Kenapa saya bisa terkena radang amandel lagi setelah 3 minggu?

Dilihat 1,15 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Radang tenggorokan merupakan penyebab paling umum seorang pasien mengunjungi dokter. Untuk segala macam infeksi, dokter akan melihat tiga hal: warna, bengkak, dan keberadaan dari nanah. Setiap infeksi dapat berulang kembali. Kamu bisa saja terkena radang amandel setiap bulannya selama setahun. Kasus yang didiagnosa dengan akurat untuk tipe radang amandel yang paling umum disebabkan oleh bakteri yang disebut Streptococcus. Sekalipun kamu tidak mengobati infeksimu, biasanya sistem kekebalan tubuhmu akan mengobatinya dalam lima hari.


Penggunaan antibiotik yang benar dalam dua hari pertama akan membantu mempercepat penyembuhan. Antibiotik juga dapat mencegah kemungkinan komplikasi yang mungkin terjadi tanpa pengobatan. Demam reumatik (yang dapat membahayakan jantungmu), merupakan tipe radang dari ginjal yang disebut glomerulonephritis, dan pembengkakan dari amandelmu mungkin membutuhkan operasi segera untuk mengangkat amande. 


Dua jenis komplikasi yang pertama bisanya hanya terjadi pada anak - anak. Anak - anak bisa saja memiliki bakteri strep tanpa menunjukkan gejala apapun. Hal ini bisa membuat kamu terinfeksi kembali. Saya akan menganggap bahwa masalah radang amandel kamu yang pertama sudah terselesaikan. Kalau belu, maka bisa saja infeksi ulang terjadi karena tipe bakteri lain, termasuk gonorrhea yang berasal dari oral sex.


Kalau kamu terus menerus terkena radang amandel, kamu mungkin perlu mungunjungi dokter THT untuk membantu mengangkat amandelmu. Kalau amandelnya sudah diangkat, kamu mungkin akan terkejut dengan betapa jarangnya kamu akan terkenal radang tenggorakan. Seseorang yang terkenal radang amandel berulang kali bisanya memiliki amandel yang sangat besar. Hal tersebut bisa menyebabkan kamu mendengkur. Kalau ada yang menggangu pernapasanmu di malam hari, hal tersebut tidak hanya akan menggangu pasanganmu, tapi juga bisa berdampak buruk untuk kesehatanmu secara keseluruhan dalam jangka panjang.



Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang