Bagaimana gerakan senam yoga dan aerobik yang terbaik untuk membakar lemak?

Dilihat 1,49 rb • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Lemak dalam tubuh menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit. Tentu saja lemak jahat ini menjadi salah satu penyebab obesitas, dan karena obesitas inilah banyak penyakit yang tidak segan mampir ke tubuh kita. Di Indonesia sendiri, obesitas sudah menjadi momok bersama. Tingkat obesitas di Indonesia selalu merangkak naik dan bahkan menempati urutan 10 besar negara dengan jumlah obesitas terbanyak. Untuk mengatasi masalah ini, selain menjaga pola hidup sehat, kita juga harus menghidupkan budaya olahraga di lingkungan kita. 

Belakangan, semakin banyaknya masyarakat yang semakin memahami pentingnya berolahraga. Senam seperti senam yoga dan senam aerobik menjadi salah satu pilihan untuk menurunkan berat badanPerbedaan mendasar dari kedua jenis senam ini adalah pada ritme gerakannya. Senam yoga lebih menekankan pada olah tubuh dengan ritme yang pelan dan konsentrasi tinggi, sedangkan senam aerobik lebih banyak pada gerakan yang bersemangat




Manfaat senam aerobik sendiri antara lain:

1. Berguna bagi wanita hamil

Bagi wanita hamil, senam dapat membantu meningkatkan kekuatan dan elastisitas otot. Hal ini akan mempermudah persalinan normal.


2. Menenangkan pikiran dan meredakan stress

Olahraga pada umumnya dapat meningkatkan perasaan bahagia dan tenang dalam pikiran seseorang karena aktifitas ini melepaskan hormon endorfin. Hormon inilah yang selanjutnya memicu atau meningkatkan perasaan bahagia. Aerobik adalah salah satu bentuk olahraga yang paling efektif untuk memacu aktifnya hormon endorfin ini.


3. Mengurangi berat badan

Senam aerobik adalah salah satu jenis olah raga kardio, dan kardio adalah aktifitas paling penting dalam pemangkasan lemak. Apabila jogging dan penggunaan treadmil dirasa membosankan, maka aerobik adalah pilihan yang paling tepat karena seluruh tubuh bergerak dalam tempo lagu yang cepat.


4. Meningkatkan fungsi dan menguatkan jantung

Gerakan senam aerobik yang cepat dan repetitif (dilakukan secara berulang-ulang) akan memacu jantung untuk berdenyut lebih cepat. Apabila dilakukan secara teratur, maka anda tidak hanya memangkas lemak di tubuh anda, tapi juga menjaga kesehatan jantung anda.


5. Meningkatkan stamina

Rata-rata penyebab orang cepat lelah setelah melakukan kegiatan yang tak seberapa adalah gangguan aliran oksigen dalam darah atau gangguan lemak di pernapasan. Dengan melakukan aerobik secara teratur dan berkelanjutan, aliran oksigen dalam darah anda akan menjadi lebih lancar, lemak akan berkurang, dan tentu hal ini akan membuat anda menjadi lebih bertenaga dalam melakukan aktifitas sehari-hari. 



senam yoga


Sedangkan senam yoga bermanfaat antara lain:


1. Menurunkan berat badan

Yoga merupakan gabungan atau kombinasi dari beberapa gerakan yang akan membakar lemak dan otot anda pun akan terbentuk. Perlu diingat, otot membakar lemak tanpa henti selama 24 jam, maka cara terbaik untuk membakar lemak secara efisien adalah dengan meningkatkan masa otot.


2. Meningkatkan gairah seksual

Gerakan yoga akan memperlancar peredaran di tubuh anda, dan darah yang mengalir dengan lancar akan akan membuat seluruh hormon-hormon berfungsi dengan baik dan juga akan berpengaruh pada gairah seksual anda.


3. Mengencangkan otot-otot tubuh

Pada umumnya otot perut, punggung, dan dada adalah bagian-bagian tubuh yang akan mengencang karena melakukan yoga. Namun, bagian tubuh lain seperti paha, lengan, dan pantat juga bisa dikencangkan dengan gerakan-gerakan yoga yang lebih spesifik untuk bagian tubuh tersebut.


4. Detoksifikasi dan pengeluaran racun dari dalam tubuh

Ahli menyebutkan bahwa racun-racun dalam tubuh dapat terdetoksifikasi dan keluar dari dalam tubuh melalui pori-pori kulit bersama keringat. Maka ketika anda berkeringat, itu tidak semata sekresi dari pembakaran lemak, tapi juga bercampur dengan racun dari dalam tubuh.


5. Menghaluskan dan menyehatkan kulit

Hal ini bisa diperoleh karena racun-racun dalam tubuh telah terdetoksifikasi dan keluar melalui keringat, selain itu juga karena otot-otot tubuh anda semakin mengencang. Tubuh anda menjadi semakin sehat dan mempengaruhi kulit anda. Kulit anda akan tampak halus, sehat, dan lentur.



Gerakan Senam Aerobik Untuk Membakar Lemak

1. Pemanasan

Pemanasan adalah hal yang wajib dan tidak boleh dilewatkan sama sekali sebelum memulai olah raga, termasuk senam. Pemanasan akan meminimalisir terjadinya cedera pada anggota tubuh dan membantu mempercepat proses pembakaran lemak. 

Gerakan pemanasan yang paling umum adalah jalan di tempat dan melompat-lompat ringan, memutar tumit dan mata kaki, dan peregangan. Lakukan selama 5-10 menit.


2. Latihan Inti

Setelah pemanasan dirasa cukup dan tubuhmu telah siap, maka lakukanlah latihan utama di bawah ini selama 20-40 menit.


3. Marching: Gerakan jalan di tempat dengan mengangkat kaki kira-kira setinggi betis, lutut di tekuk 90 derajat.


4. Jogging: Menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah belakang, dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah menggunakan persendian engkel dan lutut.


5. Kicking: Gerakan mengayunkan tungkai ke depan atau ke samping dalam keadaan lurus setinggi pingggang atau lebih.


6. Single Step: Gerakan kaki melangkah satu langkah ke kanan atau ke kiri, dengan gerakan terakhir menyentuhkan bola, lutut tumpu agak ditekuk, kedua lutut merapat dan menghadap ke depan.


7. Bouble Step: Gerakan dengan melangkah dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki dengan menyentuhkan bola kaki, posisi lutut menghadap ke depan, lutu kaki tumpu agak ditekuk.


8. Gripevire: Gerakan dengan melangkah dua langkah ke kanan dan ke kiri seperti double step tetapi dengan menyilangkan kaki ke belakang.


9. Leg Curl: Gerakan menekuk kaki ke arah belakang.


10. Heel Touch: Gerakan menyentuhkan tumit kaki ke kanan, ke kiri atau ke depan dengan sedikit menekuk lutut tumpu, berat badan berada pada kaki tumpu.


11. Pendinginan

Pendinginan sama pentingnya dengan pemanasan. Apabila anda langsung beristirahat tanpa melakukan pendinginan, maka cedera kemungkinan masih bisa terjadi, seperti kram dan keseleo. Untuk melakukan pendinginan, aturlah nafas anda sembari menenangkan denyut jantung anda. Lakukan peregangan ringan dan berjalan di tempat dengan tempo yang lebiuh lambat daripada pemanasan. Jangan tekuk kaki anda ketika duduk dan berselonjorlah untuk menghindari terjadinya varises. Lakukan selama 5-10 menit. 


 

Gerakan Senam Yoga Untuk Membakar Lemak


Ada beberapa pose yang bisa dilakukan dalam yoga yang bertujuan untuk menurunkan berat badan, antara lain:

1. Urdhva Dhanursana

Berbaringlah di atas matras, kemudian angkat tangan ke belakang dan pegang jari-jari kaki anda. Angkat dada, namun usahakan paha tetap menempel di matras. Tarik nafas dalam-dalam dan berusahalah untuk lebih santai dalam posisi ini.


2. Vriksha Asana

Pose ini sekaligus dikenal sebagai pose pohon. Pose ini merupakan gerakan paling gampang sebagai cara menurunkan berat badan sekaligus memberikan ketenangan. Pose ini membentuk seperti pohon berdiri dengan anda berdiri menggunakan satu kaki dan satu lutut ditekuk, tarik nafas, naikkan kedua tangan ke atas. Buang nafas dan tarik kedua tangan ke samping. 


3. Bhujang Asana

Gerakan ini juga dikenal sebagai pose kobra. Cara melakukannya adalah dengan posisi menelungkup di atas matras, selanjutnya angkat bagian pinggang ke atas sambil bertumpu pada kedua telapak tangan. Gerakan ini mampu mengurangi lemak di daerah perut sebagai cara menurunkan berat badan sekaligus mengurangi keluhan sakit punggung.


4. Paripurna Navasana

Pose ini juga dilenal dengan istilah Full Boat. Cara melakukannya dimulai dengan osisi duduk dengan kaki lurus di atas matras. Kemudian angkat kaki dan tangan sembari mencondongkan tubuh ke belakang sehingga membentuk posisi segitiga. Luruskan tangan di samping lutut. Pertahankan selama 5 kali hitungan. Gerakan ini sebagai cara efektif menurunkan berat badan dengan mengurangi lemak di area perut, pinggang, dan paha serta lengan.


5. Badhakonasana

Pose yang dikenal sebagai pose kupu-kupu ini paling mudah gerakannya. Hanya duduk bersila sambil mempertemukan kedua telapak kaki dan pegang dengan kedua tangan. Posisi duduk harus tegak. Pose ini efektif mengurangi lemak di area perut dan paha.



 

Antara senam yoga dan senam aerobik, yang manakah yang lebih baik?

Pada dasarnya, masing-masing memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Senam yoga dikenal baik untuk merenggangkan otot-otot dan membantu pertumbuhannya. Sementara senam aerobik digolongkan sebagai jenis senam kardio yang membakar lemak. Manfaat senam aerobik yang paling dapat dirasakan tentu saja mengurangi lemak di tubuh dan juga membentuk otot. Oleh karena itu saya menyarankan untuk melakukan keduanya agar hasilnya lebih maksimal. (Lihat juga: Cara menjaga kesehatan)


Kunci utama untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan berolahraga dengan konsisten. Anda bisa memilih untuk melakukan senam yoga atau aerobik, karena keduanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, tentu saja kita akan terlihat awet muda. Siapa sih yang tidak mau terlihat lebih muda? Jadi, mulai sekarang biasakan hidup sehat dan juga selalu berolahraga, ya!

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang