Mana yang lebih berbahaya, merokok atau makan mie instan?

Dilihat 2,33 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati untuk itu kita harus senantiasa menjaga kesehatan terutama fisik kita harus selalu sehat. Mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh merupakan salah satu cara untuk bisa menjaga kesehatan. Makanan yang masuk dalam tubuh kita sangat berpengaruh untuk bisa bertahan hidup lebih lama jika kita sehat maka aktivitas akan menjadi lancar. Agar kita senantiasa hidup sehat maka pola makan harus benar-benar dijaga. Hindari makanan yang dapat membahayakan tubuh misalnya mengkonsumsi mie instan. 


Memang makanan yang sudah menjadi kesukaan susah untuk menghindarinya tapi cobalah kamu bayangkan dengan berpikir positif. Dengan cara berpikir berulang kali tentang makanan-makanan tertentu yang dapat  membahayakan tubuh dan itu hanya akan menjadikan kepuasan lebih awal setelah memakannya. Mungkin Kamu sudah mengetahui bahaya msg bagi kesehatan  salah satunya adalah dapat menimbulkan obesitas dimana lemak pada tubuh akan menumpuk sehingga akan beresiko terkena penyakit jantung. Tidak hanya makanan mie instan saja yang berbahaya bagi tubuh merokokpun sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu. Dimana bahaya asap rokok dapat menimbulkan kerusakan pada paru-paru dan organ penting lainnya yang ada pada tubuh manusia. 


Bahaya asap rokok bukan hanya pada perokok saja tapi orang disekelilingnya yang ikut menghisap asap rokokpun ikut merasakannya. Baik makanan yang mengandung msg seperti mie instan ataupun asap rokok keduanya sama-sama bahaya bagi kesehatan. Untuk bisa mengetahui lebih jelasnya bahaya apa yang ditimbulkan bagi kesehatan kita bisa melihat penjelasan di bawah ini.


asap rokok



Bahaya Asap Rokok dan Makanan Instan Bagi Kesehatan


Makanan mie instan atau yang kita kenal dengan makanan siap saji seperti mie kuah dan mie goreng kemasan banyak mengandung bahan pengawet dan msg yang dapat merusak kesehatan tubuh. Bahaya msg bagi kesehatan salah satunya adalah mengakibatkan peradangan hati jika dikonsumsi secara berlebihan. Msg itu sendiri adalah penguat rasa yang dapat merangsang pada kinerja otak untuk merespon nafsu makan sehingga kamu akan mengkonsumsi makanan tersebut secara terus menerus. Ada beberapa bahaya makanan maggi atau mie instan antara lain:


  • Dapat menimbulkan obesitas jika terlalu banyak mengkonsumsi mie instan. Obesitas itu sendiri akan beresiko dengan penyakit jantung karena timbunan lemak akan mengakibatkan kerja jantung terganggu.
  • Dapat mengakibatkan gangguan pencernaan terutama lambung akan rusak karena mengkonsumsi makanan mei instan yang berlebihan.
  • Makanan mie instan mengandung msg seperti yang kita ketahui bahaya msg dapat mengakibatkan terjadinya peradangan pada hati sehingga fungsi hati akan terganggu.
  • Mengkonsumsi mi instan dapat menghambat sel darah merah karena adanya zat timbal (Pb) yang ada pada makanan tersebut yang dapat menghalangi kerja enzim yang terlibat dalam pembentukan hemoglobin (Hb).
  • Mie instan mengandung zat pengawet yang berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus maka bisa membahayakan dan dapat merusak organ ginjal dalam jangka waktu tertentu.

mie maggi


Demikian beberapa hal yang dapat membahayakan tubuh kita jika sering mengkonsumsi mie instan secara berlebihan. Bahaya dari zat yang terkandung di dalamnya dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang serius apabila tidak ditangani dengan cepat. Untuk itu kamu harus menghindari makanan yang dapat merusak kesehatan tubuh kamu sendiri.

 

Disamping harus mengetahui makanan yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.Merokok juga sangat berbahaya sama halnya dengan mie instan. Kita semua tentunya sudah mengetahui bahwa merokok dapat menimbulkan gangguan bagi kesehatan terutama asap yang ditimbulkan dari rokok yang dapat merusak tubuh manusia. Tidak hanya itu saja orang yang perokok juga akan merasa kecanduan karena terdapat bahan tembakau pada rokok yang mengandung nikotina yang membuat orang ketagihan bila mengkonsumsi secara terus-menerus. Ada beberapa yang harus kamu ketahui bahaya asap rokok bagi kesehatan tubuh antara lain:


merokok


  • Dapat menimbulkan berbagai macam penyakit terutama kanker yang membayakan tubuh dalam banyak kasus bisa menyebabkan kematian.
  • Dapat mengakibatkan penyakit paru-paru karena asap rokok dapat menimbulkan peradangan pada paru-paru yang bisa memicu kanker paru.
  • Beresiko penyakit jantung karena aliran darah yang terdapat pada jantung terganggu.
  • Penyebabkan kanker pada tenggorokan karena panasnya asap rokok yang terus menerus.
  • Dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal. 
  • Nikotina yang terdapat pada asap rokok akan mengakibatkan peningkatan tekanan darah sehingga denyut jantung tidak bereturan dan hal ini akan beresiko terkena stroke. Nikotina juga bisa membuat kamu ketagihan dan susah untuk menghentikan kebiasaan merokok.
  • Bagi wanita yang perokok dapat menghambat perkembangan janin dan dan mengakibatkan lahir bayi secara prematur.
  • Juga dapat mengakibatkan kanker payudara dan rahim.
  • Dapat mengakibatkan penyakit diabetes militus tipe 2 karena tekanan gula darah tidak bisa dikontrol dengan baik.
  • Asap rokok dapat merusak mata terutama retina mata sehingga kamu akan cepat terkena katarak dan juga dapat kehilangan pengelihatan.

Itulah beberapa bahaya asap rokok bagi kesehatan tidak hanya bagi perokok saja tapi orang yang ada didekatmu juga akan terganggu dan terkena dari bahaya asap rokok. Selagi kamu sehat berhentilah untuk merokok agar terhindar dari berbagi penyakit yang berbahaya. Tidak heran jika ada yang bilang bahwa merokok akan membunuhmu.


merokok


Dengan melihat pertanyaan di atas bahwa merokok dan mengkonsumsi mie instan sebenarnya sama-sama berbahaya tapi lebih berbahaya adalah merokok  karena merokok tidak hanya berbahaya bagi dirinya sendiri tapi juga sangat berbahaya bagi orang yang ada disekelilingnya. Asap yang keluar dari  rokok dapat membayakan orang yang menghirupnya. Perokok aktif dan pasif bisa menyebabkan penyakit seperti kanker paru, penyakit jantung, pernafasan, gagal ginjal, dan banyak lagi lainnya. Sisa asap rokok yang terbuang di udara, dipenuhi bahan-bahan kimia yang beracun, sudah pasti menyebabkan polusi lingkungan dan akan menimbulkan resiko kematian lebih tinggi.

Sedangkan mie instan juga berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi secara terus menerus karena terdapat zat yang dapat merusak kesehatan tubuh yang akan menimbulkan berbagai penyakit. Jadi merokok dan mengkonsumsi mie instan sama-sama berbahaya Tapi merokok lebih berbahaya karena dapat menimbulkan kematian lebih cepat. Untuk itu kamu lebih baik menghindarinya agar dapat hidup sehat dan juga hidup lebih lama. Sehat itu penting untuk bisa menikmati kehidupan selanjutnya !

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang