Mana yang lebih baik: yoga atau gym?

Dilihat 645 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Memiliki tubuh sehat dan ideal tentujnya merupakan keinginan setiap orang. Ada macam-macam cara untuk mendapatkan bentuk tubuh idaman dan yang cukup terkenal adalah yoga dan gym. Keduanya merupakan olahraga menurunkan berat badan berlebih dan membantu menghilangkan perut buncit. Lalu, manakah yang lebih baik? Yoga atau gym? Melihat pertanyaan di atas, saya merasa saya sudah memiliki kualifikasi yang cukup untuk menjawab pertanyaan ini mengingat bahwa saya sudah pernah mempraktekkan keduanya. Berikut saya akan terlebih dulu menjelaskan perbedaan antara yoga dan gym.



Perbedaan Gym dan Yoga


1. Gym

Gym adalah bentuk singkat kata dari gymnasium. Gym sudah ditemukan sejak jaman Yunani kuno dimana dulu digunakan sebagai sarana berlatih oleh tentara Yunani. Gym pertama kali dibuka di Amerika Serikat pada tahun 1925 oleh seorang dokter yang berasal dari Jerman bernama Beck. Kini, gym menyediakan berbagai macam akomodasi untuk olahraga indoor dan seperti pusat fitness, gym memiliki berbagai ukuran tempat. Namun berbeda dengan tempat fitness, gym biasanya lebih berfokus pada latihan beban atau angkat beban (weight lifting). Dengan menjadi member di gym, Anda bisa berlatih sendiri atau bersama Personal Trainer. Selain itu, berbagai gym machine bisa Anda pakai untuk membantu Anda membentuk tubuh, misal mengencangkan paha, mengecilkan perut hingga membentuk lengan atas. Setiap kali berlatih di gym, saya selalu rutin berlatih dengan menggunakan alat-alat tersebut. Dan saya merasa olahraga menurunkan berat badan menjadi lebih optimal.




Biasanya di tempat gym juga menyediakan kelas aerobik, ada juga yang memiliki kelas yoga. Namun, tujuan latihan yang ada di gym biasanya adalah pembentukan otot dan pembentukan tubuh. Dibandingkan dengan yoga, olahraga di gym tentunya lebih melelahkan karena lebih berfokus pada latihan angkat beban. Latihan di gym akan membakar kalori dan lemak yang menumpuk karena kurangnya aktifitas. Ini juga akan menjaga vitalitas dan kebugaran pada tubuh anda.




Latihan gym atau olahraga yang teratur akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan merupakan olahraga mengecilkan perut buncit. Ini menjadi penting saat asupan Anda lebih tinggi dari penggunaannya, sehingga terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh. Maka latihan gym atau olahraga akan membakar dan membersihkan lemak dalam aliran darah. Bahkan bila dilakukan secara teratur akan membentuk tubuh Anda menjadi ideal dan sehat.  Pada orang dengan aktifitas yang kurang, tanpa dilakukan pengaturan pola diet cenderung memiliki tubuh yang tidak ideal, serta bermasalah dengan kesehatannya. Sering kelelahan secara psikis membuat gangguan kesehatan secara tersembunyi, tahu-tahu tubuh sudah terkena penyakit, baru menyadari aktifitas yang kurang sangat tidak baik.


2. Yoga

Yoga memang sangat populer di dunia, bahkan di Indonesia sekarang ini sebagai olahraga menurunkan berat badan. Selain untuk mengurangi stres dan meregangkan otot, yoga juga populer sebagai olahraga mengecilkan perut buncit dan membentuk tubuh langsing ideal. Kata 'yoga' sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti 'penyatuan'. Yoga sendiri bermakna memusatkan pikiran agar bisa mengendalikan panca indera. Ini berarti orang yang melakukan yoga harus mampu berkonsentrasi penuh, mengatur dan mengontrol pikirannya agar dapat menyelaraskan dan menyeimbangkan jiwa, pikiran, dan tubuh. Untuk melakukan yoga, terdapat dua teknik yang harus dilakukan, yakni teknik meditasi dan asana atau gerakan fisik dalam yoga. Apabila Anda dapat memfokuskan pikiran, Anda akan merasakan seakan beban berat hilang. Tentunya beban pikiran ini akan kembali lagi, tetapi biasanya beban pikiran tersebut akan makin mengecil. Pada saat itulah Anda telah berlatih untuk menangkan pikiran dan ini adalah tujuan penting dari yoga.




Yoga sangat cocok dalam merawat kesehatan tubuh, mengatur metabolisme dalam tubuh menjadi terkendali dan lebih sehat. Yoga sangat cocok untuk melakukan aktifitas yang moderat, hal ini cocok bagi yang memiliki keterbatasan fisik maupun yang sedang menjalani proses penyembuhan. Yoga akan membuat tubuh kembali fit dan normal, sekaligus menjaga kesehatan secara umum. Beberapa orang usia lanjut sangat cocok dengan aktifitas yoga yang moderat ini. Meskipun bisa pula dilakukan dengan aktifitas yang lebih banyak untuk proses kebugaran. Namun ada irama atau karakter yang membuat yoga bisa diatur sesuai kebutuhan. Karena lebih ringan dibanding fitness, yoga lebih populer di kalangan wanita.


Saya sudah melakukan latihan kebugaran di gym selama kurang lebih tiga tahun terakhir, Latihan ini menjadi rutinitas saya sampai Desember tahun lalu. Awal 2015, saya memutuskan untuk mencoba yoga sebagai selingan dari latihan biasanya. Motivasi utama saya melakukan yoga ialah saya ingin melatih pikiran saya dan saya sedang mencari meditasi. Tampaknya yoga adalah hal pertama yang harus saya lakukan sebelum sesi meditasi. Yoga berfungsi sebagai pemanasan untuk tubuh dan latihan untuk mengontrol nafas. Sampai hari ini, saya masih melakukan meditasi sehari-hari.




Setelah dua bulan absen dari latihan kebugaran, saya menyadari bahwa saya merasa kehilangan massa otot di sekitar lengan dan dada. Di sisi lain, yoga telah meningkatkan fleksibilitas dan kontrol pernapasan saya. Saya merasa lebih terhubung dengan tubuh saya karena saya lebih bisa mengontrolnya sekarang. Sebaliknya, setelah dua bulan lepas dari latihan kebugaran, saya justru merasa lebih fit, kuat, dan juga lebih aktif.


Sekarang untuk pertanyaan Anda soal mana yang lebih baik. Saya rasa semua itu tergantung dari tujuan Anda. Jika Anda hanya ingin menjadi fit dan menjaga kesehatan fisik dan mental Anda, lakukan yoga. Tapi jika Anda menginginkan kekuatan lebih pada lengan Anda, perut yang rata dan membentuk fisik ANda, pilihlah latihan kebugaran. Kedua latihan ini bekerja pada tubuh Anda dengan cara dan tujuan yang berbeda. Tentu saja dengan melakukan yoga, Anda tidak akan merasa sekuat seperti latihan kebugaran. Saran saya, lakukanlah keduanya.


Saya menyarankan ini karena sekarang, pada saat saya melakukan push up setelah yoga dan meditasi, saya merasa bisa lebih menggerakan anggota tubuh saya secara spesifik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Contohnya saat saya melakukan push up untuk otot trisep. Saya hanya tinggal memejamkan mata, mengatur napas dan melakukan push up secara lebih efektif dengan hanya memfokuskan pada trisep (secara garis besar). Jadi tentukan tujuan Anda dan lakukanlah apa yang sesuai. Pada dasarnya, yoga adalah untuk mengenal tubuh Anda dengan lebih baik, sedangkan latihan kebugaran adalah untuk mengembangkan tubuh Anda dengan lebih baik. Pililah sesuai kebutuhan Anda!

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang