Selain mengonsumsi obat, adakah cara alami untuk meredakan batuk dan pilek?

Dilihat 1,26 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1



Penyakit pilek, sepertinya penyakit ini adalah penyakit ringan dan berlangganan ya, semua orang pasti pernah mengalaminya. Apalagi jika kondisi cuaca sedang tidak bersahabat dan kondisi tubuh kita sedang menurun, wah gampang sekali terserang flu dan pilek. 


Memang sepele terdengarnya, tapi jika dibiarkan akan sangat mengganggu loh. Apalagi jika flu yang diderita lumayan ‘berat’, Anda pasti akan terganggu dengan cairan yang keluar terus-menerus dari hidung Anda, atau flu yang disertai dengan demam dan kepala pusing, sudah pasti mempengaruhi segala aktivitas Anda lakukan. Penyakit ini mudah ditularkan lewat udara, kontak langsung maupun lewat perantara seperti fasilitas umum.

 

Gejala pilek pada umumnya sangat mudah dikenali ya, beberapa gejala yang sering dirasakan yaitu bersin, batuk, hidung meler, demam atau sakit kepala. Bisa dibayangkan bukan betapa tidak nyamannya kita jika harus tetap bekerja atau beraktivitas dalam kondisi pilek dengan disertai demam tersebut? 


Walaupun pilek memang merupakan infeksi virus yang tergolong ringan, namun tetap tidak boleh diabaikan. Banyak cara menghilangkan pilek yang dapat Anda lakukan, diantaranya beristirahat dengan cukup, mengkonsumsi makanan yang kaya serat, serta dianjurkan agar banyak minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang dari tubuh akibat hidung yang terus-menerus mengeluarkan ingus. 


Sebagian cara di atas merupakan obat pilek alami yang sangat mudah untuk Anda praktekkan dan masih banyak lagi loh cara-cara alami lainnya untuk mengatasi penyakit pilek ini. Lalu, apa saja sih cara tradisional lainnya? Sebenarnya bisakah kita mencegah agar tidak tertular piek? Bagaimana caranya? Nah.. untuk menjawab rasa penasaran Anda, simak uraian berikut hingga tuntas ya..






Pencegahan Pilek


Jika pilek menyerang biasanya kita akan mengalami gejala seperti batuk, sering bersin, hidung terasa tersumbat, suara serak, badan terasa lelah, nyeri tenggorokan bahkan terkadang disertai demam dan sakit kepala. 


Satu hal yang harus selalu digarisbawahi adalah mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karenanya, ingatlah selalu jika Anda menderita pilek, sebaiknya ketika bersin tutupi dengan tisu agar virus tidak menyebar/menular ke lingkungan sekitar. 





Banyak sekali upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan diri dari flu ataupun pilek, di antaranya adalah sebagai berikut:


  • Jika ada teman atau anggota keluarga yang terkena pilek maka gunakan masker untuk melindungi saluran pernafasan atas. Masker bisa menutupi kemungkinan virus menyebar lewat udara.  
  • Rajinlah cuci tangan, terutama ketika selesai kontak dengan benda atau cairan atau ketika Anda menggunakan fasilitas umum 
  • Berhenti merokok dan jangan minum alkohol. Merokok dan minum alkohol akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh Anda menjadi lebih mudah terkena infeksi penyakit 
  • Jaga kesehatan, usahakan agar Anda selalu istirahat dengan cukup. Jangan sampai Anda merasa terlalu lelah, kurang tidur ataupun merasa stress secara berlebihan.  
  • Konsumsi makanan bergizi dan multivitamin, serta perbanyak minum air putih agar kekebalan tubuh tetap terjaga. 
  • Olahraga secara teratur.
  • Jangan mengonsumsi es secara berlebihan, terutama es yang Anda beli di pinggir jalan atau dari pasar yang kebersihannya tidak terjamin. 

Itulah beberapa usaha pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk menghindarkan diri dari penyakit flu atau pilek. Cukup sederhana bukan? 


Pencegahan sudah pasti merupakan hal terbaik. Dengan makan teratur, berolahraga, banyak minum air putih dan menjauhi makan-makanan cepat saji (junk food), maka setidaknya Anda sudah berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat. Dengan begitu diharapkan dapat mencegah datangnya penyakit ke tubuh Anda.




Pengobatan Pilek




Lalu bagaimana cara menghilangkan pilek? Sebagian orang lebih memilih cara-cara tradisional untuk mengobati flu dan pilek. Memang banyak obat batuk dan pilek yang bisa kita dapatkan dengan mudah, namun selagi masih ada obat pilek alami yang dapat kita gunakan, mengapa kita tidak mencobanya? 


Nah, di bawah ini akan diberikan beberapa cara tradisional yang mudah untuk dilakukan di rumah. Mari kita lihat satu-persatu:


  • Konsumsi buah dan sayur - Mengonsumsi sayur mayur dan buah yang mengandung vitamin C sangat disarankan ketika Anda terserang flu dan pilek, contohnya jeruk, lemon atau strawberry. Sayur dan vitamin C akan menjadi antioksidan alami dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

  • Berkumur dengan air bersih - Jika Anda sedang terserang pilek, maka cobalah untuk sering berkumur. Berkumur akan bekerja untuk menghilangkan atau membantu mengeluarkan lendir dari jaringan sinus yang terhubung ke bagian tenggorokan. Anda dapat berkumur dengan menggunakan air hangat yang dicampur rempah, seperti jahe, kunyit, kencur atau Anda juga dapat berkumur dengan air garam. Lakukan ini minimal empat kali dalam sehari. 

  • Mandi dengan air panas - Uap yang dikeluarkan air panas dalam ruangan akan membantu mengeluarkan cairan atau lendir dari hidung.  

  • Tidur dengan bantal yang tinggi - Ketika Anda sedang pilek, hidung dan tenggorokan akan terasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat tidur dengan posisi bantal yang tinggi. Posisi ini dapat membantu mengalirkan cairan dari hidung. Cairan atau lendir yang keluar dari hidung akan membantu mengatasi infeksi dengan lebih cepat. 

  • Minuman hangat - Saat flu menyerang, banyak cairan tubuh yang terbuang melewati ingus, ludah, dan keringat. karenanya, amat dianjurkan untuk meminum banyak air. Minum secangkir teh hangat akan membantu membuat badan menjadi lebih segar, karena cairan hangat bisa mengurangi hidung mampet, dan melegakan tenggorokan yang mengalami radang.
  
  • Mengonsumsi jahe dan madu - Jahe dapat meredakan gejala flu, masuk angin, meringankan batuk dan demam. Meminum jahe panas ditambah jeruk nipis serta madu dapat jadikan minuman alternatif di saat flu menyerang 


  • Minum Yogurt 


  • Minum ramuan ginseng - Minumlah ramuan ginseng atau teh yang mengandung bahan ginseng. Ginseng adalah bahan akar tradisional khas Cina dan Korea yang dipercaya bisa melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh.  


  • Mengonsumsi jamur - Beberapa jenis jamur yang sangat disarankan misalnya jamur shiitake, enoki, dan jamur tiram. Jamur bisa membantu memulihkan kondisi tubuh karena mengandung vitamin B, serat, dan juga mineral kalium. Bahkan beberapa jenis jamur mengandung antioksidan alami yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. 


  • Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 tinggi, seperti ikan salmon, ikan tuna atau ikan makarel.  


  • Konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan seng, seperti udang, kepiting, kerang, tiram, daging kambing, sereal, keju, daging ayam, kacang mete, lentil, dan almond. 


  • Meneteskan larutan garam ke dalam hidung. Cara ini dapat meredakan gejala hidung tersumbat serta melancarkan pernapasan, terutama pada bayi dan anak-anak. 


  • Banyak istirahat - Salah satu cara terbaik untuk mengobati flu adalah tidur. Itulah mengapa ketika kita mengkonsumsi obat flu tubuh akan terasa mengantuk. Hal ini berttujuan agar Anda dapat beristirahat secara maksimal. Usahakan agar tubuh anda tetap hangat, oleskan minyak kayu putih serta pakailah selimut saat anda tidur. 



Cara menghilangkan pilek seperti yang telah dijelaskan diatas merupakan cara-cara alami yang dapat Anda lakukan sendiri, namun apabila pilek tidak kunjung reda, Anda dapat mengonsumsi obat yang bisa dibeli bebas di apotek. 


Untuk meredakan gejala hidung tersumbat, Anda bisa meminum obat yang mengandung dekongestan. Apabila pilek Anda disertai batuk dan berlendir, gunakan ekspektoran untuk mengeluarkan dahak dan meredakan lendir.

Sedangkan untuk meredakan demam dan nyeri, gunakan obat pereda rasa sakit ibuprofen atau paracetamol. 


Tapi sangatlah disarankan sebelum anda mengkonsumsi obat-obatan untuk meredakan penyakit Anda, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter agar Anda mendapatkan saran pemakaian yang sesuai dengan takaran dan tentunya jauh lebih aman jika di bawah pengawasan ahlinya. Selamat Mencoba!



Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang