Makanan apa yang bagus untuk mengurangi berat badan?

Dilihat 2,1 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pada dasarnya Anda harus mengkonsumi kurang dari apa yang tubuh Anda butuh sehingga Anda membakar enery yang tersimpan sebagai lemak dan berat badan pun akan turun.

Jadi jika Anda mencari makanan yang cocok untuk mendukung hal tersebut, konsumsilah makanan rendah kalori namun tetap mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Hindarilah makanan yang diproses secara kimia. Sama halnya dengan tepung (pasta, roti, kue dan yang terbuat dari adonan tepung) atau kentang goreng yang menghasilkan banyak energy bagi tubuh namun itu bukan apa yang Anda inginkan saat ini. Jadi apa yang harus Anda coba ?

Konsumsi air

Pernahkah Anda mendengar bahwa air dapat membantu Anda menurunkan berat badan ? Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air, seperti buah dan sayuran dapat membantu diet. Di sebuah penelitian di Universitas Tokyo, wanita yang mengkonsumi makanan bermineral tinggi mempunyai indeks berat badan yang lebih kecil dan lingkar pinggang yang lebih kecil pula. Para peneliti menduga bahwa air yang terkandung di dalam makanan ini membuat Anda kenyang sehingga porsi makan pun berkurang. Cobalah menambah buah-buahan dan sayuran yang mengandung 90% air, ke dalam menu Anda.

Jeruk Bali

Selain melindungi kesehatan hati, Jeruk Bali juga mengandung Vitamin C, Asam Folat, Kalium serta Pektin, serat larut yang dapat mencegah Atherosclerosis. Jenis buahnya yang berwarna pink dan merah juga kaya akan Vitamin A dan Likopena yang berfungsi melindung dinding arteri dari kerusakan oksidatif. Pilihlah buah yang berat dan masukkanlah ke dalam menu salad Anda.

Daun Selada

Dengan kandungan kalori yang hanya sebanyak 60-70 kalori per pon, daun selada adalah salah satu makanan yang baik untuk diet. Daun selada banyak mengandung Vitamin B, Asam Folat, dan Manggan yang membantu mengatur gula darah dan sangat penting untuk fungsi imunitas tubuh. Pilihlah jenis lainnya yang berwarna hijau tua atau ungu yang mengandung lebih banyak nutrisi.

Kubis

Kubis kaya akan anti-oksidan seperti Vitamin C, dan mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Anda dapat memasaknya dan campur dengan menu kue tart apel.

Bayam

Lembut dan beraroma, bayam kaya akan zat besi, asam folat, dan Vitamin K. Bayam juga mengandung anti-oksidan yang dapat memerangi penyakit, beta-karoten, Vitamin C dan lutein yang melindungi mata dari penyakit

Salmon

Salmon adalah sumber Omega-3 yang bermanfaat karena berbagai alasan, salah satunya menurunkan tekanan darah dan baik untuk kesehatan hati. Omega-3 juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga dapat memulihkan tubuh lebih cepat setelah olahraga dan membentuk otot. Kandungan protein yang tinggi pada salmon juga merupakan pilihan yang tepat untuk makan malam dalam program diet.

Alpukat

Alpukat dapat dikonsumsi untuk memerangi lemak dengan lemak. Kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, alpukat dapat mengurangi lemak pada perut. Masukkan alpukat dalam menu sarapan atau menu sehat lainnya. Asam oleat yang terkandung di dalam asam lemat tersebut juga akan meredam rasa lapar. Alpukat juga mengandung banyak serat dan protein.

Kacang-kacangan

Murah, mengenyangkan dan kaya akan protein. Kacang juga mengandung banyak serat dan tidak cepat untuk dicerna. Artinya, Anda akan lebih lama merasa kenyang dan mengurangi porsi makan.

Jika Anda ingin sesuatu yang lebih dari itu, Anda dapat juga mengkonsumsi daging yang kaya protein (ayam panggang, sapi, dll) tapi hindarilah saus dan tepung. Jika Anda ingin mengkonsumsi nasi atau kacang-kacangan, pilihlah nasi merah atau kacang hijau.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang