Ketika orang lanjut usia yang memakai kacamata mengalami kesulitan membaca tulisan, apakah itu berarti penglihatan mereka memburuk dan mereka memerlukan resep baru untuk lensa ?

Dilihat 431 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1


Mata merupakan salah satu panca indra yang sangat berguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari, melihat objek dan untuk mengamati apa saja yang sedang terjadi pada lingkungan kita. Organ satu ini adalah karunia dari sang pencipta untuk makhluk hidup yang berguna untuk menangkap gambar dan menyampaikannya ke dalam otak untuk disimpan di memori otak. Jika kita tidak memiliki mata yang bisa melihat, mungkin kita akan merasa berat dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Maka selalu bersyukurlah bagi kita yang memiliki sepasang mata yang dapat melihat.

Penting sekali bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan mata, dan berbicara tentang menjaga kesehatan mata tentunya banyak sekali macamnya, misalnya salah satunya dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin A. Kita harus senantiasa menjaga kesehatan mata kita agar terhindar dari berbagai penyakit mata.Banyak sekali penyakit mata yang dapat menyerang mata kita sewaktu-waktu jika kita lupa/tidak menjaga kesehatan mata, seperti salah satunya adalah penyakit rabun mata. 

Penyakit rabun mata tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Penyakit rabun mata ini dibagi menjadi beberapa bagian, selain ada rabun jauh, rabun dekat , ada juga rabun tua, yang mana penyakit ini pada umumnya menyerang orang yang telah lanjut usia. Sama dengan halnya mata rabun jauh dan dekat, mata rabun tua juga menunjukkan gejala-gejala umum . Lalu apa saja sih gejala yang ditunjukkan pada rabun tua ini. Berikut penjelasannya:


Rabun Tua (Presbiopia)


Ada sebuah kondisi yang disebut "Presbiopia" , yang terjadi pada setiap orang karena faktor usia. Presbiopia dapat diartikan "rabun tua". Menyenangkan bukan?

Rabun tua (presbiopia) merupakan kondisi kehilangan kemampuan mata untuk berfokus pada objek yang dekat sebagai bagian dari penuaan. 

Ketika kita dilahirkan, lensa kristal yang ada di dalam mata kita, tepat di belakang iris (selaput) mata, sangat jelas dan fleksibel. Ada otot di dalam mata kita yang secara otomatis mengubah bentuk lensa, tergantung jika kita sedang melihat sesuatu dari jarak dekat atau jarak jauh. Ketika usia kita bertambah, lensa membesar dan kehilangan elastisitas nya. Biasanya dimulai pada sekitar usia 40 tahun keatas. Otot-otot di dalam mata kita tidak lagi cukup kuat untuk menyesuaikan lensa agar bisa fokus pada objek yang dekat, jadi kita harus mulai menggunakan kacamata baca untuk mengatasinya. 


Tanda dan Gejala Presbiopia
Gejala rabun tua (presbiopia) berupa penurunan tajam penglihatan secara bertahap dalam membaca atau melihat objek yang dekat. Secara lebih rinci, gejala umum dari presbiopia adalah: 

  • Kesulitan membaca tulisan dengan cetakan huruf yang halus / kecil
  • Setelah membaca, mata menjadi merah, berair, dan sering terasa pedih.
  • Kelelahan mata atau sakit kepala setelah membaca atau melakukan pekerjaan dengan melihat objek yang dekat
  • Kecenderungan untuk memegang bahan bacaan lebih jauh untuk membuat huruf lebih jelas
  • Perlu pencahayaan yang lebih terang ketika membaca atau melihat objek yang dekat.
  • Sukar mengerjakan pekerjaan dengan melihat dekat, terutama di malam hari
  • Terganggu secara emosional dan fisik
  • Sulit membedakan warna 

Gejala-gejala ini (rabun tua) akan terus meningkat lebih dari 15 sampai 20 tahunan (atau sampai usia 55 tahun), sehingga harus terus menggunakan kacamata baca, tetapi akan stabil dan menetap pada umur 55 sampai 65.

      

 

Itulah penjelasan singkat tentang presbiopia yang pada umumnya akan dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Segera periksakan mata anda jika anda mengalami penglihatan yang kabur ketika anda melihat objek dekat. Atau jika salah satu keluarga anda mengalami gejala-gejala yang serupa ada baiknya jika anda segera menyarankan untuk pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter dapat menentukan apakah pasien memiliki presbiopia dan menyarankan pilihan pengobatan terbaik untuk mereka. (Baca: Apakah menggunakan kacamata saat tidak membutuhkannya dapat merusak mata?)

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang