Mana yang harus saya beli, GoPro atau kamera DSLR?

Dilihat 14 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sekarang adalah zaman di mana orang-orang suka mengabadikan setiap momen yang terjadi, meski hanya hal kecil sekalipun. Sehingga kamera menjadi suatu barang penting yang wajib dibawa kemana pun mereka pergi. Bahkan ketika beberapa orang ingin membeli hp, hal utama yang menjadi perhatian mereka adalah fitur kameranya. Selain itu, telah tersedia beberapa media sosial yang dikhususkan untuk orang-orang yang seperti itu, misalnya, Instagram, Path, dan masih banyak lagi. Karena itu, banyak orang yang berlomba-lomba mengabadikan kejadian yang mereka alami atau pemandangan indah yang mereka lihat untuk diunggah di media sosial. 


Jika anda adalah pemula dalam dunia fotografi dan ingin menggeluti itu lebih dalam, alangkah baiknya anda menggunakan kamera yang memang diperuntukkan bagi pemula. Namun, apabila anda tidak menyukai tipe tersebut, anda harus mengetahui spesifikasi yang cocok dengan kemampuan anda. Dengan banyaknya jawaban yang tersedia dan memberikan pendapat yang sangat baik dari pertanyaan anda. Saya tidak bisa menentukan mana kamera paling bagus, karena itu tergantung dengan kebutuhan anda. Maka dari itu, saya akan memberikan beberapa tambahan masukan.



Perbedaan Antara Kamera GoPro dan DSLR



Kelebihan GoPro


tipe kamera gopro


GoPro merupakan action camera, yakni kamera yang digunakan untuk aktivitas di luar ruangan. Apabila anda menyukai petualangan dan ingin mengabadikannya, kamera ini sangat cocok untuk anda. 


GoPro juga dilengkapi dengan beberapa aksesoris dan alat tambahan untuk mendukung fungsinya. Terlebih lagi, efek kamera GoPro sangat populer di kalangan anak muda di zaman sekarang ini. 


Berikut adalah kelebihan kamera GoPro :


  • Kecil dan ringan

Dengan berat 88 gram, kamera ini 5 kali lebih ringan dan kira-kira 9.7x lebih kecil daripada kamera Canon 100D yang disebut sebagai kamera DSLR terkecil. Hal ini akan sangat menguntungkan apabila anda berencana untuk memasang kamera GoPro pada sesuatu tanpa tampak menonjol, seperti botol Fireball.


  • Anti air dan anti guncangan

Jika anda berencana untuk membawa kamera DSLR untuk masuk kedalam air, kemungkinan besar harga untuk perawatan kamera tersebut akan menjadi lebih mahal daripada harga kamera itu sendiri. Namun, GoPro telah menyediakan segala yang diperlukan dan tak pernah gagal untuk membuat takjub seluruh orang di internet.


  • Focal-length yang luas

Lensa fisheye yang terdapat pada GoPro berukuran sekitar 170 derajat, dan dapat diartikan sebagai lensa curvilinear 12mm. Penawaran yang diberikan oleh Rokinon setara dengan harga sekitar $500, dan harga GoPro Hero 4 hanya $400. Akan tetapi lensa fisheye ini merupakan efek kamera GoPro yang sudah ada di beberapa aplikasi kamera di android.


  • Sambungan dengan alat-alat elektronik pintar

Anda bisa menggunakan ponsel sebagai layar dan untuk mengatur kamera GoPro yang anda miliki apabila menggunakannya dari kejauhan, memberikan lebih banyak kebebasan untuk seorang pengguna yang kreatif. 



Kelebihan DSLR


tipe kamera dslr

Kamera ini merupakan perkembangan dari kamera SLR. Karena disebut perkembangan, sudah pasti DSLR lebih unggul ketimbang SLR


Berikut ini adalah kelebihan DSLR:


  • Ergonomis

Memang kamera DSLR lebih besar daripada kamera GoPro, tapi anda tak akan bisa memegang GroPro dengan nyaman tanpa tambahan aksesoris. 


  • Foto dan Video

Apabila anda belum menyadarinya, sebenarnya GoPro dibuat dan didesain untuk menjadi sebuah kamera video, jadi foto-foto yang didapat dari kamera GroPro cenderung seperti screenshot dari sebuah video. 

Di sisi lain, kamera DSLR memang dirancang untuk mengambil gambar, dan akan menciptakan hasil yang sangat mengesankan apabila digunakan dengan benar. Sebagai bahan pertimbangan, Full HD adalah sekitar 2.1 megapiksel dan 4k adalah sekitar 8 megapiksel, dapat dibandingkan dengan resolusi kamera iPhone. Sementara itu, kamera DSLR Canon dengan berat yang paling ringan telah dilengkapi dengan lensa 18 megapiksel. 


  • Pilihan lensa

Anda tidak akan bisa menggunakan kamera GoPro untuk memotret burung, arsitektur, atau genre-genre lain dalam fotografi karena lensa GoPro bukan merupakan lensa yang luwes. DSLR akan memberikanmu pengalaman modular dalam menggunakan lensa yang spesifik untuk tujuan yang khusus. 


  • Kualitas

Dengan lensa yang lebih besar, kualitas optik yang lebih baik pun bisa kamu dapatkan. Kamera DSLR juga bisa menghasilkan gambar-gambar yang lebih baik dan lebih banyak pilihan post-produksi. Hal ini sama sekali tak bisa diperdebatkan.


  • Sambungan hardware

Sama dengan pilihan lensa, kamera DSLR memberikanmu pengalaman modular untuk berbagai skenario. Jika anda ingin pencahayaan lebih, anda bisa menambahkan flashgun. Ingin suara yang lebih jelas? Tambahkan saja mikrofon eksternal. Layar terlalu kecil? Gunakan HDMI untuk menyambungkan dengan layar tambahan. 


kamera paling bagus

Jadi yang mana kamera paling bagus


Pilih GoPro apabila anda rasa apa yang ditawarkan oleh mereka sesuai dengan keinginan. JIka anda merasa bisa mendapatkan keuntungan dari sistem modular, maka kamera DSLR bukanlah pilihan yang buruk. Karena penggunaannya sedikit lebih rumit, sebaiknya anda paham cara memilih tipe kamera DSLR. Jadi, temukanlah yang cocok untukmu dan mulailah memotret!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang