Kepanjangan dari apa simbol-simbol pada resep dokter ?

Dilihat 201 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Apa yang anda lihat adalah sebuah huruf latin Romawi “R “, yang merupakan singkatan dari Recipe (resep), bentuk imperatif dari kata kerja “menerima” (berasal dari kata penerima). Dalam artian yang lain , simbol tersebut adalah sebuah kata perintah , artinya “ambilah” . Simbol itu sendiri berasal dari abad pertengahan, dan sampai kepada kita untuk menandai “resep”, bahkan kadang-kadang untuk menandai “obat” dalam istilah umum.


Tanda silang/garis miring setelah huruf R lebih misterius . Ada yang memberitahu saya, bahwa itu adalah sebuah surat untuk Jupiter, rajanya para dewa , dan perintah dari Jupiter berarti (dalam arti yang sederhana) “ ambilah ini dan Tuhan membantu anda ”. 


Jika diperhatikan simbol astronomi untuk Jupiter cukup mirip dengan simbol ”Rx” pada resep dokter, terutama jika anda miringkan sedikit . Tetapi kebudayaan mesir mengenalnya sebagai simbol “mata dewa horus”. Dalam kedua simbol tersebut anda dapat melihat sebuah gambaran yang berhubungan.


Bagaimanapun , sudah menjadi popular bahwa singkatan medis tersebut berdasarkan gagasan bahwa “Rx” berarti “ Recipe”. Sebagai contoh : sudah sangat lazim menggunakan Bx untuk biopsy, Cx untuk cervix, Hx untuk history, Ex untuk examination dan lain sebagainya. Tidak ada satupun dari singkatan tersebut merupakan simbol yang ada kepanjangannya, mereka hanya singkatan medis misterius yang yang meminjam dari simbol Rx


 

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang