Ketika Indonesia memperbolehkan warganya untuk memiliki dua kewarganegaraan, apa yang Anda pilih untuk menjadi kewarganegaraan kedua?

Dilihat 1,18 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Indonesia belum menerapkan sistem dwi kewarganegaraan hal ini perlu adanya pertimbangan yang cukup matang sehingga tidak akan merugikan Indonesia. Kewarganegaraan ganda mempunyai keuntungan dan kerugian yang bisa dirasakan oleh negara Indonesia. Penerapannya harus didukung dengan Undang-undang. Pengertian warga negara itu sendiri merupakan penduduk sebuah negara atau bangsa berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai orang warga negara dari negara itu (menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia). 


Sedangkan menurut Undang-Undang No 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia pasal 1 angka(1) warga negara adalah warga suatu negara yang ditetapkan sebagai peraturan perundang-undangan. 

warga negara Indonesia mempunyai kelebihan yang tidak dipunyai oleh negara lain salah satunya adalah keramahannya dan sifat gotong royonynya. Hal ini yang mendorong pendatang baru ingin  menjadi warga negara Indonesia.

 syarat menjadi warga negara Indonesia

Pemerintah Indonesia sedang mengkaji ulang Undang-Undang No 12 tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan. Persoalannya adalah di dalam Undang-Undang tersebut tidak mengenal kewarganegaraan ganda atau bipatride. Dua kewarganegaraan mempunyai untung dan rugi yang harus dipertimbangkan sebelum melangkah. Dilihat dari penghasilan devisa Indonesia sangat diuntungkan jika menerapkan dwi kewarganegaraan karena banyak orang asing yang ingin menjadi warganegara Indonesia. Penerapan ini akan mampu menambah dan meningkatkan investasi karena mempunyai jaringan yang lebih luas. 


Hakikat warga negara dalam sistem demokrasi adalah bahwa warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama  tidak dibeda-bedakan satu dengan yang lain. Menurut pasal 26 ayat 1 Undang-Undang Dasar Tahun 1945 menyatakan bahwa yang menjadi warga negara adalah orang-orang Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan Undang-Undang sebagai warga negara.

kewarganegaraan ganda

Kewarganegaraan Ganda (Dua kewarganegaraan)


Apa yang anda pilih jika Indonesia menerapkan kewarganegaraan ganda, tentunya anda akan memilih negara yang mempunyai kunjungan tanpa visa dengan pospor terkuat di dunia yaitu Amerika Serikat.

Tapi seandainya bisa Indonesia menerapkan dua kewarganegaraan kita bisa melangkah ke jaringan bisnis luar negeri yang lebih luas. Hal ini cukup mudah apa yang telah dikatakan orang asing yang pernah tinggal di sana. Saya akan memilih Amerika Serikat  dengan memiliki paspor Amerika Serikat saya bisa mengunjungi 147 negara tanpa visa, dan paspor tersebut setara dengan Inggris sebagai paspor terkuat di dunia. 


Indonesia hanya mengijinkan anda untuk berkunjung ke 57 negara. Sebagi seseorang yang suka bepergian, dan bisa berkunjung ke banyak negara tanpa sebuah visa sangatlah penting. Tak terhitung berapa banyak uang yang telah dihabiskan untuk mengajukan visa Amerika Serikat dalam kurun waktu 10 tahun ini. Pastinya sudah ribuan dollar, karena pemegang visa H1-B, anda perlu mengajukan ulang visa baru untuk pulang kembali jika anda meninggalkan Amerika Serikat setelah satu tahun.


cara ganti kewarganegaraan

orang asing yang ditetapakan sebagai warga negara adalah orang yang telah memiliki dokumen sebagai WNI sebagaimana telah tercatat di bagian Departemen Keimigrasian. 

Orang yang bekerja di Mongolia membutuhkan pengajuan visa (yang akan makan waktu 2-3 hari menurut riset yang lakukan sendiri. Yang mengganggu  adalah diantara negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Singapura, hanya Indonesia yang memerlukan sebuah visa untuk pergi ke Mongolia.


Berbicara tentang kekuatan paspor, orang  yang sering melakukan kegiatan bisnis menceritakan, Suatu ketika di lain waktu saya ditugaskan untuk melakukan pekerjaan di Argentina. Saya diberi waktu satu bulan untuk mengurus visa. Kantor kedutaan Argentina yang terdekat adalah di Los Angeles (saya tinggal di San Francisco). Saya menelepon, mengirim surat, tak ada respon. 

Setelah seminggu mereka akhirnya membalas dengan mengatakan mereka butuh 21 hari kerja untuk memberi saya sebuah visa. Saya membalasnya kembali dan berkata bahwa saya harus pergi dalam tiga minggu ke depan dan kalau bisa prosesnya dipercepat. Setelah satu minggu kemudian saya mendapat balasan lagi yang mengatakan bahwa mereka tak bisa melakukannya. 

Pekerjaan lain terbuang sia-sia. Terima kasih pada kepemilikan paspor Indonesia. Syukurlah saya punya kartu hijau sekarang, jadi saya tak perlu berurusan dengan kekonyolan itu lagi. Yah, saya masih harus mengajukan visa ke Mongolia atau Argentina, tapi setidaknya saya tak perlu melakukannya untuk pergi ke Amerika Serikat, dimana kebanyakan tujuan saya bepergian adalah kesana. Tapi bagaimanapun juga saya tak mungkin masuk menjadi warga negara Amerika Serikat jika saya tak punya kewarganegaraan ganda. 


ketatanegaraan indonesia


Sistem ketatanegaraan Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945  sebagaimana telah tercatat mengenai kewarganegaraan yang telah diatur didalamnya termasuk warga negara yang ditetapkan dalam sistem demokrasi. 


Hakikat Warga negara yang diterapkan dalam sistem demokrasi menyatakan bahwa sebagai warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dan tidak dibeda-bedakan hal ini terbukti bahwa menjadi WNI sangat diperhatikan sebagaimana yang tertuang dalam undang-undang. Untuk itu sebagai warga negara yang baik harus bangga menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan tanah kelahiran kita.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang