Lebih baik angkat beban sebelum atau sesudah olahraga aerobik?

Dilihat 401 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Angkat beban. Kemudian baru lakukan kardio.

Latihan kekuatan -- yang kuasumsikan berarti kamu ingin menjad lebih kuat -- membutuhkan usaha yang maksimum. Dikatakan ototmu bisa mengerahkan usaha yang maksimal ketika masih segar. Ototmu itu pastinya TIDAK segar setelah melakukan olahraga aerobik selama setengah jam (atau lebih). Kamu bisa mendorong dirimu lebih keras -- dan mendorong batasanmu -- kalau kamu melakukan latihan kekuatan dulu. Coba saja kadang-kadang: seberapa banyak kamu bisa mengangkat (deadlift, squat, bench, apapun itu) ketika kamu masih segar (tapi setelah pemanasan?) Dan seberapa banyak yang bisa kamu angkat setelah melakukan jogging sebentar?

Beberapa orang mungkin protes kalau mengangkat beban mengeluarkan banyak asam laktat yang membuatmu terlalu lelah unutk melakukan olahraga kardio yang baik setelahnya. Tidak benar. Kebalikan dengan kepercayaan lama, asam laktat itu BUKAN limbah yang terbentuk setelah ototmu mengerahkan tenaganya, dan BUKAN zat yang menghambat tenaga otot. Sebaliknya, asam laktat adalah BAHAN BAKAR untuk ototmu. Jadi inilah strateginya: Selagi ototmu masih segar, angkatlah beban. Angkat beban yang benar-benar berat (gunakan posisi yang benar, tapi secara umum, kalau kamu bukan pemula, semakin berat semakin baik). Ini akan membuatmu lebih kuat dan menghasilkan asam laktat. Asam laktat itu bahan bakar, kan?

Apa yang akan kamu lakukan dengan semua bahan bakar tersebut? Bakarlah. Gunakan untuk berlari, Lompat tali. Lakukan olahraga kardio apapun yang ingin kamu lakukan. Intinya adalah untuk meningkatkan kapasitas kerjamu dari sini dengan memaksa/melatih ototmu untuk menggunakan lebih banyak asam laktat secara efisien dan tanpa rasa sakit.


Satu catatn terakhir: Olahraga aerobik itu hanya membuang-buang waktu saja. Jangan jogging saja. Sprint berulang-ulang. Lakukan Kettlebell. Lakukan banyak double under. Tapi, lakukan kardiomu stelah olahraga kekuatan.

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang