Kenapa ketajaman gigi taring setiap orang berbeda?

Dilihat 10,1 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Gigi taring manusia memiliki perbedaan yang cukup jelas dibandingkan dengan gigi taring mamalia lain seperti anjing, harimau, kucing ataupun serigala. Secara fungsi, gigi taring yang dimiliki manusia sangat berperan untuk merobek makanan secara lebih efektif dibandingkan dengan gigi seri. 


Selain itu bersama-sama dengan organ dalam mulut lainnya gigi taring ini berperan menghasilkan bunyi-bunyi yang penting bagi bahasa.




gigi taring 1


Kenapa Manusia Memiliki Gigi Taring?


Gigi taring sangat penting bagi manusia karena fungsinya untuk merobek sesuatu, menggigit dan juga menghasilkan suara-suara yang penting bagi produksi ujaran bahasa. 


Fungsi gigi taring ini sepertinya tidak bisa digantikan oleh gigi lain seperti gigi seri ataupun gigi geraham. Letaknya yang berada di bagian depan sangat ideal untuk berkontak langsung dengan makanan yang masuk ke dalam mulut terutama membantu mengunyah makanan yang lebih kenyal dan keras seperti daging ataupun biji-bijian. Bayangkan saja salah satu gigi taring Anda tanggal, tentu akan membutuhkan tenaga ekstra untuk melembutkan makanan di dalam mulut.


Seiring bertambahnya usia, gigi taring manusia cenderung sedikit aus. Tapi aus tersebut tidak cukup untuk mengubah bentuk gigi kita. 


Tahukah Anda kalau gigi atas dan gigi bawah kita bergesekan satu sama lain hanya saat kita menelan? 


Selain itu, gigi atas dan gigi bawah tidak bersentuhan. Bahkan ketika mengunyah ataupun berbicara, ataupun saat istirahat. Ini fakta. Kata kuncinya di sini adalah tidak semestinya bersentuhan. Sayangnya bagi sebagian besar orang gigi-gigi tersebut lebih sering bersentuhan. Apa yang mengubah bentuk gigi kita adalah aus akibat bergesekan dengan gigi yang berhadapan. 


Banyak orang menggerus gigi mereka atau punya kebiasaan yang melibatkan sentuhan gigi-gigi secara bersamaan.


gigi taring 2

Selain itu, bahan dental (dengan pengecualian bahan-bahan metalik) mengauskan gigi-gigi yang berhadapan lebih cepat. Mahkota keramik sangat buruk menyebabkan aus berlebih pada gigi yang berhadapan dengannya, karena porselen jauh lebih abrasif daripada enamel. 


 Gigi taring baik atas maupun bawah (khususnya gigi atas) berfungsi sangat penting dalam mulut, dan itulah mengapa dokter gigi akan berusaha sebisa mungkin menyelamatkan gigi taring daripada mengekstraknya. 


Untuk menjelaskan hal ini coba kita simak bagaimana sistem pengunyahan bekerja. Kita memiliki banyak otot yang menutup rahang kita; Masseter, temporalis, dan medial pterygoid, semuanya dikontrol oleh cabang mandibular saraf trigeminal (saraf kranial kelima). 


Saraf ini berasal dari batang otak, jika memori berfungsi. Gigi tidak menempel secara langsung pada tulang. Untuk membahas struktur dan fungsi gigi secara lebih rinci, diperlukan bahasan lain lagi.


gigi taring 3


Kenapa manusia punya gigi seri dan gigi taring jika tidak digunakan untuk makan daging?


Ini pertanyaan yang menarik, dan untuk menjawabnya dibutuhkan pemahaman yang rinci mengenai jenis gigi dan struktur gigi pada manusia. Fungsi gigi taring ataupun gigi seri pada binatang memang untuk merobek dan membawa mangsa sebagai santapannya. 


Pada manusia, gigi seri dan gigi taring penting untuk kerja seperti menggigit, menghasilkan suara-suara yang sangat penting bagi bahasa juga untuk membantu proses mengunyah yang memang terutama dilakukan oleh gigi geraham.


Gigi taring manusia ditopang oleh ligamen periodontal (singkatannya PDL) yang memiliki banyak syaraf di dalamnya, beberapa di antaranya merupakan sensor-sensor tekanan yang akan memberitahu otak Anda seberapa besar tekanan yang akan diterapkan pada gigi. 


Itulah bagaimana Anda mengunyah dengan keras pada daging yang kenyal dan mengunyah secara lembut pada es krim. Saat reseptor-reseptor tekanan PDL molar Anda distimulasi, otak Anda tahu bahwa tidak masalah memberikan gaya gigit yang kuat dengan otot-otot mastikasi Anda. Lagi pula, mereka merupakan gigi yang lebih tebal dan lebih kuat yang bisa menahan gaya-gaya tersebut.


gigi taring 4

Sebaliknya, gigi depan Anda (termasuk gigi taring) kurang kuat dan tidak cocok untuk menahan gaya gigitan berat. Akibatnya, ketika PDL dari gigi depan Anda distimulasi, feedback dikirim ke otak yang menyebabkan otot-otot Anda mengurangi gayanya. Saat rahang Anda berada dalam posisi netral, gigi molar Anda akan saling beroklusi, tapi gigi anterior Anda tidak (kecuali ada abnormalitas).


Gigi Anda akan aman dengan cara ini. Gerakkan sisi rahang Anda ke samping atau bahkan sedikit ke depan, apa yang akan terjadi? 


Gigi taring Anda akan mulai saling menggigit dan berkat feedback dari PDL gigi taring, otak Anda akan tahu bagaimana merelaksasi otot-otot. Ini merupakan mekanisme protektif untuk gigi dan rahang Anda yang bisa mencegah Anda menggigit keras dengan rahang Anda pada posisi yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. 


Ini dikenal sebagai panduan gigi taring/ orang-orang yang karena suatu alasan menggerakkan rahang bawah mereka lebih dari biasanya sehingga menyebabkan aus. Saya pikir ini penjelasan sederhananya.



Solusi untuk gigi taring yang gingsul


Gigi taring manusia terkadang tumbuh secara unik di antaranya gigi taring yang gingsul. Gigi gingsul adalah kondisi di mana gigi taring bertumpuk tumbuh bersamaan menempati gusi yang sama. Sebenarnya tidak semua gigi gingsul itu jelek, malah banyak orang yang tambah kelihatan cantik dan menarik berkat gigi gingsulnya. 


Jika memang ada yang dirasa mengganggu secara fungsional, maka Anda bisa mengunjungi dokter gigi untuk merencanakan lebih lanjut. Bisa saja Anda menanggalkan gigi tersebut. Namun untuk gigi yang tidak bermasalah secara fungsional, cukuplah dirawat dengan baik. Justru gigi taring gingsul memberi daya tarik tersendiri. Yang terpenting tentu saja perawatan gigi secara teratur dan benar.


Seperti fitur tubuh yang lain, setiap orang memiliki perbedaan genetik terkait ukuran dan bentuk gigi mereka. Jika Anda penasaran dengan ujung gigi taring yang menumpul sehingga mempengaruhi fungsi gigi. Hal ini biasanya diakibatkan oleh aus yang berlebihan pada gigi. Aus yang berlebihan ini bisa disebabkan oleh kebiasaan menggeratkkan gigi atau ketidaksejajaran gigitan yang menyebabkan tekanan tidak merata pada gigi. 


Jadi sepertinya kita perlu memperhatikan kebiasaan kita dan bila memang terjadi abnormalitas sebaiknya kunjungi dokter gigi. Gigi taring dalam posisi idealnya meruncing, tapi dengan sedikit bulat pada ujungnya.


gigi taring 5


Seberapa kuat gigi taring bisa bertahan bergantung pada banyak faktor. Faktor utama yang mempengaruhi kekuatan gigi taring adalah gen (faktor keturunan) yang Anda warisi dari orang tua dan kakek Anda. 


Bentuk dan ukuran gigi berbeda-beda untuk setiap orang dari ras yang berbeda. Keruncingan gigi taring Anda bergantung seberapa sering Anda menggunakannya. Semakin sering digunakan semakin aus meskipun cukup kuat. Titik-titik tumpul inilah yang seiring waktu akan membuat gigi taring Anda menjadi lebih rata.


Gigi taring (khususnya gigi taring atas) umumnya berukuran besar, panjang dan runcing karena sering dipakai oleh manusia atau bintang untuk merobek atau menahan sesuatu. Memang demikianlah fungsi gigi taring. Kadang-kadang gigi taring nampak lebih panjang jika gigi taring yang berhadapan sudah tanggal. Gigi selalu bergerak dan tumbuh ke dalam mulut tapi selalu terhalang oleh sesuatu terutama gigi yang berhadapan. 


Itulah sebabnya ketika ada gigi yang tanggal maka gigi yang berhadapan akan tumbuh lebih panjang karena tidak ada yang menghalangi.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang