Kota apa saja yang merupakan kota paling penting di Indonesia?

Dilihat 4,84 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Indonesia terdiri dari 34 propinsi setiap provinsi ditunjang oleh sebuah ibu kota provinsi yang memiliki tingkat kepadatan penduduk dan kesibukan yang lebih dibanding dengan kota biasa. Kota besar di Indonesia termasuk dalam Ibu kota provinsi yang merupakan kota pemerintahan dan perekonomian masyarakat di suatu provinsi atau daerah tertentu

Sebelum membahas kota besar di Indonesia kita mengenal terlebih  dahulu beberapa hal yang berkaitan dengan kota. Kota itu sendiri adalah suatu pemukiman yang terdiri dari sekumpulan penduduk yang secara fisik terdapat fasilitas yang mendukungnya sehingga mereka hidup secara mendiri.

sebuah kota merupakan lokasi yang kepadatan penduduknya lebih tinggi dibanding dengan populasi kepadatan umum disekitarnya. Penduduk pada lokasi atau tempat tersebut sebagian besar tidak tergantung pada sektor pertanian dan tidak juga pada aktivitas ekonomi primer. Lokasi tersebut menjadi pusat kebudayaan, administrasi, dan ekonomi bagi wilayah di sekitarnya. Jika kota dilihat dari fungsinya, kota berfungsi sebagai lokasi pusat kegiatan sebagaimana dalam undang-undang No, 22 tahun 1999, kota merupakan pusat pemerintahan, pusat pendidikan,  dan juga pusat informasi. Lalu kota apa saja yang merupakan kota paling penting di Indonesia? Untuk lebih jelasnya kita harus mengetahui penjelasan di bawah ini.


Jakarta


Kota Mana yang Paling Penting di Indonesia? 


Kota yang paling penting di Indonesia tentu saja adalah Jakarta yang merupakan ibu kota Negara dan juga salah satu kota besar di Indonesia

Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor-kantor pemerintahan, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan kantor perwakilan asing yang berdiri di sana seperti kantor duta besar asing dari berbagai negara di seluruh dunia. Kota Jakarta juga merupakan jantungnya negara Indonesia karena semua pusat pemerintahan ada di sana. Seperti halnya kota provinsi lainnya yang ada di Indonesia, Jakarta termasuk dalam kategori kota provinsi yang memiliki Gubernur yang mengatur pemerintahan. Jakarta juga sebagai kota besar di Indonesia yang terdapat tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor pusat partai politik dan organisasi kemasyarakatan. Jakarta sebagai ibu kota Negara Indonesia mempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat ditunjang oleh sektor ekonomi dan perdagangan. Selain itu Jakarta dilengkapi transportasi yang maju, bandar udara internasional, dan pelabuhan sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal asing.


Setelah mengenal Jakarta sebagai salah satu kota penting di Indonesia, ada juga beberapa hal yang membuat sebuah dikategorikan sebagai kota penting di Indonesia, diantaranya:


  •  Kota tersebut mempunyai kegiatan ekonomi dengan pertumbuhan yang pesat.
  •  Kota tersebut masuk dalam kota metropolitan dengan wilayah luas, terdapat aktivitas sosial ekonomi, populasi penduduknya besar dan adanya tempat pendidikan yang memadai.
  • Kota tersebut telah mempunyai pusat pemerintahan untuk pelayanan masyarakat.
  • Apabila kota tersebut mempunyai sarana kesehatan yang lengkap.


Selain Jakarta, adapun kota-kota yang termasuk pada kategori ini misalnya: Surabaya, Bali, Bandung, Yogyakarta, Semarang,  Medan, dan Batam.


surabaya


1. Kota Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar yang kedua di Indonesia setelah kota Jakarta dan terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan. Surabaya merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur. Di samping sebagai kota provinsi, kota Surabaya juga merupakan pusat perdagangan dan industri. Kota ini memiliki sebuah bandar udara Internasional Juanda dan pelabuhan Tanjung Perak. 


Letak Kota Surabaya memang sangat strategis, yaitu terletak di tengah-tengah wilayah Indonesia. Sehingga kota Surabaya merupakan salah satu jalur perdagangan di Asia Tenggara yang sangat penting dan ramai. Kota Surabaya berfungsi sebagai tempat transit kapal-kapal asing yang mengangkut barang dari berbagai negara. Surabaya memiliki pembangunan perekonomian yang bisa dibilang sangat maju dan merupakan salah satu kota dengan penduduk yang banyak industri-industri yang berkembang di Surabaya seperti industri elektronik yang menduduki peringkat pertama dalam industri paling maju dibandingkan dengan provinsi lain. Selain itu, produksi alat rumah tangga juga sangat berkembang di sana. Surabaya juga dikenal sebagai kota yang tertata rapi dan taman kotanya yang apik, menjadikan Surabaya selalu disanjung karena kotanya yang bersih dan rapi.


bandung


2. Kota Bandung

Bandung merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Barat. Sebutan lain untuk Kota Bandung adalah Kota Kembang. Bahkan Bandung sering juga dikenal dengan sebutan Paris Van Java. Bandung merupakan kota yang tingkat ekonominya maju terutama dalam bisnis pakaian atau fashion, juga tempat kuliner. Bandung juga merupakan kota wisata yang mempunyai pemandangan alam yang indah dan mempesona.


Perekonomian di Bandung sangat dipengaruhi sektor perdagangan dan jasa. Selain itu, Bandung mempunyai peninggalan sejarah yang menjadi objek wisata, salah satunya adalah Gedung Asia Afrika sebagai saksi kerjasama Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 dan Gedung Sate yang merupakan bangunan lama dengan arsitektur Belanda. Kota Bandung juga menjadi tujuan pendidikan bagi pelajar di Indonesia. Di samping itu, kota Bandung merupakan kota tujuan wisata yang disenangi oleh turis asing terutama mengenai bangunan-bangunan tuanya dan pemandangan pegunungan yang masih asri, dan keanekaragaman budayanya. Kota Bandung juga memiliki bandar udara Husein Sastranegara.


semarang

3. Kota Semarang

Semarang adalah salah satu kota terbesar kelima di Indonesia. Kota ini merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah dan salah satu kota paling berkembang yang ada di Pulau Jawa. Perekonomian Kota Semarang didominasi sektor perdagangan dan sektor industri. Semarang juga memiliki Bandar udara Ahmad Yani dan pelabuhan laut yaitu Pelabuhan Tanjung Mas sebagai pelabuhan yang ramai oleh kapal-kapal asing yang mengangkut barang-barang dari luar negeri. Kota yang dijuluki dengan kota lumpia ini sangat terkenal karena banyak makanan yang enak di kota ini misalnya lumpia, soto Semarang, dan wingko babat yang sudah terkenal diberbagai kota lain. 


Medan


4. Kota Medan

Kota Medan merupakan ibu kota provinsi Sumatera Utara dan merupakan kota terbesar di luar pulau Jawa. Kota Medan merupakan pintu gerbang perdagangan terutama di wilayah Indonesia bagian barat. Kota Medan juga merupakan kota tujuan wisata terutama berbagai tempat yang banyak memiliki bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda. Dan kota ini banyak dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan daerah maupun luar daerah. Medan menjadi salah satu kota yang memiliki pertumbuhan perekonomian cukup pesat. Kota Medan memiliki bandar udara Internasional Kuala Namu dan memiliki Pelabuhan Laut Belawan yang merupakan pelabuhan teramai.

 bali 

5.  Denpasar

Perekonomian di kota Denpasar sangat dipengaruhi oleh perkembangan objek pariwisatanya. Denpasar berada di pulai Bali yang sangat terkenal di mancanegara karena pemandangan alamnya yang mempesona dan beberapa tempat wisata yang menakjubkan. Perkembangan pariwisata sangat maju banyak tempat-tempat yang indah terutama daerah pantai sebagai tujuan utama wisata asing yang datang ke Kota Depnasar. Pantai Sanur adalah salah satu pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Banyaknya candi dan tempat-tempat ibadah orang Hindu juga menjadi salah satu pedona daya tarik dari Kota Denpasar.Tidak heran jika Kota Denpasar menjadi kota wisata dan juga destinasi liburan terbaik di Indonesia.


Jogjakarta


6. Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta, kota ini juga memiliki keunggulan khususnya dalam hal pariwisata dan pendidikan. Yogyakarta juga disebut sebagai kota pelajar karena banyak pelajar dari berbagai daerah menuntut ilmu di kota ini.

Yogyakarta menjadi tempat wisata kedua setelah Bali. Di Yogyakarta banyak terdapat candi, gua alam, pantai, dan wisata alam lainnya. Universitas ternama disana yaitu UGM merupakan perguruan tinggi yang banyak dituju oleh pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Perekonomian di Yogyakarta sangat dipengaruhi oleh sektor perdagangan, pariwisata, dan industri. Walaupun merupakan kota besar, Yogyakarta adalah daerah yang memiliki biaya hidup paling murah di IndonesiaYogyakarta memiliki bandar udara Internasional Adisutjipto. Mudahnya transportasi di kota ini, menjadikan kota ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.


Batam

7. Batam

Kota Batam terletak di provinsi Kepulauan Riau. Kota Batam sendiri berada di Pulau Batam dan sangat dekat dengan Singapura. Kota ini merupakan kota besar di Indonesia. Walaupun jauh dari kota besar lainnya, kota Batam memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat maju. Letaknya yang strategis menjadikan kota ini sebagai jalur pelayaran Internasional. Selain itu, pertumbuhan penduduk kota Batam termasuk pesat. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi menjadikan kota Batam banyak dikunjungi oleh para investor asing. Perdagangan dan industri di kota Batam berkembang sangat pesat, sehingga tak heran kalau banyak orang asing yang menginvestasikan uangnya di kota ini. 

Itulah kota-kota besar di Indonesia yang termasuk dalam kota paling penting yang mempunyai pertumbuhan ekonomi yang cukup maju dibandingkan dengan daerah disekitarnya. 


Kota apa saja yang merupakan kota paling penting di Indonesia? Kalau kota yang terpenting di Indonesia tentunya adalah Kota Jakarta sebab Jakarta merupakan ibu kota Negara Indonesia dan juga merupakan kota pusat pemerintahan Indonesia. Adapun kota yang paling penting lainnya selain Jakarta tentunya kota-kota yang menjadi ibu kota provinsi karena memiliki aktivitas ekonomi, bisnis, wisata yang lebih banyak dibandingkan dengan daerah disekitarnya. Sekarang ini pembangunan sedang digalakkan diberbagai bidang tidak hanya dikota-kota besar saja tapi pemerataan pembangnunan sampai kepelosok pedesaan untuk mengurangi kesenjangan sosial antara kota di Indonesia. 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang