Lendir jernih yang sangat kental serta elastis terbentuk di leher saya dan seringkali mencekik suara saya dan saluran pernafasan, sehingga saya tak bisa bicara banyak dan saya harus menghirup udara lewat hidung. Saya juga seringkali menelan atau meludahkan lendir itu sejak lahir. Apa itu dan bagaimana saya bisa menghilangkannya?

Dilihat 21,4 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Keberadaan lendir di tenggorokan sebenarnya merupakan suatu hal yang wajar. Setiap harinya tubuh kita memproduksi sekitar 1 - 2 liter lendir pada tenggorokan dan hidung. Lendir tersebut memiliki beberapa fungsi penting, seperti melembabkan dan membersihkan saluran pernapasan, mencegah masuknya partikel-partikel asing ke dalam saluran pernapasan, dan melawan 

infeksi. 


Pada umumnya, kita tidak menyadari keberadaan lendir tersebut. Meski demikian, ada kalanya produksi lendir meningkat dan menjadi lebih kental. Pada kondisi inilah orang menyadari keberadaan lendir di tenggorokan karena hal tersebut biasanya cukup mengganggu. 


Sebelum saya berbagi mengenai cara menghilangkan dahak di tenggorokan, sebelumnya mari kita lihat dulu sebenarnya apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan peningkatan produksi lendir di tenggorokan.



Penyebab Meningkatnya Produksi Lendir di Tenggorokan


Lendir yang berada pada tenggorokan memiliki beberapa fungsi, termasuk sebagai cairan lubrikasi ketika kita makan dan berbicara. Lendir tersebut juga mengandung antibakteri yang dapat melawan bakteri - bakteri yang masuk ke dalam mulut. Jika kondisi tubuh kita normal, lendir tersebut cair dan tidak mengganggu. 


Namun ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan lendir di tenggorokan menjadi lebih kental dan lebih banyak dari biasanya. Peningkatan dan pengentalan lendir di tenggorokan tersebut dapat digambarkan sebagai perasaan tidak nyaman yang kamu alami ketika lendir menyumbat tenggorokanmu dan mengalir dari bagian belakang hidungmu. 


penyebab munculnya lendir di tenggorokan


Adanya lendir yang kental di tenggorokan bukan merupakan hal yang normal. Hal tersebut dapat menjadi indikasi adanya peradangan pada bagian atas saluran pernapasan, hidung, atau rongga mulut. Selain itu, ada pula beberapa kondisi yang dapat menyebabkan berubahnya densitas dan jumlah produksi lendir pada tenggorokan. 


Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan produksi lendir di tenggorokan menjadi meningkat dan kental:


  • Dehidrasi

Air merupakan komponen utama dari lendir yang dihasilkan pada tenggorokan. Jika kamu minum lebih sedikit daripada yang dibutuhkan tubuhmu, hal tersebut dapat menyebabkan lendir yang diproduksi di tenggorokan menjadi lebih kental. 


Jadi jika satu-satunya hal yang menjadi masalah bagimu adalah lendir kental yang ada di tenggorokan, kemungkinan besar kamu hanya perlu minum lebih banyak air putih.


  • Merokok

Merokok dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan bagian atas. Hal tersebut kemudian akan menyebabkan meningkatkan produksi lendir pada saluran udara bagian atas. 


Orang yang merokok seringkali merasakan adanya lendir yang mengganggu pada tenggorokan mereka dan mereka mungkin akan terus menerus berusaha untuk menelannya. Selain itu para perokok juga biasanya sering batuk yang disertai dengan keluarnya dahak.


  • Sinusitis Kronis

Pasien yang menderita sinusitis seringkali mengeluhkan adanya lendir kental di tenggorokan yang disertai dengan bau napas yang tidak sedap. Hal tersebut terjadi karena dinding sinus memproduksi lendir secara terus-menerus, yang kemudian akan mengalir ke dalam mulut dan bagian belakang dari tenggorokan. Kondisi ini dikenal dengan post nasap drip yang kemudian akan menyebabkan lendir di tenggorkan menjadi kental.


  • Batuk dan Pilek
Selain adanya lendir kental di tenggorokan, apakah kamu juga merasakan adanya gejala batuk dan pilek? 

Ketika seseorang terkena flu atau infeksi saluran pernapasan lainnya dimana lendir diproduksi, lendir yang kental mungkin akan tercampur dengan air liur yang menyebabkan lendir di tenggorokan menjadi kental. Jika kau mengalami kondisi ini, maka kamu perlu mengobati penyakitmu untuk menghilangkan lendir kental yang mengganggu pada tenggorokanmu. 


  • Alergi Musiman 
Jika pengentalan lendir di tenggorokan yang kamu alami hanya terjadi pada bulan-bulan tertentu setiap tahunnya, maka mungkin hal tersebut disebabkan oleh reaksi alergi musiman. 

Pada bulan-bulan pergantian musim, serbuk sari akan berterbangan di udara dan banyak orang yang memiliki alergi terhadap serbuk sari tersebut. Sebagian orang mengalami ruam pada kulitnya, sebagian mengalami bersin - bersin, dan sebagian lainnya hanya mengalami pengentalan lendir di tenggorokan. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu cukup mengkonsumsi obat anti alergi yang dapat dibeli di apotik.


 makanan pemicu munculnya lendir di tenggorokan

Selain kondisi-kondisi di atas, beberapa jenis makanan juga dapat menyebabkan munculnya lendir yang mengganggu di tenggorokan.


Meskipun hal tersebut dapat berbeda antara sebagian orang dengan yang lainnya, ada beberapa jenis makanan yang umumnya dapat menyebabkan meningkatkan produksi lendir di tenggorokan, di antaranya adalah produk yang terbuat dari susu, daging merah tinggi lemak, produk gluten - terutama bagi merek yang alergi terhadap gluten, minuman beralkohol, kafein, dan goreng-gorengan.



Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan


Hal yang perlu diperhatikan dalam mengatasi lendir kental di tenggorokan yang mengganggu adalah mendiagnosa hal yang menyebabkan munculnya lendir di tenggorokan tersebut. Apakah lendir kental tersebut disebabkan oleh adanya infeksi, sinusitis, atau kondisi-kondisi lainnya? 


Untuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan dan menghindari lendir muncul kembali, tentunya kamu harus mengatasi penyebab munculnya lendir tersebut. Jika mendapatkan penanganan yang tepat, maka densitasi dan produksi lendir di tenggorokanmu akan kembali normal. 


cara menghilangkan dahak di tenggorokan


Di bawah ini adalah beberapa cara menghilangkan dahak di tenggorokan yang dapat langsung kamu praktekkan sendiri di rumah.


  • Minum air yang banyak. Lendir yang kental dan lengket bisa merupakan implikasi bahwa kamu kurang cairan. Meminum air akan membantu mengencerkan dahak di tenggorokan. Jika memungkinkan, minumlah air yang hangat.
  • Berkumur dengan air garam, setidaknya tiga kali sehari akan membantu membersihkan dahak kental yang ada pada tenggorokanmu. Kamu harus melakukannya secara rutin selama 15 hari untuk mendapatkan hasilnya.
  • Untuk melegakan hidung dan sinusmu, cobalah menghirup uap panas. Kamu bisa menggunakan Vicks Vaporub juga. Lakukan hal ini sebelum tidur dan saat kamu bangun tidur. Bila perlu, ulangi pada saat siang hari juga.
  • Cobalah bernafas melalui hidung, jika memungkinkan. Biasakan untuk meniup hidungmu dengan lembut di pagi hari. 
  • Beberapa makanan membantu pembentukan lendir. Oleh karena itu, hindarilah makanan seperti goreng-gorengan, makanan olahan, susu dan makanan berat.
  • Minum cairan hangat yang banyak, terutama air panas, saat siang hari. Tapi, hindari kopi panas, teh, atau minuman apapun yang mengandung alkohol. Teh hijau dan sup bisa membantu mengencerkan lendirnya dan meredakan gejala gangguan tenggorokan.
  • Rebus akan tanaman clematis, gula merah dan cuka. Konsumsi secara perlahan ketika masih hangat. 
  • Konsumsi satu telur mentah dalam gelas dan minum langsung. Ini membantu melancarkan gangguannya, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh.
  • Telan bola nasi yang besar yang lengket. Ukuran bola nasinya harus cukup besar untuk melancarkan gangguan apapun di tenggorokan, meskipun agak sulit melakukannya.
  • Kunyah dan telan potongan roti yang besar (lebih baik utuh, tanpa sisi-sisinya) yang sudah diolesi selai kacang. 
  • Gigit pisang yang besar dan tahan di mulutmu selama satu atau dua menit, tanpa mengunyahnya. Ini akan melembutkan potongan pisang tersebut, yang kemudian nanti harus kamu telan seluruhnya.

Cara-cara di atas merupakan cara menghilangkan dahak di tenggorokan dengan efektif. Meski demikian, jika masalahmu masih berlanjut setelah kamu mempraktekkan cara-cara di atas, maka sebaiknya kamu ke dokter untuk berkonsultasi mengenai hal tersebut. Lendir kental yang hanya muncul sesekali mungkin saja terjadi karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh ataupun sebagai reaksi terhadap perubahan cuaca saat daya tahan tubuh sedang menurun. 


Namun jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus, bisa jadi itu merupakan indikasi dari masalah kesehatan yang lebih besar. Oleh karena itu, jika cara di atas tidak dapat mengatasi lendir yang terus mengganggu pada tenggorokanmu, jangan ragu untuk pergi ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dari masalah yang kamu alami.


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang