Mana yang lebih aman, mengendarai motor trail di jalur off-road atau motor sport di jalanan?

Dilihat 431 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sebagai orang yang menyukai tantangan, olahraga yang memacu adrenalin tinggi bagaikan makanan favorit yang harus dinikmati. Beradu dengan kecepatan, mengasah ketangkasan dan memadu kombinasi antara gerak badan dan juga kekuatan otot berubah menjadi rasa senang yang tak tergantikan. Namun satu hal yang harus dijaga, keselamatan adalah hal utama yang wajib diperhatikan dengan seksama.

Salah satu olahraga pemicu adrenalin tinggi adalah balap motor. Kompetisi menjadi yang tercepat dan yang terdepan di lintasan ini sangat disukai oleh berbagai kalangan bahkan di seluruh lapisan masyarakat dunia ini. Olahraga balap motor ini bahkan telah lama mendunia hingga saat ini banyak sekali event yang memfasilitasi para pembalap untuk bersaing di kancah nasional maupun internasional.


Salah satu ajang olah raga balap yang paling disukai masyarakat adalah balapan motor trail, olahraga yang memacu adrenalin ini sangat disukai oleh penikmat olahraga ekstrim. Memacu motor dengan kecepatan tinggi di tengah lintasan tanah yang bergelombang bahkan kadang licin terkena genangan air merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Meskipun olahraga ini mengandung resiko yang tingi, tidak sedikit para pembalap rela bertaruh nyawa untuk menjadi yang tercepat sampai di garis finish.


Olahraga balap motor di lintasan tanah ini sering juga disebut sebagai motor offroad. Dalam olahraga ini seorang pembalap harus memiliki skill yang mumpuni untuk melintasi setiap rintangan alam yang bahkan tidak bisa diprediksi sebelumnya. Selain itu, seorang pembalap motor trail juga wajib mengenakan perlengkapan alat keselamatan yang sudah ditentukan oleh panitia lomba.




Jika ditinjau dari segi resiko sebenarnya kedua olahraga balap ini sangat berbahaya. Baik ketika balapan motor trail di medan offroad maupun ketika balapan motor sport, keduanya beresiko tinggi mengancam keselamatan pengendara. Namun jika dilihat dalam hal resiko keselamatan pengendara melalui medan lintasan yang digunakan, maka mengemudikan motor trail di jalur offroad jauh lebih berbahaya, karena medan offroad seringkali melintasi tanjakan dan juga loncatan yang curam atau bahkan bersebelahan dengan tebing yang dalam. Untuk itu pengalaman dan juga perangkat keselamatan berkendara harus benar-benar diperhatikan ketika melakukan olahraga yang ekstrim ini.


Perlengkapan Keamanan Diri Mengendarai Motor Trail di Jalur Off-road


Di Indonesia, banyak sekali olahraga dengan menggunakan kendaraan roda 2 jenis trail. Sebut saja motocross, grasstrack, supercross, enduro cross, adventure trail, freestlye trail hingga Trial Game. Meski sama-sama menggunakan kendaraan sejenis yakni trail, arena yang digunakan berbeda-beda. Mulai dari sirkuit dengan berbagai macam handicap, pegunungan, perbukitan sampai dengan alam bebas.


Tentu saja, selain ketrampilan atau kemampuan berkendara menggunakan motor trail, juga diperlukan nyali yang tinggi, lantaran olahraga otomotif yang satu ini sangat bersinggungan dengan bahaya. Kecelakaan, jatuh dan cedera adalah resiko yang harus sangat difahami bagi si pengendara.




Nah, untuk meminimalisir cedera serta agar berkendara dengan aman dan nyaman, kita harus memastikan bahwa kita memakai peralatan dan perlengkapan terbaik. 


Perlengkapan berkendara balapan motor trail antara lain:

 
  • Helm

Helm berfungsi sebagai pelindung kepala yang mana menjadi pusat syaraf utama. Karena itulah helm memiliki peran amat penting, bahkan lebih penting dari semua peralatan pelindung tubuh yang digunakan. Pasalnya kepala cukup rentan dengan benturan keras. Sehingga memilih helm safety buat pengendara motor trail adalah hal mutlak. Helm yang berkualitas akan memberikan keamanan dan perlindungan pada bagian kepala serta dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan cedera kepala serius. Pastikan helm kita cocok dan nyaman, ingat helm akan mengendur sedikit saat kita memakainya, jadi pilih helm yang erat merupakan prioritas ketika kita pertama kali membelinya.


  • Sepatu

Setelah helm adalah sepatu, tidak hanya melindungi dan mendukung kaki, sepatu juga melindungi jari-jari kaki, pergelangan kaki, shins dan betis. Sepasang sepatu yang mumpuni akan mengurangi kemungkinan keseleo saat melewati tikungan, melindungi pergelangan kaki dari lateral poni dan benturan, dan menjaga kaki kita dari panas, luka bakar dan lecet. Sepatu bot biasa, bahkan walaupun ia benar-benar menutupi pergelangan kaki kita tidak akan benar-benar melindungi kita selama bermotorcross, jadi pastikan untuk membeli sepatu bot yang benar-benar untuk olahraga trail. Ada berbagai macam desain dan trend sepatu motocross tersedia bagi para riders yang memang dirancang untuk cocok dengan sepeda motor kita.


  • Penjaga lutut dan siku

Siku dan lutut adalah bagian tubuh yang paling rawan dengan cedera, sehingga bagian ini perlu mendapatkan perlindungan ekstra. Ada berbagai macam perlindungan untuk siku dan lutut yang tersedia untuk pengendara motorcross dan olahraga trail lain. Kebanyakan pakaian khusus olahraga trail meninggalkan ruang ekstra di siku dan meninggalkan ruang ekstra pada bagian lutut. Item tersebut sengaja didesain sedemikian rupa untuk memudahkan pengendara ketika bergerak dan melakukan manuver.


  • Celana

Pada olahraga trail, sangat tidak dianjurkan memakai celana selain celana khusus balap trail. Pada celana biasanya memiliki tambahan lapisan perlindungan yang dibangun ke lutut dan paha untuk melindungi terhadap luka akibat terjatuh dan goresan yang mungkin terjadi dari batu, dahan dan lain sebagainya. Celana khusus balap motor trail ini didesain menggunakan bahan kulit asli ataupun sintetis, sehingga mampu meredam gesekan dan panas yang terjadi ketika pengendara mengalami insiden atau ketika jatuh dari kendaraan.


  • Jaket

Fungsi dari jaket motor offroad ini tidak jauh beda dengan celana khusus yang telah dijelaskan diatas. Jaket inipun dibuat dari bahan khusus (seperti kulit hewan atau kulit sintetis) yang didesain seringan mungkin untuk memudahkan gerak si pengendara. Akan tetapi tidak banyak event yang mewajibkan si pembalap motor trail menggunakan jaket. Perlengkapan ini baru akan  wajib dikenakan ketika ada event seperti super moto dan semacamnya, karana dalam event ini pembalap juga akan melalui lintasan aspal seperti balap motor sport.


  • Kaos

Selain membantu sebagai tanda pengenal, (biasanya dibubuhi nama atau nomor pada kaos) kita juga harus memahami tips memilih kaos dengan kualitas yang baik. Hal tersebut dikarenakan kaos yang baik akan membantu kita dalam berkendara. Pemilihan bahan kaos yang baik juga akan lebih maksimal melindungi tubuh kita dari terpaan angin dan cipratan tanah yang mengarah ke badan. Selain sebagai perangkat keamanan berkendara, kaos juga berfungsi sebagai style bagi pengendara. Ada begitu banyak desain menarik dengan warna dan gaya sebagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan gaya si pengendara.


  • Kacamata

Kacamata cross (goggles) juga penting untuk olahraga trail. Kacamata ini melindungi mata dari debu, angin, air hujan ataupun lumpur yang dapat mengakibatkan terganggunya pengelihatan. Selain itu kacamata juga akan menambah nilai stylish si pengendara ketika sedang menunggangi motor offroad.  Akan tetapi dalam memilih kacamata, hal yang harus diperhatikan adalah ukuran dan kekuatan bahan kacamata. Jangan sampai kita memilih kacamata dengan bahan yang buram dan mudah pecah sehinga nanti akan sangat berbahaya bagi si pengendara, atau ukurannya tidak pas sehingga mengganggu kenyamanan dan juga pandangan mata si pengendara.


Demi menjaga keselamatan pengendara motor trail ketika balapan, perlegkapan keselamatan berkendara seperti di atas harus benar-benar diperhitungkan untuk mengurangi resiko kecelakan yang tidak diinginkan. Perlengkapan berupa helm, kacamata, bantalan siku dan bantalan lutut, jaket (atau kaos) dan juga sepatu safety (khusus balap) adalah perlengkapan wajib sebelum berkendara naik motor trail di medan yang cadas. Hal ini penting untuk meminimalisir risiko cedera bila terjatuh atau tergelincir. Sehingga meskipun demikian kita tetap aman melakukan kegiatan balap motor trail yang kita sukai ini.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang