Ketika diminta untuk menggambar pemandangan, kenapa sebagian besar orang menggambar 2 bukit dengan matahari di antaranya, sungai di bawahnya, 2 pohon dan sebuah rumah?

Dilihat 486 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Menggambar adalah kegiatan-kegiatan membentuk imajinasi dengan menggunakan banyak pilihan taknik dan alat. Atau bisa juga berarti mambuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar. Subjek utama menggambar kebanyakan berupa representasi dari ingatan atau imajinasi seorang juru gambar. Subjek tersebut bisa berupa tampilan realistis dalam kehidupan sehari-hari seperti potret, gambar pemandangan alam atau setengah realistis misalnya sketsa, atau juga benar-benar mementingkan gaya menggambar sperti kartun, karikatur, atau gambar abstrak. 

Untuk mengetahui cara menggambar pemandangan alam yang baik dan benar, sebelumnya dibutuhkan teknik dan keahlian tersendiri agar gambar yang didapat benar-benar seperti aslinya. Alat menggambar pun bisa berupa pinsil, pena, kuas tinta, crayon, pensil konte, pensil warna, atau juga spidol. Media yang digunakan bisa kertas atau lainya seperti kain, dinding, permukaan kayu, kaca dan yang lainnya. Selain dibutuhkan alat-alat dan media seperti diatas juga diperlukan peralatan pendunkunglainya seperti meja gambar, penggaris, penghapus khusus, penyerut pinsil, chamois, selotip dan larutan fixatif.

Mengenai gambar dua bukit, jalan, dan sebuah rumah, seorang guru seni rupa, tentunya sudah melihat gambar model ini ribuan kali, dan seorang siswa seringkali mengulang gambar tersebut beberapa kali selama mereka di sekolah dasar. Namun kenapa gambar ini begitu terkenal dan sensasional?


pemandangan alam



Menggambar Pemandangan Alam


Ketika menggambar pemandangan, kebanyakan orang menggambarkan dua bukit dengan matahari di antaranya, sungai atau jalan, dan sebuah rumah dengan posisi yang seperti itu-itu saja. Gambar pemandangan alam unik seperti ini memang sangat begitu terkenal di Indonesia, bahkan gambar dengan menggambarkan dua gunung dan matahari, sungai dan sebuah rumah menjadi gambar yang sangat ikonik bagi anak-anak Indonesia. 


Tidak ada yang tahu siapa yang pertama kali mengajarkan atau mempopulerkan gambar pemandangan alam yang seperti ini. 


Atau mungkin guru serta orang tua yang memberi contoh gambar kepada si anak seperti itu, tapi belum tentu juga. Namun dari pola gambar pemandangan seperti itu mungkin merupakan pola pemandangan yang paling mudah untuk diajarkan pada anak-anak, bahkan untuk anak-anak yang tidak pandai menggambarpun, pola seperti ini bisa dikerjakannya dengan baik. 

Dan bagi si anakpun, mungkin itulah pola gambar yang paling mudah dibuat, yang mungkin kelak akan membuat mereka menemukan kesenangan tersendiri ketika menggambar. 


Tapi bukan berarti anak-anak tidak kreatif, mungkin inilah awal kemampuan seorang anak dalam menggambar pemandangan pada usia kelas 1 atau kelas 2 SD, dan perlahan-lahan kemampuan menggambarnya akan meningkat sesuai bertambahnya ide, kreatifitas, dan imajinasinya. Yang jelas untuk membuat sebuah gambar pemandangan alam, kamu tidak akan kekurangan objek gambar pemandangan karena memang alam Indonesia yang kita tempati ini sangat luas, beragam dengan berbagai bentuk, keadaan, letak, cuaca, iklim dan lain sebagainya. Kalaupun susah mencari inspirasi untuk menggambar pemandangan mungkin itu lebih karena keterbatasan pandangan terhadap alam.  


pemandangan alam



Tahapan Menggambar Pemandangan Alam


Jika kamu senang menggambar gambar pemandangan alam sekitar, namun belum menguasai teknik atau cara menggambar pemandangan alam agar telihat lebih baik, natural, dan terlihat lebih nyata, ada beberapa cara menggambar pemandangan alam yang kamu dapat pelajari dan kamu lakukan, misalnya:

  • Mencari inspirasi, setiap pelukis/penggambar tentunya butuh akan inspirasi untuk digoreskan atau dituangkan pada goresan kanvas. Dengan bermula adanya inspirasi maka gambar yang dihasilkan akan maksimal dan lebih bermakna dan begitu pula sebaliknya. Jika belum menemukan inspirasi, cobalah keluar dari rumah untuk berjalan-jalan dan melihat pemandangan indah seperti sawah, kebun, hutan, pantai, danau atau tempat-tempat yang indah lainya untuk mencari inspirasi. Kalau perlu, kamu boleh melakukan pencarian ke Google untuk mendapat inspirasi terbaikmu. 
  • Membuat sketsa, apabila kamu telah menemukan inspirasi atau ide yang dianggap bagus, selanjutnya inspirasi tersebut bisa kamu tuangkan dalam bentuk sketsa dasar atau kasarnya. Sketsa dasar ini fungsinya untuk mengatur komposisi gambar. Yang perlu diperhatikan dalam membuat sketsa, sebaiknya menggunakan pensil terlebih duhulu supaya sketsa tipis tersebut dapat dihapus dan diperbaiki kembali jika ada yang salah. 

pemandangan alam

  • Bentuklah sesuai objek aslinya, setelah sketsa dasar jadi, dilanjutkan dengan belajar membuat bentuk sesuai aslinya. Kamu harus berusaha menggambar dengan baik sehingga hasilnya tidak asal-asalan. Misalnya membuat daun nyiur,maka buatlah daun nyiur mirip aslinya yang terlihat dari jauh seperti adanya gerigi di sisinya, jangan rata seperti daun pisang, sehingga terlihat lebih nyata. Begitu pun pada objek gambar lainya. Membuat gambar mirip aslinya memang sangat sulit, hal ini bertujuan agar gambar pada sketsa yang akan kamu buat terlihat nyata dan enak dipandang. Untuk bisa membuat gambar sesuai aslinya, tentu kamu harus banyak latihan dalam menggambar. 
  • Pemilihan warna, jika sketsa detailnya telah jadi dan mirip dengan aslinya, langkah selanjutnya adalah kamu melakukan pemilihan warna yang akan digunakan. Tahap ini bisa termasuk tahap akhir atau finishing yang kamu kerjakan dari gambar yang kamu buat. Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda dalam mengkombinasikan warna-warna tersebut. Ada yang menggunakan cat air, crayon, pinsil warna. Namun apabila kamu merupakan pelukis pemula, alangkah baiknya kamu menggunakan pinsil warna agar lebih mudah dalam penggunaanya. 
pemandangan alam


Melihat tahapan dan cara menggambar pemandangan alam di atas maka kamu tidak akan mengambar dua bukit dan matahari ditengahnya, karena setidaknya kamu telah mengetahui sedikitnya tehnik menggambar dengan baik.


Kesimpulannya, banyak orang dalam menggambar pemandangan alam kebanyakan menggambar dua bukit dengan matahari di antaranya, sungai di bawahnya, dua pohon dan sebuah rumah hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang imajinasi dan teknik menggambar dengan baik. Kebanyakan dari mereka hanya melihat apa yang mereka ketahui saja bahwa pola menggambar pemandangan alam yang mudah memang seperti itu, ditambah lagi gambar seperti itu sangat populer di sekolah dasar. 


Jadi, kurangnya pengetahuan tentang menggambar pemandangan alam juga disebabkan oleh imajinasi yang kurang berkembang dengan baik. Seorang guru seni lukis tentunya akan membimbing muridnya agar bisa menggambar dengan baik dengan banyak melakukan latihan-latihan sehingga daya imajinasinya juga akan berkembang sesuai dengan bertambahnya usia anak. 


Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang