Mana yang lebih baik, melakukan kardio sebelum angkat beban atau sesudah angkat beban?

Dilihat 651 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Menurut opini saya, kardio harus dilakukan setelah latihan angkat beban dan ada sejumlah alasan untuk itu:

  1. Masuk akal untuk mendahulukan latihan beban terlebih dulu supaya fokus dalam membentuk otot. Seseorang dengan massa otot ramping yang lebih tinggi akan mengalami tingkat istirahat metabolisme yang lebih tinggi ketimbang seseorang dengan massa otot yang lebih kecil. Artinya lebih banyak kalori yang dibakar diluar aktifitas gym dan konsekuensinya lebih banyak lemak yang hilang dengan tenaga minimal. Namun hal ini memiliki implikasi yang jauh. Pertama, tubuh memiliki perilaku menahan massa otot lebih kuat daripada menahan lemak yang disimpan. Oleh karenanya jika anda melakukan latihan beban lebih dulu dan membentuk otot lebih banyak, maka tubuh anda akan menjaga otot tersebut dan lebih suka menggunakan lemak sebagai energi. Artinya lebih banyak lemak yang hilang, lebih banyak jaringan otot yang ditahan.
  2. Jalur-jalur metabolisme yang menghasilkan energi untuk olahraga selalu menjadi letih karena produk-produk yang tersisa. Oleh karenanya, jika anda melakukan aktifitas kardio sebelum angkat beban, otot anda akan lebih dulu letih akibat produk ini. Anda tak bisa memberikan perhatian serta fokus yang sama pada otot anda saat mereka sudah letih dan menyebabkan tak mampu membentuk massa dalam jumlah yang sama. Hal ini mengingatkan kita pada poin nomer 1. Lebih sedikit massa, lebih sedikit kalori yang dibakar.
  3. Selama latihan beban yang intens asam laktat yang menumpuk di dalam otot bisa menyebabkan rasa sakit pada otot. Asam laktat dihasilkan dari oksidasi yang tidak sempurna dalam jalur-jalur metabolisme yang menghasilkan energi, yang berfungsi saat anaerobik (tanpa oksigen) ketika tenaga intens mendadak dibutuhkan. Kardio dengan intensitas rendah mengambil energi dari yang dihasilkan pada jalur-jalur metabolisme yang mengoksidasi bahan makanan secara sempurna. Satu-satunya produk dari oksidasi sempurna adalah air dan karbondioksida, yang dihirup kembali. Namun aktifitas moderat dan oksidasi sempurna membantu membilas asam laktt dan produk-produk lainnya dari otot-otot. Ini artinya lebih sedikit rasa sakitnya dan lebih cepat pemulihannya setelah anda melakukan sesi latihan beban yang intens.

Karena tiga alasan itulah mengapa saya percaya kardio setelah angkat beban itu adalah yang terbaik. Saya selalu meyakini pemahaman tersebut dan itu baik untuk saya. Jika anda mempertimbangkan tentang pemanasan pada otot-otot anda, peregangan dan set-set ringan dengan mengangkat beban-beban ringan akan sama baiknya dan tak akan meletihkan. Hal itu juga akan membantu anda masuk ke tahap penuh semangat dengan segera! Saya harap ini menjawab pertanyaan anda kawan. Bagaimana pendapat atau opini anda? Pernahkah anda mencoba kardio sebelum dan sesudah? Mana yang terasa lebih baik dan mana yang sesuai dengan anda?

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang