Kenape rasanya sangat tidak nyaman/terasa pusing saat mengendarai mobil seminggu setelah gegar otak?

Dilihat 228 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Gegar otak merupakan tekanan dinamis dari otakmu terhadap sisi dari tempurung kepalamu, yang seringkali menyebabkan lebam pada permukaan lapisan luar otak dan bengkak yang signifikan. Hal tersebut menyebabkan terganggunya fungsi otak pada banyak area, bagian mana yang paling terganggu bervariasi tergantung tekanansifat dasar dan lokasi dari otak/ batok kepala.


Rasa pusing merupakan dampak dari berbegai masukan yang berbeda pada pusat pengolahan vestibular. Otakmu mengkoordinasikan masukan dari mata, kulit, otot, dan sensor vestibular di dalam telinga bagian dalam secara keseluruhan yang menyediakan gambaran "kamu berada di sini" ke otakmu.


Setiap orang memiliki tingkat fungsi yang berbeda untuk seluruh sensor - sensor tersebut, dan tubuhmu menghasilkan yang "normal" untukmu - fungsi otakmu dapat saja terganggu apda satu area atau lebih dan tidak menyadarinya karena otakmu secara otomatis menciptakan kompensasi dengan menggunakan metode - metode pada area yang tidak rusak terlalu.


Misalnya, kalau kamu lebih berpusat pada penglihatan dibanding berpusat pada tubuh, maka kalau kamu membaca di dalam mobil kamu akan memiliki kemungkinan yang lebih tinggu untuk merasa pusing. Kenapa? Telinga bagian dalammu memberikan sinyal yang mengatakan, "bergerak pada arah ini", sementara tubuhmu mengatakan, "duduk di kursi", dan matamu akan bolak - balik mengatakn "hanya membaca di sini, bos". Sinyal bertentangan yang tidak sesuai dengan orientasi pusat pengolahan otakmu akan mengatakan, "sesuatu yang buruk terjadi di sini", yang menyebabkan proses evolusioner dari "merasa pusing berarti saya memakan sesuatu yang buruk, saya harus muntah" .


Jadi kalau kamu pernah mengalami gegar otak, maka sebagian dari otakmu tidak bekerja dengan benar setidaknya sampai bengkaknya hilang, yang dapat memakan waktu berminggu - minggu.
Bengkak tidak akan terlalu mempengaruhi impulse listrik neurok, tapi sangat berpengaruh pada aliran informasi zat kimia neuron. Ketika kerusakan lebih besar dari yang mampu diatasi oleh tubuhmu, tubuhmu akan mengalami respon evolusioner, kamu akan merasa pusing.

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang