Makanan atau resep apa yang bagus untuk mengurangi berat badan?

Dilihat 72 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

menurunkan berat badan

Memiliki badan yang ideal adalah sesuatu yang diinginkan banyak orang, terutama bagi perempuan. Banyak cara menurunkan berat badan, salah satunya adalah seperti diet air putih dan buah yang juga terbukti sebagai salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat. Diet dengan banyak minum air putih juga sudah dipercaya menurunkan berat badan asal diimbangi dengan konsumsi buah. 


Menurut para ahli kesehatan, air putih juga memiliki manfaat untuk menjaga kadar gula di dalam darah dan mampu menahan peningkatan berat badan secara drastis. Tentu saja hal ini harus dilakukan teratur karena akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan anda dapatkan.


Selain dengan banyak minum air putih, kalian juga bisa menurunkan berat badan dengan alami yakni menkonsumsi jeruk nipis. Selain untuk kesehatan secara keseluruhan, banyak juga manfaat jeruk nipis untuk diet secara alami. Buah ini memiliki rasa yang asam namun jeruk nipis juga sangat segar apabila dicampurkan pada minuman. 


Ada beberapa manfaat jeruk nipis untuk diet yakni sebagai berikut:


1. Membakar Lemak


Jeruk nipis mengandung Vitamin C dan asam sitrat yang merupakan zat anti oksidan. Zat asam ini dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak dan mengubahnya menjadi energi. Lemak tubuh yang tidak dimetabolisme akan menumpuk dan menambah berat badan. Jika melakukan program diet sebaiknya juga diimbangi dengan berolahraga dan minum jeruk nipis, maka hasilnya tentu akan optimal.



2. Menjaga Kadar Gula Darah


Jeruk nipis mampu membantu menjaga kadar gula darah pada tubuh, yang mana ini sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Kadar gula darah yang berlebihan akan menyebabkan diabetes. Hal ini dilakukan jeruk nipis dengan cara mengurangi penyerapan gula darah dari makanan, dengan berkurangnya serapan gula darah ini akan membuat rasa lapar berkurang. Jadi pas banget buat kalian yang lagi program diet, jeruk nipis ini akan memudahkan kalian bukaan..



3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Saat melakukan diet mungkin kalian akan kekurangan nutrisi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalian. Dengan menkonsumsi jeruk nipis ini, kalian akan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Dimana vitamin C sendiri bermanfaat bagi tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh kalian akan lebih kuat terhadap serangan penyakit. Jadi tubuh kalian akan tetap fit selama melakukan program diet.


Ada juga cara menurunkan berat badan yang lain adalah dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Memperhatikan makanan yang kita konsumsi sangat penting karena tidak semua makanan yang kita konsumsi itu dapat menurunkan berat badan, justru malah sebaliknya.


Di bawah ini saya akan menjelaskan jenis makanan yang harus anda perhatikan untuk menurunkan berat badan anda. 



Makanan atau Resep Yang Bagus Untuk Mengurangi Berat Badan


 sayuran hijau

Memperhatikan makanan yang kita konsumsi sangatlah penting untuk menurunkan berat badan kita. Bisa dibilang ini adalah hal yang paling krusial untuk menjaga berat badan kita agar tetap ideal atau jika kita sedang berdiet dan mengurangi berat badan.


Anda bisa mencoba makanan ini untuk mengurangi berat badan anda:

Sayuran hijau sangat bermanfaat untuk hati yang merupakan organ bagi kesehatan tubuh kita. Fungsi hati dalam tubuh kita adalah sebagai penghilang racun dan membantu mengolah lemak menjadi energi. Sayuran hijau yang dapat menjadi pilihan adalah; bayam, brokoli, salada hijau, kol, dan kembang kol.


Selain sayuran hijau, madu pun dapat membantu mengurangi berat badan. Madu yang kita ketahui berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh, ternyata madu juga berfungsi sebagai pengganti gula. Madu memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok dikonsumsi untuk anda yang sedang menjalani diet.


   madu

Adapun hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam makanan anda dalam mengurangi berat badan:


Pertama, saya memulainya dengan memantau asupan kalori, protein, gula dan karbohidrat selama 1-2 minggu. Saya terkejut menemukan bahwa saya mengkonsumsi 80-90 gram gula rafinasi tambahan setiap hari. Hal ini memicu saya untuk perlahan mengurangi gula rafinasi setiap hari.


Kedua, saya mengubah menu sarapan saya. Saya mengganti makanan 'sehat' seperti yogurt berbagai rasa, sereal, dan smoothies siap konsumsi dengan makanan rumahan penuh nutrisi.


Ketiga, saya mengganti menu makan siang, makan malam dan cemilan menjadi makanan utuh penuh gizi. Dengan kata lain, saya membatasi konsumsi dari makanan olahan dan mulai mengkonsumsi makanan utuh, segar dan alami.


Berikut ini daftar makanan yang saya konsumsi selama satu tahun terakhir:


  • Karbohidrat kompleks seperti Quinoa, nasi merah, Millet, sorgum, dan gandum utuh gilingan.
  • Berbagai sayuran tidak bertepung, segar maupun dimasak yang memiliki indeks glikemi rendah ke sedang.
  • Buah, biasanya jenis berry dan beberapa buah yang memiliki indeks glikemi rendah.
  • Lemak sehat atau protein bersih seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, dan kecambah.
  • Kuncinya adalah cukup hidrasi, jadi konsumsi banyak air putih.
  • Hindari makanan dengan gula rafinasi tambahan setiap hari, kecuali hanya benar-benar dibutuhkan.

Penjelasan singkat mengenai Indeks Glikemi


Indeks Glikemi adalah kecepatan karbohidrat terpecah menjadi gula di dalam tubuh. IG dihitung pada skala 0-100. IG rendah ada pada skala kurang dari 55, IG sedang berada pada skala 56-59, sedangkan IG tinggi berada pada skala lebih dari 70.


Makanan dengan indeks glikemi tinggi meningkatkan kadar gula dalam darah dibandingkan dengan makan dengan indeks glikemi rendah.


Gula penyebab utama

Menurut saya, gula adalah penyebab utama dalam kenaikan berat badan, dan menahan pengurangan berat badan. Coba lihat artikel menarik tentang gula oleh Steve Kamb, pendiri Nerd Fitness. Artikel tentang gulanya memberikan pemahaman yang lebih baik tentang gula dan bagaimana seseorang harus menghindarinya demi kesehatan optimal.


Makan Sehat bagian dari Gaya Hidup Sehat

Makan sehat adalah langkah pertama menuju gaya hidup sehat. Saya juga memasukkan olahraga, meditasi dan keseimbangan hidup antara pekerjaan dan pribadi.


Berdasarkan pengalaman saya, lebih baik memulai dengan langkah kecil ketika melakukan perubahan gaya hidup. Ingat, kuncinya bukan diet. Makan sehat adalah menciptakan kebiasaan sehat setiap hari.


menjaga makanan yang sehat

Mengurangi berat badan memang bagus dan dalam keadaan tertentu memang perlu dilakukan. Menciptakan pola hidup sehat dengan menkonsumsi makanan yang bergizi serta olahraga yang teratur pun perlu kita terapkan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang