Kenapa seorang anak terkena katarak posterior kapsult setelah menjalani operasi katarak kongenital?

Dilihat 447 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Semua orang yang menjalani ekstraksi katarak ekstrakapsular  yang mencakup ECCE manual serta fakoemulsifikasi dan aspirasi lensa dengan penjagaan dari kapsul lensa bisa terkena katarak posterior kapsular. Hal ini terjadi ketika lapisan dari sel lensa berkembang dan membentuk lapisan di belakang lensa implan yang kemudian menghalangi penglihatan.


Dari mana sel - sel tersebut berasal? Cobalah untuk memikirkan ekstraksi katarak ekstrakapsular seperti ini : kamu punya anggur, dokter telah membuat lubang yang bulat pada kulit anggur di satu sisi, dan pada saat operasi, seluruh daging anggur dikeluarkan dan hanya meninggalkan kulitnya saja (dengan lubang bulat di satu sisi). Besar kemungkinannya ada sedikti daging anggur yang tertinggal di permukaan bagian dalam dari kulit anggur.


Pada saat operasi katarak, sebagian dari sel  - sel lensa (yang merupakan sel mikroskopik) dapat tertinggal, sebagian besar di belakang selaput pelangi. Pada anak - anak, kapasitas perkembangan dari sel - sel ini sangat tinggi. Sebuah sel dapat menggandakan diri sampai ratusan kali sebelum berhenti. Pada katarak yang biasa terjadi di kelompok usia 60 - 70an, sel - sel ini lebih sedikit dan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk berkembang dan membentuk lapisan di belakang lensa implan.


Jadi saya ulangi sekali lagi, siapapun yang pernah menjalani ECCE dapat terkena katarak posterior kapsular, tapi anak - anak lebih rendah mendapatkan masalah ini dan biasanya mereka juga mendapatkannya lebih cepat pasca operasi dibandingkan orang dewasa atau orang tua.


Untuk meminimalisir resiko gangguan penglihatan yang dialami oleh anak - anak yang menjalani operasi katarak, biasanya dilakukan aspirasi lensa bersama dengan posterior capsulorhexis utama dan vitrectomy anterior pada saat yang sama. Hal tersebut akan menyingkirkan "rangka" dimana sel - sel yang berkembang dapat masuk dari permukaan bagian belakang dari lensa implan.



Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang