Kenapa Shawshank Redemptions merupakan film yang wajib ditonton?

Dilihat 273 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Film Shawshank Redemption merupakan film yang dibuat berdasarkan cerita pendek yang ditulis oleh Stecen King dan disutradarai oleh Frank Darabont. FIlm tersebut menggambarkan ikatan antara dua orang laki - laki dalam masa hukuman penjara mereka dimana mereka saling berbagi dan menghibur satu sama lain dan pada akhirnya menemukan keselamatan. Film ini juga menunjukkan bagaimana caranya menjaga diri dalam tempat yang paling hancur dan tanpa pengharapan. Database film internasional menjadikan film Shawshank Redemption sebagai film #1 dari 250 film paling bagus sepanjang masa.

 

Film merupakan film yang wajib ditonton karena penuh dengan pelajaran hidup yang dapat dimengerti dan dirasakan ketika menontonnya.

 

1. Harapan adalah hal yang baik. Setelah berada di penjara selama 4 dekade, Red merasa lelah, bergantung pada harapan untuk keluar dari tempat yang gelap, menjemukan dan lusuh tersebut, yang terkadang menjadi rumah yang menyenangkan bagi sebagian besar tahanan (yang menerima takdir mereka - dengan apatis). Namun Andy adalah orang yang penuh pengharapan terhadap hidup walaupun dia diserang  oleh Geng "The Sister" - tahanan pemerkosa, yang dimanfaatkan oleh sipir Norton yang kejam dan tidak berperasaan, dimasukkan ke sel pengasingan atas usahanya mempertahankan ketidakbersalahannya. Dia berkata. "Di dunia ini, ada tempat yang tidak terbuat dari batu.. ada sesuatu di dalamnya.. yang tidak bisa mereka masuki, yang tidak bisa mereka sentuh. Itu milikmu.. Harapan." Dan Red meresponnya dengan ucapan, "Aku akan mengajarkanmu sesuatu kawan, harapan adalah sesuatu yang buruk. Harapan dapat membuat seseorang menjadi gila "

 

Harapanlah yang membuat Andy menggali tembom sel nya dengan palu dari batu. Sesuatu yang membutuhkan waktu enam ratus tahun untuk dapat diselesaikan, dan dia menyelesaikannya dalam waktu dua puluh tahun. Harapanlah yang menginspirasi Andy untuk menuliskan surat ke pemerintah pusat agar membiayai renovasi perpustakaan penjara yang sudah sangat tua selama enam tahun berturut - turut, yang menurut sipir Norton merupakan hal yang tidak mungkin. Harapanlah yang membuat Andy tetap tenang dan pantang menyerah dalam The Shawshank dalam menghadapi tuduhan kejahatan yang tidak pernah dia lakukan dan menemukan teman di tempat yang hampir tidak memiliki kejujuran dan penghargaan diri. Harapan dan keyakinanlah yang membuat Red bebas dari penjara dan bisa mencapai impian. Harapanlah yang pada akhirnya membuat Andy dapat meraih kebebasan. Pada akhirnya, Andy mengingatkan Red, "Ingatlah Red, harapan adalah hal yang baik, mungkin yang terbaik, dan tidak ada satu hal baikpun yang pernah mati" di dalam surat dimana dia mengundang Red untuk ikut mengerjakan proyeknya.

 

2. Sibuklah hidup atau sibuklah mati. Setelah dikurung di tempat yang tanpa harapan dan berada di antara orang - orang yang putus dan mustahil ada selama beberapa tahun, sangat sulit untuk memikirkan mengenai kehidupan yang bersih dan bebas di luar sana; meski begitu, ada beberapa jiwa pemberani yang berani untuk mencuri hal yang terbaik dari tempat tersebut untuk dapat memiliki interpretasi yang lebih baik mengenai hidup. Mereka tidak seharusnya dikurung, sifat mereka terlalu riang. Brooks Hatlen, yang sudah ada di sana selama lima dekade dibebaskan dengan pembebasan bersayarat, namun dia gantung dia di luar karena dia merasa hidup berjalan terlalu cepat untuk dapat diikuti. Dia lebih baik berada di tempat abu - abu seperti penjara dengan segala larangan dan sumber daya yang terbatas.

 

Namun bagi Andy penjara bukanya tempat dimana dia harus menyesuaikan diri dan dia tidak pernah menerima penurunan atas posisinya yang sebenarnya. Dia menyibukkan dirinya untuk membuat hidupnya berarti dengan segala cara di dalam lembara permasyarakatan dan terus berusahan menemukan cara untuk keluar dari situ. Sebelum pergi, dia meninggal Red dengan penuh harapan dan keyakinan untuk bertemu dengan dia di luar penjara. Andy dan Red membuat hidup mereka bagaikan mimpi dan luar biasa di luar penjara. Jadilah orang yang penuh harapan dimanapun kamu berada, siapapun dirium dan bagaimanapun situasi yang kamu hadapi, kamu tidak akan menerima lebih sedikit dari yang layak kamu terima.

 

Merangkaklah keluar dari sungai yang penuh kotoran. "Andy merangkak menuju kebebasannya melalui lima ratus meter kotoran yang bau. Saya bahkan tidak dapat membayangkannya, mungkin saya memang tidak ingin. Lima ratus meter.. Itu sejauh lima lapangan sepak bola" - Red kadang kamu harus merangkak melalui sungai yang penuh dengan kotoran untuk dapat sampai ke bagian yang bersih di sisi lain. Hidup tidak pernah mudah atau lancar, selalu ada bahaya yang tidak terduga di setiap putarannya, oleh karena itu kita harus membebaskan pikiran, tubuh dan jiwa kita agar dapat yakin terhadap sisi terang dari kehidupan.

 

Andy tidak pernah percaya dengan segala macam aturan dari Shawshank, meskipun dia berpura-pura cocok berada di situ, dia memutuskan untuk menghadapi hal yang tidak pasti dan menghancurkan batu paling kuat dan merangkak melewati kanal yang panjang, gelap dan menjijikan untuk meraih kebebasannya. 


Begitu pula dengan hidup kita, kita harus menghadapi jalan yang tidak rata dan berbatu, berusaha keras melewatinya, dan terkadang merangkak melewati kotoran untuk membuat hidup menjadi berarti.

 

4. Kegigihan dan ketekunan adalah kunci mencapai kesuksesan. Andy pada akhirnya membuktikan bahwa kegigihan adalah kunci kesuksesan. Setelah mendapatkan ijin dari sipir Samuel Norton, Andy mulai menulis surat setiap minggunya kepada pemerintah pusat agar memperbaiki perpustakaan penjara selama bertahun - tahun hanya untuk mendengan kata "tidak" ratusan kali. 


Bukannya menyerah, dia mulai menuliskan dua surat setiap minggunya dan pada akhirnya dia menerima kiriman uang, buku - buku dan tak lama setelah itu janji untuk sumbangan sebesar $500 per tahun untuk pembaharuan perpustakaan. Ketika semua orang mengatakan kepadanya untuk tidak menghabiskan waktu mengirim surat, dia tetap gigih melakukannya untuk melihat apa yang akan terjadi. Dia bersikeras dan menerima hasil dari usahanya.

 

Dia menggali dan membuat terowongan melalui selnya selama 19 tahun dengan palu batu kecil tanpa membiarkan seorang pun mengetahuinya. Tembok penjara tersebut membutuhkan waktu 600 tahun untuk digali tapi Andy dapat melakukannya dalam waktu kurang dari 20 tahun. Kegigihan menunjukkan kepada kita cara untuk keluar dari tempat yang paling gelap sekalipun.

 

5. Tetaplah berpikir ketika segalanya tidak berjalan dengan baik. Ketika kamu berada dalam situasi sulit, temukan cara untuk menggerakkan semangatmu yang lelah dan lakukan segala hal untuk membuat otakmu tetap berpikir dengan sesuatu yang berguna bagi dirimu dan orang di sekitarmu. 


Andy melakukan beberapa hal ketika dia berada dalam penjara - dia melakukan tugas perpustakaan, melakukan tugas manajerial, menghitung pengembalian pajak untuk pada penjara di Shawshank, dan menawarkan rencana keuangan  untuk pekerja penjara. Dia juga membantu Tommy WIlliams (tahanan) untuk belajar membaca. Hidup akan menjadi berarti jika kamu melakukan upaya yang tulus dimanapun kamu berada.

 

6. Memanfaatkan orang lain akan membuat anda berada dalam masalah yang berkepanjangan. Sipir Samuel Norton memanfaatkan pada tahanan untuk melakukan pekerjaan publik, mengambil keuntungan dengan memotong upah mereka dan menggunakan Andy untuk mencuci uang dengan menggunakan nama samaran 'Randall Stephen'. Dengan menyamar sebagai Randall, dia mengunjungi berbagai bank dan menarik udang yang dia cuci selama 19 tahun.

 

Setelah berhasil keluar dari penjara, Andy melaporkan kepada koran lokal Shawshank mengenai tindak korupsi tersebut dan pembunuhan Tommy dengan buku besarnya dan bukti lain. Akhirnya polisi tiba di Shawshank dan menangkap Hadley (yang terlibat dalam kasus pembunuhan dan tindak korupsi Norton) untuk ditahan, namun Norton bunuh diri untuk menghindari penangkapan. 


Pikirkanlah dua kali sebelum kamu memanfaatkan orang lain. "Hidup tidak pernah berjalan dengan adil: rasa sakit dan penderitaan adalah bagian yang menyebalkan dari manusia; anda merasa sakit dan tidak bisa melarikan diri darinya. Namun rasa sakitlah yang membuat kita dapat merasakan keindahakn dan kelembutan dari hidup, kebebasan dari kesembuhan, dan perasaan luar biasa ketika memiliki sayap untuk terbang. "

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang