Lari: Apa yang harus saya lakukan untuk meningkatkan waktu lari dan daya tahan tubuh saya?

Dilihat 225 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Untuk memperbaiki waktu larimu, kamu harus benar- benar berlatih dengan sangat keras. Serius, kamu harus berlatih dengan keras dan berlari hampir setiap hari. Kalau tim lari lintas alammu mengadakan pelatihan pada musim panas ini, ikutilah. Untuk dapat berlari dengan baik, kamu membutuhkan stamina. Stamina = daya tahan tubuh x kecepatan.


Ini saran saya untuk memperbaiki waktu larimu:


  • Tingkatkan larimu sekitar 10% setiap minggunya. Tujuan akhirnya untuk lari lintas alam dan lari lintasan (jarak jauh) adalah untuk membangun daya tahan tubuhmu dengan jarak tempuh. Latihan biasanya dimaksudkan untuk meningkatkan kecepatan dan daya tahan tubuhmu saat ini, yang pada akhirnya akan meningkatkan staminamu. Tapi hal yang menarik tentang lari jarak jauh adalah kamu masih tetap dapat menggabungkan pembangunan kecepatan. Ketika kamu berlari ke titik lalu kembali, cobalah berlari dengan cepat saat kembali dibanding saat kamu lari ke titik tersebut.
  • Cobalah untuk berlari cepat dari daerah sekitar rumahmu saat kamu dalam perjalanan pulang ke rumah. 
  • Perbukitan. Saya memilki hubungan benci tapi cinta dengan perbukitan. Perbukitan merupakan salah satu tempat terbaik untuk melatih kecepatan, tapi merupakan hal yang mengerikan dalam lomba lari. Berlatihlah dengan berbeda pada perbukitan. Ketika kamu sedang fokus untuk meningkatkan kecepatan (mungkin 2 kali seminggu) berlarilah dengan cepat ke atas bukit dan cobalah untuk mempertahankan waktumu setiap kali kemu mengulanginya. Kalau kamu tahu bagaimana cara lari di perbukitan dan membangun daya tahan tubuh, kamu dapat berlari dengan efektif di perbukitan tanpa mengerahkan tenaga lebih banyak (terus dorong lenganmu dan berlarilah pada jari kaki dengan langkah yang cepat). Kalau di sekitarmu ada perbukitan, manfaatkanlah sebaik mungkin.
  • Latihan kekuatan. Berenang sangat membantu dalam membangun kardio. Kalau kamu sering berenang bersama teman - temanmu, luangkan waktu latihan renang. Terapkan juga mengenai interval dan pengulangan seperti yang kamu lakukan saat berlari. Gerakan favorit saya adalah gaya kupu - kupu dan gaya bebas. Selain itu lakukan juga olahraga perut dan fokus untuk membentuk otot. Hal itu akan membantu dalam efisiensi berenang.

Ingatlah semua saran di atas hanya akan berhasil kalau kamu sungguh - sungguh melakukannya. Jadikan berlari sebagai kebiasaan.


Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang