  • Langkah kedelapan, ulangi lagi langkah di atas untuk meneruskan latihan. Bagi kamu yang baru memulai cukup 10-15 kali sit up saja. Tingkatkan jumlahnya secara perlahan seiring dengan kekuatan tubuh. 

sit up

Demikian langkah di atas menunjukkan cara melakukan sit up  yang benar, kamu tinggal menerapkan pada latihan- latihan setiap hari. Sehingga kamu akan mendapatkan sit up yang benar dan akan membentuk tubuh kamu sesuai yang kamu inginkan.



Tips-tips Agar Tidak Melakukan Kesalahan Saat Sit Up


Beberapa hal yang harus kamu lakukan  agar kesalahan umum tidak terjadi saat melakukan sit up adalah sebagai berikut:

  • Ketika kamu akan memulai olahraga, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu sehingga tubuh kamu tidak akan tegang dan juga denyut jantung tidak akan kaget. 
  • Ketika kamu menempatkan tangan di belakang kepala saat melakukan sit up, sebaiknya jangan mendorong kepala ke depan ketika mengangkat tubuh. Biarkan kepala tetap lurus saat berlatih. 
  • Jangan coba-coba menyentuhkan dahi pada lutut, karena hal tersebut akan memberikan tekanan yang berlebihan pada punggung bagian bawah sehingga punggung akan merasa sakit. Selain itu, gerakan tersebut sama sekali tidak diperlukan.
  • Saat kamu tidak bisa menjaga agar kaki kamu tetap berada di atas lantai, dipastikan kamu akan menghabiskan tenaga ekstra untuk melakukan sit up, dengan mengandalkan kekuatan paha. Jangan menekankan kekuatan pada paha berlebihan agar paha tidak nyeri dan kamu akan mendapatkan efek yang maksimal. 


Sebagai jawaban dari pertanyaanmu, kenapa sangat sulit untuk melakukan sit up setelah beberapa hari melakukanya? 


Dalam hal ini ada beberapa kemungkinan yang kamu lakukan sehingga terjadi kesulitan dalam melakukan sit up tersebut. Hal tersebut bisa terjadi karena mungkin kamu melakukan sit up secara berlebihan (terlalu memaksakan diri) sehingga membuat otot perutmu menjadi tegang. 

Saat melakukan sit up juga sama seperti olahraga lainnya, jangan melakukan dengan tergesa-gesa atau sangat cepat, tetapi lakukan dengan cara perlahan dan rasakan pembakaran pada otot perutmu.


Perlu diperhatikan saat kamu melakukan banyak sit up sampai ke titik kamu merasakan sensasi panas pada perut, berarti kamu sudah berlatih terlalu keras, maka sebaiknya segera dihentikan karena kondisi tubuhmu mulai melemah (kritis) dan kamu tidak akan mampu melakukan sit up dengan baik.


Sebaiknya istirahatkan terlebih dahulu seharian agar perut kamu tidak tegang setelah kondisi perut kamu normal kembali baru memulai sit up lagi. Ingat, selalu ikuti cara melakukan sit up yang benar, semoga berhasil!

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang