Kenapa saya merasa pening, mual dan pusing ketika melakukan olahraga kardio yang berat?

Dilihat 1,65 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mungkin tubuh anda berusaha untuk menyesuaikan diri, mungkin sedikit agak lebih cepat. Saya belum pernah mengalami rasa pusing sebelumnya, dan hal tersebut mengganggu saya. Saya pernah melakukan olahraga kardio yang sangat keras sebelum saya berada pada kondisi yang baik sehingga saya muntah ketika latihan rugby dan berenang. Saya juga pernah muntah ketika melakukan lari 5K karena berusahan terlalu keras.


Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa alasan misalnya dehidrasi, efek vagal, tingkat gula darah yang rendah, tingkat garam yang rendah, dsb. Saya rasa buka itu yang menjadi masalah anda, tapi saya menuliskannya untuk jaga - jaga. Bagi sebagian besar orang, berolahraga setelah lama tidak melakukan aktifitas fisik dan tiba - tiba melakukannya dengan keras akan membuat tubuh anda membutuhkan alirah darah tambahan ke beberapa bagian tubuh seperti jantung, paru - paru dan sistem otot rangka.


Alirah darah yang menjauh dari perut dapat membuat anda merasa sakit. Ketika tubuh anda sudah mulai terbiasa, alirah darah akan menjadi lebih efisien dan anda akan terhindar dari rasa pusing dan mual ketika berolahraga. Selain itu juga ada beberapa sebab lainnya: Medulla oblongata merupakan suatu bagian di otak yang mengendalikan jantung, pernapasan, dan mungkin anda bisa menebaknya - rasa mual.


Jika anda membuat bagian ini berkerja terlalu keras dengan banyaknya sinyal ke pernapasan, pengendalian detak jantung, pelebaran pembuluh darah, dsb, anda dapat membayangkan bagaimana rasa mual dapat terpicu dalam prosesnya. Olahraga yang telalu keras dapat memicu Medulla oblongata hinga berkata, "hey, kami juga diminta untuk muntah". Ketika tubuh anad sudah menyesuaikan diri, sistem saraf juga akan menjadi lebih baik dan medulla oblongata dapat melakukan tugasnya dengan lebih efisien.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang