Makanan apa saja yang mengandung asam lemak esensial?

Dilihat 4,19 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Hal yang penting untuk dipahami adalah bahwa kehebohan mengenai asam lemak omega 3 adalah karena efek menguntungkan dari dua jenis asam lemak asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Hal ini penting karena asam alfa linolenat (ALA)  juga merupakan asam lemak omega 3 dan makanan yang mengandung ALA sering dipasarkan sebagai sumber yang baik bagi asam lamek omega 3. Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat mengubah ALA menjadi EPA atau DHA. 


Sebagian orang memiliki masalah genetik sehingga mereka tidak dapat melakukannya sama sekali. Bahkan orang - orang yang tidak memiliki masalah genetik hanya mampu mengubahnya ke dalam jumlah yang sangat sedikit. Hal ini terutama berlaku bagi orang - orang yang mengkonsumsi sejumlah asam linolenat (LA), asam lemak omega 6 dalam jumlah yang sama dengan ALA dan yang mengguankan jalur metabolisme yang lebih efektif. LA terkandung dalam benyak makanan, jadi sebagian besar orang mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup besar.


Jadi kalau kamu ingin mendapatkan keuntungan dari EPA dan DHA,  maka sebaiknya kamu makan ikan dan kerang - kerangan, yang mengandung lemak - lemak tersebut dalam jumlah tinggi. (Tapi hati- hati dengan produk hasil ternak, karena makanan yang diberikan dapat mengandung omega 6 dalam jumalh tinggi sehingga mereka hanya menghasilkan sedikit asam lemak omega 3). Telur ikan merupakan salah satu sumber terbaik dari EPA dan DHA.


Rumput laut dan ganggang juga mengandung EPA dan DHA dalam jumlah yang tinggi. Kalau kamu hanya melihat dari segi pemasaran yang dilakukan oleh banyak produsen dan tidak terlalu mempertimbangkan manfaat kesehatannya, sebagain besar makanan mengandung ALA dalam jumlah tinggi, terutama minyak kanola dan minyak kedelai. Tapi hampir semua sayuran hijau, kacang - kacangan dan biji - bijian mengandung sejumlah ALA.


Kalau kita membiacarakan menganai makanan (bukan bahan makanan), salah satu yang satu tahu mengandung ALA yang paling tinggi adalah selada kol KFC yang mengandung 634 mg ALA untuk setiap sajian dari 112 gram. Dan karena pertanyaannya akan mengenai makanan yang mengandung asam lemak omega 3, maka saya harus menyebutkan mengenai biji ram yang mengandung 22,834 mg ALA dalam setiap 1000 gramnya.


Tapi kamu tidak akan bisa menyerap zat dalam jumlah sebanyak itu meskipun kamu menggiling biji rami. Meskipun biji rami keras dan sulit untuk sicerna, biji rami mengandung serat dalam jumlah yang tinggi yang akan menghalangi penyerapan lemak. Dan seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, ALA tidak memiliki banyak manfaat kesehatan. Jadi kalaupun kamu makan - makanan yang sebenarnya juga tidak terlalu lezat itu, kamu tidak akan mendapatkan efek yang positif bagi kesehatanmu.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang