Kenapa Taj Mahal termasuk 7 keajaiban dunia?

Dilihat 2,03 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Di dunia ini ada berbagai hal yang menakjubkan dan karena begitu mengesankannya, hal tersebut dianggap ajaib. Hal yang sama berlaku pada 7 keajaiban dunia terbaru. Berbagai tempat dan bangunan masuk ke dalam 7 keajaiban dunia 2016. Secara rutin, daftar ini terus diperbarui dan untuk masuk ke dalam daftar 7 keajaiban dunia terbaru, tempat atau bangunan tersebut akan dinilai secara ketat oleh dewan

Salah satu bangunan bernilai sejarah dan memiliki nilai artistik yang tinggi, sehingga masuk ke dalam daftar tersebut adalah Taj Mahal. Bangunan yang berada di India ini memang memiliki keindahan yang unik dan juga mistis. Untuk membayangkan proses pembangunannya di masa lalu di mana belum ada teknologi seperti di masa kini, wajar saja Taj Mahal masuk ke dalam 7 keajaiban dunia 2016.





Sejarah Taj Mahal


Taj Mahal itu terkenal dan bisa masuk ke dalam salah satu dari 7 keajaiban dunia 2016 karena monumen tersebut berdiri kokoh dan abadi hingga kini. Menyimpan cerita tentang cinta Shah Jahan yang berniat untuk membuat monumen yang tidak ada duanya dalam aspek keindahan dan kemewahan, Taj Mahal benar-benar meninggalkan kesan kebadaian dan merupakan suatu karya yang tetap berdiri sepanjang jaman dan membuat namanya tetap dikenang sepanjang masa. 


Seorang sejarawan bernama Muhammad Amin Qazwini mengatakan, "Ini akan menjadi mahakarya sepanjang masa dan akan menjadi makin menakjubkan bagi manusia." 

Taj Mahal merupakan media yang tepat bagi ambisi Shah Jahan. Memakan waktu 6 bulan bagi beliau hanya untuk memilih lokasi tempat mendirikan Taj Mahal. Rancangan bangunan ini mengambil keindahan dan arsitektur dari ibukota, Agra, yang pada waktu itu menggantikan Sungai Haveli sebagai makam. Bangsawan mendirikan bangunan ini untuk menghindari hukum yang menuntut pengembalian Haveli seperti semula setelah Bangsawan tersebut meninggal dunia. Shah Jahan punya 2 tujua yaitu, satu, untuk membangun kuburan terbesar dan terkompleks di dunia, yang didesain sepanjang 1 Km dan dua, ia ingin membuat mahakarya yang simetris klasik, dan dia pun berhasil memenuhi tujuannya.




Sebagai salah satu bangunan dalam daftar 7 keajaiban dunia terbaru, tiap elemen dari Taj Mahal begitu kompleks dan memiliki peran yang besar dalam komposisi dan tampilannya. Jika kita menghilakan salah satu elemen tersebut, maka harmoni keseluruhannya akan hilang. Shah Jahan juga memperhatikan ketahanan Taj Mahal agar bisa tetap berdiri sepanjang masa. 

Dari catatan kontemporer bisa dilihat bagaimana Shah Jahan dan timnya berusaha menggantikan pasir dengan batu-batuan dan beton dengan menggunakan sumur kayu untuk memperkuat fondasi bangunan. Oleh karena itu bangunan tersebut dapat bertahan dari banjir dan gempa bumi dan membuat orang zaman sekarang terkagum-kagum. 

Taj Mahal dibangun menggunakan material yang didapat dari seluruh penjuru India dan Asia, lebih dari seribu gajah digunakan untuk membawa material bangunan. Material yang digunakan dalam pembangunan Taj Mahal antara lain adalah marmer putih yang di bawa dari Rajasthan, yasper dari Punjab, batu giok dan kristal dari Cina, pirus dari Tibet, lapis lazuli dari Afganistan, safir dari Sri Lanka, dan batu akik dari Arab. 

Ada total 28 jenis batu mulia menghiasi marmer putih yang digunakan untuk membangun Taj Mahal.


Shah Jahan membuat makamnya menghadap marmer putih, sehingga setiap jam selagi matahari bergerak, cahaya yang terpantul tampak berganti warna. Pagi subuh berwarna abu-abu, lalu berubah menjadi pink saat matahari terbit, saat siang hari menjadi putih terang, dan saat sore hari menjadi merah nyala. Taj Mahal menggabungkan beberapa jenis arsitektur dari beragam tradisi. Ada konsep yang diambil dari budaya Hindu yang diadopsi dari sastra Vaastu yang hanya menggunakan 2 warna (putih Brahmana dan Merah Ksatria). Dengan ini Shah Jahan mendeklarasikan bahwa Mugal adalah Brahmin dan Ksatria India yang baru. Setelah itu ada Pietra sura dari Eropa yang kecantikannya melebihi apa yang dibuat di Italia. 


Yang terakhir adalah elemen Islamik. Ada penemuan yang menarik dalam rencana awal pembangunan Taj Mahal yakni usulan untuk membuat empat ventilasi udara seperti yang biasa digunakan oleh pengembara saat berkemah dan melepaskan hewan ternak dan mendirikan toko-toko di sekitar kemah. Ini adalah satu satu monumen pada zaman itu yang mempunyai fasilitas sedemikian rupa untuk para pengunjung. Keuntungan dari toko tersebut akan dialokasikan untuk menutup biaya perawatan Taj Mahal.




Pembangunan Taj Mahal dimulai pada tahun 1631 dan memakan waktu 22 tahun juga tenaga kerja sebanyak 20.000 orang untuk menyelesaikan proses pembangunannya. Akhirnya, Taj Mahal selesai dibangun pada tahun 1653 dengan biaya sebesar 32 juta Rupee atau setara dengan 400 juta dollar Amerika. Karena memang tercatat bahwa Taj Mahal tidak didesain oleh satu orang saja, tidak heran apabila muncul perdebatan mengenai siapa yang sebenarnya membagun dan merencanakan Taj Mahal. 

Proyek ini membutuhkan banyak keahlian seperti kreativitas dan juga kesenian dari 20.000 pekerja, tak lupa mandor dari Persia, Perancis, Iran, Itali, dan Turki yang turut mengambil andil dalam prosesnya. Arsitek dari Persia, Ustad Isa dan Isa Muhammad Effensi, yang merupakan anak didik dari Ottoman agung, juga Koza Mimar Sinan Agha diketahui memiliki keahlian arsitektur yang hebat dan memiliki peran besar dalam merencakan pembangunan Taj Mahal, dan semua ini tertulis dalam surat-surat sejarah yang berhubungan dengan pembangunan Taj Mahal.


Kubah utama Taj Mahal dirancang oleh Ismail Khan dari kekaisaran Ottoman. Dia dianggap sebagai bapak desainer di belahan bumi Asia dan pembangun kubah pada kala itu. Qazim Khan, orang asli Lahore, mencetak emas murni yang memahkotai kubah utama di Turki dan juga Taj Mahal. 

Chiranjilal, seseorang pemimpin sementara dari Delhi, ditunjuk sebagai mandor pemahat dan bertugas di bidang mozaik. 

Amanat Khan dari Shiraz Persia, Iran adalah mandor yang bertugas di bidang kaligrafi (Fakta ini terbukti dari ukuran namanya yang terdapat di pintu masuk Taj Mahal).

 Muhammad Hanif bertugas di bidang material bebatuan, Mir Abdul Karim dan Mukkarimat Shiraz Khan menangani keuangan dan manajemen keseharian pembangunagan. 

Tim kreatif terdiri dari pemahat dari Bukhara, kaligrafer dari Syria dan Persia, penata batu dari India Selatan, pemotong batu dari Baluchistan, spesialis pembangunan menara, dan pemahat Marmer, total semua 37 orang tergabung dalam tim kreatif. Semua ini ditambah dengan 20.000 tenaga kerja dari India Utara.




Taman Taj Mahal didesain menggunakan gaya Mugal Charbagh yaitu dengan mambangun empat taman utama yang di buat simetris berukuran 320 meter kali 300 meter dan di taman tersebut terdapat banyak bunga, jalan setapak, sungai kecil, pohon, dan air mancur. Dulu Taj Mahal juga dipenuhi dengan burung dan hewan hewan lain. Taman ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Taj Mahal adalah tempat yang seperti surga dengan desain Mugalnya. Seperti ada empat sungai yang mengalir ke empat taman yang berasal dari satu sungai induk. Taman malam Mugal Charbagh berbentuk persegi panjang dan makam Shah di letakan di tengah-tengah taman. Penemuan arkeologi baru membuktikan adanya taman malam Chargbagh. 

Semua yang ada di atas ini yang membuat Taj Mahal unik dan menjadi salah satu 7 keajaiban dunia terbaru.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang