Apa saja kota-kota di Indonesia yang paling bagus/nyaman untuk dihuni? Mengapa?

Dilihat 687 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1


Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan keindahan. Keindahan Indonesia juga dapat dilihat dari wilayah-wilayah perkotaan Indonesia.Kota-kota di Indonesia sendiri menawarkan keindahan yang beragam. Ada kota yang indah karena penataan nya yang bagus, ada juga kota yang indah karena kondisi alamnya. Bagi wisatawan, wilayah perkotaan tentu menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena menawarkan fasilitas yang memadai. Kota yang bersih dan Indah cenderung menarik banyak kunjungan wisatawan.  


Nah artikel di bawah ini, akan memberikan daftar kota terindah di Indonesia dan juga daftar kota terbersih di Indonesia. Dan apa saja sih kota di Indonesia yang enak dan nyaman untuk dihuni? Penasaran kan? Kalau begitu, baca terus artikel ini sampai habis ya!



Kota Terindah dan Kota Terbersih


Berdasarkan data yang dirilis theculturetrip, ada sepuluh kota terindah di Indonesia yaitu:

  • Bukittinggi
  • Yogyakarta
  • Bogor
  • Bandung
  • Solo
  • Malang
  • Batu
  • Manado
  • Padang
  • Ubud


Sedangkan, kota terbersih di Indonesia dinilai karena memiliki lingkungan yang bersih sehingga berhasil mendapat penghargaan sebagai kota Adipura, yaitu penghargaan tertinggi bagi kota-kota di Indonesia dalam bidang kebersihan dan lingkungan hidup. Pada tahun 2016 piala Adipura Paripurna diberikan kepada:

  • Surabaya
  • Balikpapan
  • Tulungagung


Kota Yang Bagus/Nyaman untuk Dihuni


Berikut ini adalah beberapa kota di Indonesia yang dianggap nyaman dan ramah untuk ditinggali. Tiap kota memiliki keunikan, kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saya yakin beberapa di antaranya bukan kota yang asing lagi di telinga Anda bahkan mungkin Anda sudah sering berkunjung ke kota tersebut. Nah, kota-kota tersebut antara lain:


  • Balikpapan




Balikpapan terkenal sebagai kota yang bersih, nyaman, hijau dan sehat. Banyak penghargaan yang telah diraih oleh kota ini karena kebersihan dan tata kelola yang rapi serta teratur. Kesadaran tentang menjaga kebersihan lingkungan rasanya telah tertanam dalam diri sebagian besar masyarakat disana. Entah melalui pengajaran di sekolah-sekolah, melalui peraturan daerah, melalui spanduk dan anjuran di jalan-jalan, rasanya karakter masyarakat yang peduli pada lingkungan yang bersih telah terbentuk dan tertanam di kota ini. Balikpapan dinilai berhasil dalam mengelola sampah atau limbah cair warga. Selain itu, pembangunan infrastruktur di Balikpapan dalam beberapa tahun belakangan ini juga mulai menggeliat tajam. Pusat perkantoran, angkutan umum, perbaikan jalan, serta lalu lintas tertata dengan apik dan teratur. Balikpapan juga memiliki bandara yang merupakan kebanggan masyarakat disana, yaitu Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, bandara ini terkenal sebagai salah satu bandara dengan tingkat layanan terbaik di Asia.


  • Solo




Solo, kota ini terkenal karena budayanya yang melekat erat dalam sendi kehidupan masyarakat. Banyak ragam budaya Jawa yang sungguh menarik ditemukan ketika berkunjung ke kota ini. Arsitektur bangunan Jawa, tarian, makanan, pakaian serta beragam budaya lainnya melekat erat sekali dalam kehidupan sehari-hari di kota ini. Ciri khas Jawa yang kental masih dipertahankan oleh masyarakatnya. Dapat ditemukan beragam tempat unik di dalamnya, mulai dari keraton, candi, museum hingga pasar antik dan pasar batik untuk berbelanja. Kota ini juga cukup dikenal karena kebersihannya dan memiliki tata kelola kota yang rapi serta penataan lingkungan yang teratur. Infrastruktur, termasuk transportasi massa masih terus dibenahi dan ditingkatkan secara maksimal. Solo memiliki banyak kawasan dan situs bangunan tua bersejarah, hal ini menandakan bahwa Solo adalah salah satu kota yang kaya akan peninggalan budaya di masa lampau.



  • Malang




Kota Malang merupakan salah satu kota yang terletak terletak di tengah-tengah pegunungan.,sehingga kota ini mempunyai hawa yang sangat sejuk. Dengan udara yang bersih dan sejuk, maka wajar jika kota Malang menjadi salah satu kota yang nyaman untuk ditinggali. Kota Malang juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan menawan, banyak wisata pantai yang juga dapat Anda temukan disini. Kuliner khas Malang pun juga cukup beragam dan tentunya dengan harga yang mudah terjangkau. Selain itu kota Malang juga dikenal sebagai kota tujuan untuk menimba ilmu, banyak universitas besar didalamnya, seperti Universitas Muhammadiyah, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang, dll. 


  • Yogyakarta




Yogyakarta merupakan kota dengan daya tarik luar biasa. Hampir sama dengan Solo, kota ini memiliki ragam budaya Jawa yang sangat kental. Arsitektur bangunan, makanan, gedung-gedung, penataan kota, masih melekat terlihat budaya Jawa. Yogyakarta juga dinobatkan menjadi salah satu kota yang nyaman untuk ditinggali. Kota ini sungguh ramah untuk dikunjungi. Pemerintah daerah Yogyakarta sadar betul dengan potensi daerah yang dimilikinya, oleh karenanya pemerintah bersinergi dengan masyarakat dan akademisi berupaya sungguh-sungguh untuk membentuk citra kota Yogya yang ramah dan nyaman. Pengelolaan, pengalokasian dan pemanfaatan sumber daya kota benar-benar sedang diusahakan secara maksimal, maka tak heran jika kota ini menjadi tempat destinasi banyak wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.



  • Makassar




Makassar merupakan ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Makassar terus membenahi diri menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di luar pulau Jawa. Tata kelola kota yang baik, pembenahan sarana infrastruktur dan pembangunan beragam fasilitas penunjang makin menggeliat di kota ini. Terkenal dengan pantai Losarinya, Makassar sadar betul untuk memperbaiki diri secara serius agar terlihat lebih bersih, nyaman dan lebih berseri. Pembangunan kota Makasar terpusat di kawasan yang dekat dengan bibir pantai. Dengan pembangunan yang terkonsep dan matang, Makasar dapat dijadikan contoh sebagai salah satu water front city terbaik di Indonesia. 



  • Palembang



Palembang terus mempercantik dan membenahi diri tak henti-hentinya. Banyak perhelatan akbar skala Internasional – salah satunya Asian Games 2018 – akan diadakan di kota ini. Sebagai salah satu kota yang mengusung konsep Water Front City, Palembang merupakan salah satu destinasi wisata Internasional di Indonesia yang memiliki banyak pengunjung. Infrastruktur, sarana dan prasarana seperti jalan, jembatan, pusat perkantoran dan gedung bertingkat mulai menjamur. Investasi dan roda perekonomian terus menggeliat tajam di Palembang. Tak pelak lagi, hal ini menjadikan Palembang menjadi salah satu kota metropolitan di Tanah air. 



  • Bandung




Kota Bandung terkenal dengan surga belanja dan wisata kulinernya. Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat. Beragam alasan akan ditemukan jika ditelisik mengapa kota Bandung menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk dikunjungi. Memang, tak dapat dipungkiri, kota ini mulai terkenal dengan kemacetannya, namun hal-hal lain yang ditemukan di kota Bandung akan membuat lupa kemacetan yang terjadi. Mulai dari makanan, tempat wisata, rumah-rumah makan mulai dari yang sederhana sampai yang wah dan unik, factory outlet, tempat nongkrong, tempat berlibur, hotel, pasar hingga tempat pendidikan pun tersedia dengan lengkapnya di kota ini. Jadi, kota ini akan selalu menjadi tujuan destinasi favorit bagi setiap orang dan tidak menutup kemunginan menjadi salah satu kota yang ramah untuk ditinggali.


Nah itulah tadi daftar kota terindah di Indonesia, kota terbersih, serta daftar kota-kota yang enak untuk dijadikan tempat tinggal di Indonesia. 

Mulai dari kota yang berada di Jawa, Sumatera, Kalimantan sampai Sulawesi. Setelah membaca artikel di atas, jadi berminatkah Anda untuk pindah tempat tinggal? ;). 

Satu hal yang perlu digarisbawahi, kita dapat menarik kesimpulan bahwa ternyata pembangunan di negara ini telah berjalan dengan cukup merata, setiap daerah berlomba-lomba untuk menjadikan daerahnya menjadi yang terbersih, nyaman dan aman untuk ditinggali. Sekarang tugas kita sebagai masyarakat yang baik adalah turut serta mendukung dan merawat kota tempat tinggal kita masing-masing dengan baik. Semangat!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang