Latihan apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi perut buncit di rumah?

Dilihat 366 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Memiliki perut yang rata dan tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang. Tidak hanya bagi perempuan, para pria pun banyak menghabiskan waktu dan uang mereka demi memiliki perut rata sehingga perut menjadi langsing terutama bagi para pria yang mendambakan perut terlihat six pack. Perut yang yang melebar alias buncit dapat menurunkan rasa percaya diri kita, apalagi bagi perempuan yang selalu menginginkan penampilan yang sempurna dengan perut kecil dan langsing. Memiliki perut yang buncit bisa membatasi seorang perempuan dalam memilih busana yang hendak akan dikenakan. Selain itu penumpukan lemak pada perut sangat berbahaya karena akan mengakibatkan resiko perbagai penyakit salah satunya adalah serangan jantung dan munculnya penyakit-penyakit lain dalam tubuh. Banyak cara yang harus dilakukan untuk mengurangi lemak pada perut salah satunya dengan melakukan olahraga untuk mengecilkan perut atau kamu bisa melakukan gerakan mengecilkan perut secara rutin.

Di samping itu, pola makan juga harus dijaga dengan baik dan tidak mengonsumsi makanan yang akan memicu lemak yang berlebihan terutama pada area perut. Untuk menghindari penumpukan lemak pada perut, sebaiknya kamu mengetahui apa saja kebiasaan yang bisa menjadikan perut kamu besar dan tidak mempunyai bentuk agar kedepannya bisa menghindari kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik. Melakukan olahraga dengan tujuan untuk membakar lemak terutama lemak pada bagian perut. Lemak dapat timbul pada semua bagian tubuh, kamu bisa memaksimalkannya dan mencoba memfokuskannya pada area perut dengan cara melakukan beberapa olahraga yang bisa mengecilkan perut.


mengecilkan perut


Penyebab Perut Buncit Pada Pria dan Wanita


Penyebab dari perut buncit yang terjadi biasanya disebabkan oleh dua masalah umum, yaitu pola makan yang kurang baik dan juga tubuh kurang gerak atau tidak pernah melakukan olahraga. Namun selain itu, faktor lain yang menyebabkan perut membuncit adalah:


1. Pola makan dan minum 

  • Penyebab utama perut buncit adalah mengonsumsi makanan secara berlebihan. Makanan memang memiliki peranan penting bagi tubuh kita, dalam makanan, terkandung zat-zat yang berperan penting bagi kesehatan kita, namun jika mengonsumsi makanan secara berlebihan bukannya membuat tubuh sehat, kamu hanya akan memperburuk kesehatan. Terlebih jika banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat untuk dapat menjaga badan tetap sehat dan ukuran perut kamu harus tetap stabil, sebaiknya terapkan pola makan Nabi Muhammad, yaitu makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. 
makan berlebihan

  • Penyebab lain perut menjadi buncit adalah ketika anda sering makan pada larut malam. Hal ini diakibatkan karena tubuh tidak bisa secara efisien mencerna makanan pada keadaan perut yang terisi penuh. Kebiasaan ngemil di malam hari meskipun anda tidak langsung tidur juga akan membuat berat badan anda bertambah dan perut anda membuncit. Jika anda memang memiliki kebiasaan makan atau ngemil pada malam hari, sebaiknya anda mengganti cemilan anda dengan buah-buahan segar yang tidak ditambahkan gula.  
  • Kebiasaan buruk sering mengonsumsi alkohol selain dapat merusak kesehatan alkohol juga menyebabkan lemak menumpuk pada daerah perut , karena sebagian besar kandungan dari minuman beralkohol ini adalah gula. Selain itu, minuman beralkohol bisa menyababkan gangguan pencernaan dan diabetes. 
  • Banyak mengonsumsi minuman bersoda. Sebaiknya hindari minuman bersoda karena kandungan gulanya yang sangat tinggi.
minuman beralkohol


2. Olahraga yang dapat mengecilkan perut

Ada beberapa olahraga untuk mengecilkan perut gerakan-gerakan yang bisa kamu lakukan agar dapat mengecilkan perut secara maksimal, di antaranya:  

  • Bersepeda. Dengan sering mengayuh pedal sepeda secara teratur, kamu dapat mengurangi lemak dengan cepat. Olahraga ini dapat mengecilkan perut buncit dan juga menurunkan berat badan karena membakar banyak kalori. Jika kamu tipe orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk bersepeda, kamu bisa memulai menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor maupun kampus.  
  • Sit up. Gerakan yang dilakukan saat melakukan sit-up berpusat di otot perut, hal inilah yang menjadikan olahraga ini efektif untuk membakar kalori dan mengurangi lemak disekitar perut dan juga efektif mengencangkan otot-otot di sekitar perut. Saat melakukan sit up, disarankan untuk menggunakan alas yang empuk untuk menghindari rasa sakit di tulang punggung. Perlu diingat, untuk membuat olah raga ini efektif, kamu harus melakukannya mulai dari 30 menit per hari. Kamu juga bisa melakukan beberapa latihan dasar seperti push up, dan pull up untuk mencakup yang dilakukan di gym untuk membantu kamu membentuk otot terutama otot perut.
sit up


  • Jogging atau berlari kecil salah satu olahraga untuk mengecilkan perut ini sangat cocok dilakukan oleh semua kalangan usia. Carilah tempat yang luas seperti taman kota atau jogging track untuk dijadikan tempat jogging kamu. Selain efektif untuk mengecilkan perut buncit, olah raga jogging juga efektif untuk mengecilkan bagian paha dan lengan dan juga baik untuk pernafasan. Lakukan jogging minimal tiga kali dalam seminggu untuk membantu membakar kalori secara efektif. 
  • Hula Hoop. Banyak wanita yang menyenangi olah raga ini karena menyenangkan untuk dilakukan. Memang perlu banyak latihan sampai kamu mahir menggunakannya. Namun setelah mahir menggunakan hula hoop anda akan ketagihan dalam melakukan olahraga ini. Olahraga ini bisa dilakukan sambil kamu menonton TV atau mendengarkan musik. Memainkan hula hoop selama 15 menit dipercaya bisa membakar lebih dari 100 kalori.
lompat tali


  • Skipping sama halnya dengan hula hoop, gerakan mengecilkan perut ini bisa dilakukan di dalam ruangan. Cocok untuk kamu yang malas untuk keluar rumah. Banyak yang menyenangi skipping karena olah raga ini bisa membuat kamu berkeringat secara maksimal tanpa harus berlari diluar ruangan. Namun perlu diingat, jika kamu melakukan kegiatan ini di dalam ruangan, pastikan untuk melakukannya di ruangan yang cukup luas. Skipping dipercaya efektif untuk mengecilkan lengan, kaki, paha dan perut karena hampir semua anggota tubuh bergerak saat melakukan olah raga ini. Lakukan skipping secara teratur terbagi menjadi tiga sesi yaitu pada pagi hari, siang hari, dan di malam hari sebelum tidur. Lakukanlah secara rutin setiap hari 30 menit.
  • Bicycle exercise. Sama seperti namanya, gerakan ini fungsinya sama dengan saat kita bersepeda. Bedanya,kamu tidak memerlukan sepeda saat melakukan olah raga ini. Gerakan dari bicycle exercise juga memang hampir sama dengan saat kita mengayuh sepeda. Caranya dengan berbaring dengan kedua tangan di belakang kepala, lalu angkat lututmu setinggi dada sambil mengangkat kepala. Selanjutkan lakukan gerakan seperti kamu sedang mengayuh sepeda. Saat melakukan gerakan ini, kamu akan merasakan otot-otot di bagian perut, pinggul dan paha bekerja dengan maksimal. Olah raga ini sangat cocok bagi kamu yang malas keluar, kamu bisa melakukan gerakan ini sesering mungkin di rumah sambil kamu menonton TV, mendengarkan musik ataupun sebelum tidur dengan melakukan gerakan ini di atas tempat tidur. 

menu diet


Dengan mengetahui apa saja yang menjadi penyebab perut buncit, kamu bisa menghindari makanan yang menyebabkan perut buncit dan mulailah makan makanan yang sehat seperti sayuran segar, buah-buahan, dan protein yang dibutuhkan tubuh. Bagi kamu yang sudah terlanjur memiliki perut yang buncit dan berencana untuk mengecilkanya, ada beberapa upaya yang kamu bisa lakukan untuk mengecilkan perut, dan yang paling efektif adalah dengan berolahraga. Mulailah dengan olahraga yang sederhana dan tidak mengeluarkan budget besar dengan mendatangi tempat-tempat fitnes yang mahal cukup melakukan olahraga di rumah dengan peralatan yang ada. Dengan berolahraga, kamu bisa mengecilkan bagian perut sekaligus menyehatkan badan.


Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh sehingga penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lancar. Di samping melakukan latihan olahraga secara teratur dengan cara di atas, kamu juga harus menjaga pola makan dengan baik. Misalnya waktu makan yang biasanya 3 kali sehari menjadi 2 kali sehari dengan aturan yang tepat memenuhi gizi yang diperlukan tubuh, atau makan 5 kali sehari dengan porsi kecil (dan tentu saja rendah kalori). 

Perbanyak sayuran, buah-buhan segar, dan makanlah makanan yang banyak mengandung protein serta makanan yang kaya serat seperti ayam, ikan dan sayuran segar. Cobalah untuk mengurangi asupan karbohidrat keseluruhan. Perbanyak minum air putih, hindari makanan yang banyak mengandung gula, dan minuman beralkohol. Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah istirahat dengan teratur dan tidur yang cukup. Semoga tips ini membantu kamu.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang