Makanan apa yang baik penderita penyakit batu ginjal? Apa saja tips untuk mencegah kembalinya batu ginjal?

Dilihat 4,26 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kesehatan tanpa kita sadari adalah sesuatu yang sangat berharga bagi kehidupan seseorang. Saat kita merasakan sakit tubuh biasanya akan merasa lemas dan tidak berdaya untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu banyak orang yang berkata bahwa kesehatan adalah bagian dari rezeki yang menyokong kemampuan kita untuk melakukan sesuatu aktivitas. 


Sekarang adalah zaman di mana banyak orang yang tidak menghiraukan kesehatannya dan tenggelam dalam gaya hidup modern yang akhirnya jatuh sakit. Salah satu penyakit yang bisa hadir akibat buruknya gaya hidup adalah penyakit batu ginjal. 


Jika anda pernah terkena penyakit ini anda sebaiknya memperhatikan makanan untuk penderita batu ginjal agar rasa nyeri dan pembentukan batu ginjal tidak datang kembali. 

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang beberapa cara mencegah batu ginjal dan makanan yang baik anda konsumsi agar anda terhindar dari penyakit menyakitkan ini. 


Penyakit batu ginjal



Apa Itu Batu Ginjal?


Batu ginjal atau sering disebut nefrolitiasis adalah suatu kondisi dimana terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Material keras yang menyerupai batu ini berasal dari sisa-sisa limbah di dalam darah yang sebelumnya telah disaring oleh ginjal lalu mengendap dan mengkristal. Berdasarkan jenisnya batu ginjal terbagi menjadi empat macam, yaitu batu kalsium, batu struvit, batu sistin, dan batu asam urat. 


Jika batu ginjal masih berukuran kecil dengan sendirinya batu tersebut bisa keluar dari tubuh secara alami melalui ureter. Gejala batu ginjal akan terasa jika batu ginjal berukuran lebih besar dari diameter ureter. Batu ginjal yang besar akan bergesekan dengan ureter sehingga bisa menyebabkan iritas dan luka. 


Jika hal ini terjadi, urine terkadang bisa mengandung darah akibat luka yang berasal dari ureter. Selain bisa bergesekan dengan ureter, batu ginjal juga bisa tersangkut di dalam uretra atau saluran pembuangan akhir urine. Hal tersebut bisa mengakibatkan akumulasi bakteri yang bisa mengakibatkan peradangan dan infeksi. 


Rasa sakit yang dirasakan oleh penderita batu ginjal di antaranya adalah rasa sakit pada pinggang, perut bagian samping atau bawah, dan bisa juga penderita merasakan mual.


Diagnosa batu ginjal

Dokter akan mendiagnosa batu ginjal dengan bertanya tentang gejala yang dirasakan oleh penderita. Dokter juga akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti, apakah pasien pernah mengalami batu ginjal sebelumnya? Apakah ada riwayat keluarga yang pernah terkena batu ginjal? Apakah pasien sering mengonsumsi makanan atau suplemen yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal? 


Setelah itu dokter akan menerapkan beberapa tes untuk menentukan diagnosa batu ginjal pada pasien. Tes-tes tersebut diantaranya adalah pemeriksaan urine, pemeriksaan darah, dan beberapa pemindaian seperti rontgen, USG, CT scan, dan intravenous urogram/IVU. 


Pengobatan batu ginjal dilakukan berdasarkan ukuran batu ginjal yang di alami pasien. Jika batu ginjal masih terlihat kecil dan masih bisa melewati ureter dan kandung kemih tanpa tersumbat, biasanya dokter akan menyarankan pasien untuk rajin meminum air putih dengan takaran tertentu. Diharapkan dengan cara ini batu ginjal akan keluar dengan sendirinya. 


Untuk menghilangkan rasa sakit yang dirasakan oleh pasien, dokter biasanya akan memberikan resep berupa ibuprofen, acetaminophen, atau obat anti radang non steroid. Sementara penanganan batu ginjal yang sudah berukuran besar beberapa upaya mungkin dilakukan seperti operasi, menggunakan energi laser, atau ultrasound untuk memecahkan batu ginjal dalam tubuh pasien. 


Cara mencegah batu ginjal



Mencegah Batu Ginjal


Bagi anda yang belum pernah merasakan batu ginjal bersyukurlah karena masih diberikan kesehatan. Kini tugas anda adalah menjaga kesehatan tubuh anda agar terhindar dari penyakit batu ginjal. 


Cara mencegah batu ginjal cukup mudah, anda hanya disarankan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Minumlah air putih paling sedikit 2 liter dalam sehari. 


Selain itu, anda harus mulai membatasi beberapa makanan, minuman, dan suplemen yang zat-zat di dalamnya berpotensi membentuk batu ginjal dalam tubuh anda. Beberapa makanan yang bisa menyebabkan batu ginjal di antaranya suplemen kalsium, asam oksalat, dan makanan yang berasal dari protein hewani. 


Jika anda sudah pernah mengalami penyakit ini anda harus rajin mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter anda, mengubah pola makan, dan selalu konsumsi makanan untuk penderita batu ginjal agar batu-batu yang mengganggu itu tidak muncul lagi di tubuh anda.


Makanan untuk penderita batu ginjal



Makanan yang Baik Untuk Penderita Batu Ginjal


Bagi anda yang sudah merasakan penyakit batu ginjal anda harus mulai beralih pada pola makan yang sehat agar pembentukan batu ginjal tidak terjadi lagi di dalam tubuh anda. Ada beberapa makanan untuk penderita batu ginjal yang tetap bisa dikonsumsi tanpa khawatir batu ginjal akan muncul kembali di tubuh anda. 


Dengan mengonsumsi beberapa makanan tersebut sama halnya juga anda telah melakukan pengobatan batu ginjal di rumah. Makanan tersebut adalah sebagai berikut: 


1. Buah Stroberi

Selain dipercaya sebagai buah anti kanker, buah stroberi juga dikenal sebagai buah yang bisa sangat baik untuk ginjal. Kandungan dua jenis fenol di dalam stroberi yaitu anthocyanin dan ellagitannins sangat berkhasiat untuk pembentukan struktur tubuh anda. Kedua fenol tersebut juga merupakan zat pembentuk warna merah pada stroberi yang sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan oksidatif. Stroberi juga dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan kaya akan serat yang berkhasiat sebagai anti inflamasi dalam tubuh manusia.


Ikan salmon boleh dikomsumsi oleh penderita batu ginjal

2. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan untuk penderita batu ginjal yang terbaik. Meskipun dilarang untuk mengonsumsi makanan yang merupakan kelompok protein hewani seperti daging merah, ayam, dan udang. Namun jangan salah, anda masih bisa mengonsumsi protein hewani dari ikan yang kaya akan omega 3. Jenis ikan yang mengandung omega 3 berkhasiat untuk mengurangi peradangan yang sebelumnya pernah disebabkan oleh batu ginjal yang anda derita. Ikan yang bisa anda konsumsi di antaranya adalah ikan mackarel, ikan tuna, dan ikan salmon.


3. Apel

Apel adalah jenis buah yang baik untuk penderita batu ginjal. Buah yang juga dipercaya sebagai pencegah penyakit jantung dan kanker ini juga mempunyai khasiat untuk kesehatan ginjal anda. Buah apel memiliki manfaat untuk melarutkan terbentuknya batu ginjal di dalam tubuh. Konsumsilah apel sebanyak 2 buah dalam sehari untuk mendapatkan khasiatnya.


Buah semangka bagus untuk penderita batu ginjal

4. Semangka

Jika anda adalah salah satu orang yang susah untuk minum banyak air, maka anda bisa beralih untuk rajin mengonsumsi buah semangka. Seperti yang kita tahu bahwa buah semangka memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga bisa membantu anda untuk meluruhkan batu ginjal yang anda derita dan juga mencegah terjadinya pembentukkan batu ginjal kembali. Selain itu semangka juga bisa membersihkan ginjal anda tanpa menimbulkan rasa sakit.


-


Ginjal adalah salah satu organ sekresi yang penting dalam tubuh kita, sehingga kita wajib untuk menjaga ginjal kita agar tetap sehat. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih secara teratur setiap hari dan membatasi makanan dan minuman yang beresiko membentuk batu ginjal dalam tubuh. 


Jagalah kesehatan kita sehingga kita bisa menikmati hidup dengan lebih indah lagi bersama orang-orang yang kita sayangi.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang