Kenapa tahun baru imlek disebut "tahun baru bulan"?

Dilihat 2,48 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kalender china diambil dari negara lain yang berdekatan, dan beberapa orang di negara tersebut mungkin tidak suka liburan yang dirayakan orang china yang diambil dari negara lain.

Lagi pula, orang-orang yang mmenyebut “tahun baru bulan” mungkin tidak tahu kalau kalender china sama seperti penanggalan matahari, karena sebenarnya kalender matahari bulan (menghitung pergerakan bumi ke matahari dan bulan ke bumi).


Kalau bukan matahari bulan, tahun baru imlek tidak akan jatuh di tanggal yang sama setiap tahun (mulai dari semi belahan bumi utara) tapi berpindah ke tahun matahari dan musim terus berganti.

Sebuah contoh dari tahun baru bulan adalah tahun baru islam, berdasarkan kalender islam, yang benar-benar berasal dari bulan. Dan seperti liburan islam yang lain seperti Ramadan, terus berpindah tanggal di tahun matahari.


Sebagai contoh, tahun baru islam ada di tanggal 29 desember 2008 menurut kalender gregori, 25 oktober 2014 dan akan ada di tanggal 22 september 2017.

Di negara luar dari china yang merayakan tahun baru yang mengikuti kalender tradisional china, mungkin lebih baik kamu menyebutnya “tahun baru tradisional” daripada “tahun baru china”, atau “tahun baru” ditambah nama negara lain, atau nama local yang tidak diterjemahkan. Contoh Tết


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang