Kenapa tidak ada perbedaan di dalam kereta? Apa yang terjadi ketika kereta berputar?

Dilihat 279 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Saya tak memahami pertanyaannya dengan benar tapi saya akan mencoba menjawab menurut apa yang saya pahami.


Saat kereta membelok/berputar inilah yang terjadi:

Normalnya saat anda membelokkan kendaraan roda empat atau kendaraan yang lebih besar, jalan raya akan memberi gaya yang berlawanan untuk menyeimbangkan gaya sentrifugal. Saat di rel, tidak ada hal itu. Ini disebabkan kereta tidak membutuhkannya karena rodanya tidak sedatar seperti kendaraan lain yang berjalan di jalan raya. Kereta wagon bertumpu pada 2 pasang rangka roda (terdiri dari 4 roda) yang tepat berada di tengah yang disebut titik poros (pivot point). Titik poros itu terletak di atas balok dengan suspensi pegas yang mentransfer beban pada roda-roda. Jika persilangan roda itu diamati, kita bisa melihat lingkaran pada bagian dalam jeruji dan kemudian roda dengan radius yang berkurang pada sisi luar jerujinya. Jadi dengan mengkombinasikan dua roda dari tiap sisi, kita mendapatkan semacam profil /-----\ di atas lintasan.


Saat membelok jarak antara lintasan bertambah untuk menampung satu sisi rangka roda yang mengatur sedemikian rupa sehingga bagian roda yang lebih kecil diameternya menyentuh satu rel, sedangkan yang diameternya lebih besar menyentuh rel satunya dan perbedaan kecil pada tingginya diatasi oleh suspensi.


Terima kasih saya kepada penulis aslinya...saya terlalu malas untuk mencari link-nya. Ini yang saya ingat dari jawaban itu.

Terjawab hampir 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang