Mana yang lebih menguntungkan, belajar bahasa Jepang atau bahasa Korea?

Dilihat 24,2 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mempelajari bahasa asing memang menguntungkan karena hal tersebut akan memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi dengan orang yang berasal dari negara lain. 


Hal tersebut tentunya juga dapat meningkatkan peluang jika kamu ingin bekerja pada perusahaan asing. Misalnya kalau kamu belajar bahasa Jepang dan ingin bekerja di perusahaan Jepang, maka tentunya kamu memiliki keunggulan dibandingkan mereka yang tidak dapat berbicara bahasa Jepang. 


Nah, di sini saya akan jelaskan hal-hal yang akan kamu hadapi dalam mempelajari bahasa Jepang dan Korea serta keuntungan dari menguasai masing-masing bahasa tersebut.


Sejujurnya, agak sulit untuk menentukan mana yang lebih bermanfaat, belajar bahasa Jepang atau belajar bahasa Korea di luar alasan pribadi. Kecuali jika kamu tahu bahwa kamu akan bekerja untuk perusahaan Jepang atau Korea. Bahkan belajar bahasa Cina juga tidak akan membantu kecuali kalau kamu akan bekerja untuk perusahaan Cina atau yang berhubungan dengan bahasa Cina.


Alasannya adalah karena hampir semua dari negara-negara tersebut akan melakukan bisnis internasional (suatu hal akan kamu lalui sebagai orang asing di sana) dalam bahasa Inggris, dan meskipun kamu mungkin bisa membuat beberapa teman Asiamu terpukau ketika kamu berbicara dalam bahasa mereka. 
Mereka mungkin tidak merasa cukup nyaman menggunakannya untuk mendiskusikan masalah bisnis yang serius atau menggunakannya dalam waktu yang cukup lama ketika berbicara denganmu kecuali pengucapanmu sangat bagus (hal ini bisa memakan waktu 5 tahun untuk bahasa-bahasa di atas). 


Justru, kemampuan untuk melakukan bisnis dalam bahasa Inggris bisa jadi merupakan suatu hal yang membanggakan untuk perusahaan-perusahaan tersebut, karena hal tersebut akan memberikan mereka kesan "internasional".




Belajar Bahasa Jepang atau Bahasa Korea?



Jadi kalau kamu tertarik untuk belajar bahasa Korea atau Jepang untuk percakapan sehari-hari dengan temanmu, saya menyarankan untuk belajar bahasa Jepang ketimbang Korea, karena dalam prosesnya kamu juga akan mempelajari karakter Cina (dulu Korea juga menggunakannya, tapi sekarang semuanya dalam karakter Hangul). 


Bahasa Inggris orang Korea juga jauh lebih baik dibanding orang Jepang (menurut pengalaman saya), jadi kamu tidak akan mengalami masalah ketika berkomunikasi dengan mereka. Terlebih lagi jika kamu memang berencana untuk pergi atau bahkan menetap di Jepang, maka sudah jelas bahwa kamu harus belajar bahasa JepangTapi saran saya ini tidak mempertimbangkan dari segi keuntungan bisnis. 


Meski begitu, lain cerita kalau seandainya kamu memiliki sejumlah teman di salah satu negara tersebut. Misalnya, kalau kamu memiliki banyak teman di Korea, maka belajar bahasa Korea akan lebih menguntungkan bagimu. Atau misalnya kamu menyukai K-Pop atau kebudayaan Korea. Alasan logisnya adalah karena kedua bahasa tersebut terisolasi dan keduanya menggunakan hieroglif Cina. 


    



Karakter Dalam Bahasa Jepang dan Bahasa Korea


Bahasa Korea lebih banyak menggunakan abjad dibandingkan bahasa Jepang, jadi lebih mudah untuk belajar menulis dan membaca bahasa Korea. 


Contoh hangul adalah sebagai berikut:


           


Belajar bahasa Korea seharusnya sedikit lebih mudah karena Korea menggunakan sistem fonetis Hangul dengan 19 simbol, dibandingkan suku kata Jepang Haragana dan Katakana yang masing-masing memiliki 50 karakter.


Hiragana dan Katakana

Selain itu, ketika belajar bahasa Jepang kamu juga harus belajar karakter huruf kanji yang berjumlah sekitar 2000-an. Yang terakhir ini cukup menjadi hambatan bagi kebanyakan orang yang ingin belajar bahasa Jepang.





Meski begitu, struktur tata bahasa dari bahasa Korea maupun bahasa Jepang sangat mirip. Tapi tetap saja kedua bahasa itu sangat sulit untuk dikuasai, karena untuk menggunakannya sesuai dengan sistem adat mereka, seseorang harus menetap di negara tersebut selama paling tidak dua sampai tiga tahun. 


Kedua negara tersebut sama-sama nasionalis, tapi orang Jepang lebih egosentris, jadi lebih akan lebih sulit untuk mencoba menyatu dengan mereka, bahkan hampir tidak mungkin. 



Keuntungan Belajar Bahasa Jepang dan Bahasa Korea


Sekali lagi, kalau kamu menanyakan soal keuntungan, hal tersebut sangat bergantung pada apa yang ingin kamu lakukan. Saat ini ada jauh lebih banyak orang non-Jepang yang berbicara bahasa Jepang dibandingkan orang non-Korea yang berbicara bahasa Korea. Jadi kalau kamu belajar bahasa Korea, kamu akan memiliki keunggulan kompetitif. 


Di sisi lain, peluang kerja di perusahaan Korea juga jauh lebih sedikit dibandingkan peluang kerja di perusahaan Jepang. Saat ini Korea berkembang dengan lebih pesat dibandingkan dengan Jepang, tapi kecil kemungkinan Korea dapat memiliki perekonomian sebesar Jepang (hanya ada 50 juta orang yang tinggal di Korea).


Dari segi ekonomi, Jepang lebih besar dibandingkan Korea, tapi Korea lebih dinamis dan memiliki lebih sedikit masalah di pasar keuangan. Selain itu, orang-orang Jepang sangat ramah dan sopan terhadap orang asing. Mereka bersedia untuk membantu dengan sepenuh hati meskipun mereka tidak berbicara bahasa Inggris. Jadi kalau kamu mau berjalan-jalan ke sana, kamu harus merencanakan perjalananmu dengan hati-hati, gunakan alat penerjemah bahasa dan pengetahuanmu terkait karakter Cina.


Jadi pada dasarnya, baik belajar bahasa Jepang maupun bahasa Korea memiliki keuntungan tersendiri. Tentu akan lebih menguntungkan kalau kamu mempelajari keduanya. Mengenai mana yang sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu, hal itu tergantung dari apa yang ingin kamu capai. 


Saat ini sudah ada situs-situs yang menyediakan informasi untuk belajar bahasa Jepang bagi pemula. Jadi kamu bisa mencoba belajar dasar - dasar dari bahasa Jepang melalui situs tersebut. 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang