latihan apakah yang terbaik untuk membentuk trisep?

Dilihat 546 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Seperti yang kita tahu bahwa alat gerak manusia terdiri dari tulang dan juga otot, otot disebut sebagai alat gerak aktif sedangkan tulang disebut sebagai alat gerak pasif. Mengapa otot disebut sebagai alat gerak aktif? Karena otot mempunyai kemampuan untuk berkontraksi dan berelaksasi. Lalu mengapa tulang disebut sebagai alat gerak pasif? Karena tulang adalah tempat melekatnya otot, dan tulang tidak bisa bergerak jika bukan ototlah yang menggerakannya. 

Kini banyak sekali orang yang ingin memiliki otot yang besar, terutama para lelaki. Mereka ingin memiliki badan yang kekar dan otot lengan yang besar untuk menyempurnakan penampilan mereka agar lebih macho. Banyak di antara mereka yang berusaha mencari cara membesarkan lengan, hal ini juga akan melibatkan berbagai latihan otot tricep dan bisep. 


otot bisep


Otot Lengan yang Besar Adalah Idaman 


Siapa lelaki yang tidak ingin memiliki otot lengan yang besar dan kekar? Tentunya setiap lelaki ingin sekali memiliki badan yang kekar dan terlihat macho untuk menarik perhatian wanita. Selain itu, otot yang kekar juga sering dikaitkan dengan tipe lelaki yang kuat juga terlihat keren. 


Namun ternyata untuk mendapatkan otot lengan yang besar tidaklah mudah. Cara membesarkan lengan dibutuhkan latihan yang rutin yang dilakukan dengan ritme meningkat. Bahkan dengan latihan yang rutin pun, belum tentu kamu bisa mendapatkan impianmu itu. Untuk itu, kamu harus mengetahui beberapa cara membesarkan lengan untuk melatih otot tricep dan juga bisep. 


Lalu, apakah latihan apakah yang terbaik untuk membentuk otot trisep? Sekarang, untuk membuat trisepmu terlihat bagus dan terbentuk, kamu harus melatih jaringan otot trisep yang tertinggal ketika melakukan latihan. Kamu bisa melakukan berbagai macam latihan untuk mencapainya, misalkan melakukan latihan standing triceps extension. 

Tidak peduli olahraga trisep apa yang kamu lakukan asal kamu bisa melakukannya dengan nyaman dan tentunya secara rutin. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:


  • Hindarilah menggunakan beban yang terlalu berat. Jika kamu menggunakan beban yang sangat berat jaringan otot trisep akan tertinggal dan kamu malah akan melatih otot tubuhmu yang lain. Sebaiknya gunakan beban yang ringan jika kamu adalah seorang pemula. Kamu bisa menambah beban jika kamu sudah mulai terbiasa dengan beban yang ringan. Lakukanlah latihan untuk melatih otot trisepmu selama 10 kali dengan perlahan dan terkontrol.
  • Berkonsentrasilah saat melakukan latihan. Karena jika kamu melakukannya dengan asal-asalan latihan yang kamu lakukan akan sia-sia. Konsentrasi juga berguna untuk mengingatkan kamu agar selalu melakukan gerakan yang benar dan tepat.
  • Posisi yang tepat. Pastikan siku berada dekat dengan tubuh dan jangan gerakkan tubuh dan lengan bagian atas sama sekali. Fokuslah untuk menggerakkan bagian bawah siku. Pergelangan tangan juga tidak boleh bergerak.
  • Pastikan kamu melakukan posisi dan cara yang tepat. Cara melatih otot trisep adalah dengan posisi siku berada dekat dengan tubuh dan jangan menggerakan tubuh dan lengan bagian atas sama sekali. Fokuslah untuk menggerakan siku bagian bawah. Ingat juga untuk tidak menggerakan pergelangan tangan sama sekali. 
  • Melakukannya dengan berbagai posisi. Kamu bisa melatih otot trisepmu dengan melakukan berbagai variasi gerakan seperti penyesuaian pada pergelangan tangan, merubah posisi genggaman pada bar juga dapat mengaktifkan dan melatih seluruh oto trisepmu.
  • Tidak memaksakan diri. Berhentilah jika kamu merasa lelah dan tidak kuat untuk menahan dan melakukan gerakan lagi. Kamu bisa beristirahat sejenak untuk membuat rileks jaringan otot trisepmu. Setelah merasa lebih baik, kamu bisa mengulang latihanmu kembali. 


otot trisep


Latihan Untuk Menghasilkan Otot Trisep


Bagian lengan kita tiga perempatnya merupakan otot trisep dan ukuran keseluruhan akan tergantung dari seberapa besar dada dan bahumu. Teknik Bench Press merupakan olahraga trisep yang mengharuskan kamu mengangkat beban tubuh menggunakan lengan dan bahu untuk mendorongnya melawan gravitasi. Latihan ini akan membentuk otot lengan. Cara ini bagus untuk membentuk otot bagian dada dan lengan. 


Selanjutnya untuk membentuk otot trisepmu agar lebih terlihat bagus, kamu harus melatih jaringan otot trisep yang tertinggal ketika latihan. Oleh karena itu, kamu harus melakukan olahraga khusus untuk otot trisep. Inilah beberapa gerakan latihan super set untuk membentuk otot trisep dan otot bisep kamu menjadi besar dan kuat, seperti:


1. One-Arm Dumbbell Tricep Extension

One-arm dumbbell tricep adalah salah satu cara yang efektif untuk membentuk otot tricepsmu. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Tahanlah otot tubuh dan mulai dengan posisi merentangkan kaki selebar bahumu. Genggamlah dumbbell dengan satu tangan. Kemudian letakkan lengan di belakang kepala. 
  • Kontraksikan otot trisepmu dan dorong dumbbell ke atas hingga lengan menjadi lurus sepenuhnya. 
  • Berhentilah sejenak di bagian bawah dan kembali ke posisi awalmu.
  • Ulangi secara bergantian dengan lengan yang satunya antara delapan dan dua belas pengulangan. 


Tips-tips untuk membentuk otot trisep dengan one arm dumbbell trisep extension, di antaranya adalah: 


  • Berdirilah saat melakukan one-arm tricep extension.
  • Latihan dengan posisi berdiri akan bagus untuk menstabilkan otot.
  • Jika kamu menemukan kesulitan dalam berdiri, dapat juga menyeimbangkan diri dengan berpegang pada sesuatu dengan tangan. 


otot trisep


2. Lying Triceps Press or Skull Crusher

Teknik latihan ini merupakan latihan terbaik untk membangun kekuatan dan ukuran, tama otot bagian atas, latihan yang berfungsi mengisolasi otot trisep ini sangat bagus untuk memperbesar massa otot trisep. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


  • Berbaringlah dengan posisi netral kemudian pegang erat barbell dengan posisi telapak tangan ke atas. 
  • Gunakan beban ringan untuk memulainya, kemudian dorong barbell ke atas dada sampai lengan kamu tegak lurus. 
  • Tahan lengan atas kamu, dan turunkan barbell secara perlahan sampai hampir menyentuh dahi kamu dan ulangi delapan sampai dua belas pengulangan. 

otot trisep


Rasakan tegangan otot trisep kamu dan selalu hati-hati dalam melakukan latihan ini. Saya sarankan menggunakan bar Ez curl karena umumnya lebih nyaman dan akan mengurangi tekanan pada pergelangan tangan kamu. 

Selain melakukan latihan dengan cara yang baik dan benar. Pembentukan otot trisep juga harus didukung dengan melakukan istirahat dan asupan gizi yang cukup dan seimbang, seperti makanan yang berprotein tinggi, karbohidrat, buah-buahan, dan sayuran.


Salah satu cara membesarkan lengan dengan hasil yang super besar yaitu dengan teknik Super Set, latihan olahraga dengan dua otot berlawanan dilatih dalam satu latihan dengan waktu istirahat yang sedikit dalam setiap setnya. Super Set merupakan latihan yang banyak menguras energi tubuh kamu sehingga harus dimulai dari beban yang ringan telebih dahulu, selanjutnya beban ditambahkan secara perlahan sesuai dengan kemampuan tubuh kamu.


Jika kamu baru pertama kali melakukan latihan super set, alangkah baiknya mencoba satu pengulangan super set dan merasakannya. Namun apabila kamu berhasil melakukan satu pengulangan, kamu dapat menambahkan satu atau dua pengulangan lagi dan terus menambahkan pengulangan dua atau lebih disetiap kali latihan untuk mendapatkan otot trisep yang besar dan kuat.


Kesimpulannya latihan yang terbaik untuk membentuk otot trisep yaitu dengan cara merangsang otot trisep agar berkembang, salah satunya dengan latihan yang rutin, tidak hanya latihan, melainkan adanya keinginan yang kuat, tehnik latihan yang kamu pilih, pengulangan saat latihan yang kamu lakukan, berat beban yang kamu pakai dalam berlatih, dan lamanya latihan. Di samping itu, gerakan dan posisi latihan juga harus dilakukan dengan cara yang benar agar hasilnya lebih cepat terlihat, selamat mencoba!! 


Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang