Kenapa sebagian obat dikemas dalam bentuk kapsul sementara sebagian lainnya dalam bentuk tablet? Apakah ada alasan tertentu dibalik hal itu?

Dilihat 3,69 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kemampuan untuk bekerja pada tubuh manusia juga tergantung pada farmakokinetik (pergerakan dari obat) dari obat. Karena itu, obat yang dapat diserap lebih baik akan bekerja dengan lebih dan dan lebih manjur. Penyerapan dari obat tergantung dari keadaan zat kimia dan rute yang ditempuh.


  • Sebagian obat hanya dapat diserap di lingkungan yang asam karena obat tersebut juga asam dan karena itu pada keseimbangan akan menjadi bentuk non-ionik. Karena itu bentuk ioniknya tidak dapat bergerak melewati rintangan lipid dari mukosa lambung. Sehingga kita harus memastikan bahwa obat mencapai mukosa lambung tanpa mengalami banyak perubahan kimia.  Tapi hal ini mungkin menjadi masalah bagi obat basa karena obat tersebut akan terlebih dahulu mencapai asam lambung dan mungkin bereaksi terhadap asam lambung. Karena itulah obat dibuat dalam bentuk kapsul yang hanya hancur pada kondisi basa.
  • .Kecepatan penyerapan obat juga merupakan hal yang penting terkait dengan efek keracunan obat. Oleh karena itulah ada obat kapsul yang hancur secara perlahan di saluran pencernaan yang memastikan bahwa obat diserap secara stabil untuk mencegah keracunan dan memastikan bahwa obat bertahan lebih lama.
  • Sebagian kapsul hanya dilapisi dengan agar - agar tanpa alasan tertentu selain agar mudah ditelan. Jadi ya.. Ada banyak alasan kenapa sebuah obat dapat diberikan dalam bentuk kapsul.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang