Mana yang membuat sepatu lari lebih baik, New Balance atau Nike?

Dilihat 6,79 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pertanyaan tentang performa sepatu lari terbaik merupakan hal yang personal. Tidak ada yang bisa menjawabnya karena kebutuhan dan selera tiap orang pun berbeda pula. Namun pasar produk terus menciptakan dan memberikan terobosan terbaru produk mereka agar sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen.


Di antara banyaknya sepatu lari yang ada, orang selalu bertanya-tanya 'sepatu lari mana yang terbaik?' Tidak sedikit pula dari mereka yang membandingkan satu jenis produk dengan produk lainnya.


Seperti sekarang ini, anda bertanya sepatu lari mana yang terbaik antara New Balance dan Nike. Ulasan di bawah ini mungkin akan membantu anda yang tengah memilih sepatu lari dari kedua jenis merk tersebut.



Sepatu Lari Yang Terbaik: New Balance atau Nike?


Tidak ada yang namanya 'sepatu lari yang lebih baik'. Semuanya berrgantung pada siapa yang memakai serta tujuan penggunaannya. Tapi mari kita lihat teknologi yang digunakan beberapa perusahan untuk memproduksi sepatu - sepatunya. Teknologi adalah keunggulan kompetitif yang penting pada sebuah sepatu lari dan merupakan hal yang berbeda dari opini publik dan iklan yang dilakukan oleh perusahaan. 


Namun di antara banyaknya jenis sepatu yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan tersebut, tidak sedikit juga ada pihak lain yang dengan sengaja menduplikasi dengan sangat mirip sepatu dari berbagai jenis merk yang ada. Walaupun tidak sulit juga untuk mengenali mana yang asli dan palsu.


new balance vs nike


Sepatu Lari New Balance


New Balance merupakan salah satu merk sepatu ternama dan jika berbicara tentang kualitas, merk satu ini sudah tidak diragukan lagi. Sebagai salah satu merk sepatu terbesar, New Balance terus saja memberikan terobosan-terobosan terbaru untuk setiap produk terbaru yang mereka keluarkan, entah itu dari model, warna atau bahkan menciptakan teknologi terbaru demi menunjang kenyamanan para produsen yang menggunakannya.


New Balance banyak sekali mengeluarkan model sepatu yang lari yang dibuat sesuai dengan kebutuhan dan selera para pelari, misalnya seperti sepatu lari New Balane 1080v4. 


Sepatu lari New Balance satu ini masih menggunakan bantalan alas kaki fantom fit. Namun untuk ukuran sebuah bantalan alas kaki, teknologi satu ini termasuk ringan untuk sebuah bantalan sepatu. Tentu saja hal ini merupakan sebuah point yang penting untuk tolak ukur sebuah sepatu lari karena kenyamanan para pengguna sepatu lari ini semua tergantung dari bagaimana kualitas dari bantalan alas kaki tersebut terhadap kaki para pelari yang menggunakannya. 


Selain bantalan alas kaki fantom fitnya yang memberikan kenyamanan di kaki, New Balance membuat teknologi lain yang diciptakan untuk model sepatu satu ini yaitu, ASYM counter. Teknlogi ASYM counter merupakan fitur desain yang dibuat untuk kenyamanan dan keselarasan pada tumit. Penggabungan kedua teknologi ini membuat sepatu lari New Balance 1080v4 didesain pas untuk kaki dan tentu saja nyaman saat anda gunakan untuk lari.

galena sepatu lari new balance 1080v4

Selain New Balance 1080v4, merk sepatu kenamaan New Balance mengeluarkan sepatu lari terbaru mereka, yaitu Zante Generate yang kini sedang ramai dikalangan penggemar sepatu lari. New balance Zante Generate ini menambahkan fitur baru, yaitu bantalan alas kaki dengan 'busa segar', cetakan 3D (canggih!), dan pilihan sepatu yang beragam (paling tidak secara subjektif, karena saya tidak ingat jumlahnya. Mungkin sekitar 1080, 860, atau 890). 


Banyak sepatu New balance yang harganya lebih murah dari sepatu Nike. Sepatu ini sangat cocok digunakan lari jarak setengah marathon, atau untuk lari cepat dan bisa deigunakan pada segala jenis medan (jalan, treadmill, ataupun lintasan lari).


Cetakan 3D pada bagian tengah alas sepatu model Zante Generate ini adalah yang pertama kali yang dikeluarkan oleh New Balance. Produk ini pun memanfaatkan teknologi laser sintering powder yang baru saja mereka kembangkan, serta DuraForm® TPU Elastomer pada bagian cetakan untuk membuat perkembangan yang signifikan dalam sepatu lari. 


Bagian tengah alas sepatu, New Balance Zante Generate menggunakan sebuah teknologi yang disebut selective laser sintering, teknologi yang mengubah tiap lapisannya menjadi suatu material padat dengan menggunakan laser. Pengaruh dari bagian tengah alas sepatu, cetakan 3D, serta terobosan dari material yang ada menghasilkan keseimbangan flexibilitas yang optimal, kekuatan, bobot, dan daya tahan pada struktur alas sepatu dengan bentuk yang rumit seperti sarang lebah. 


Dengan teknologi terbaru sepatu model baru New Balance ini, anda bisa lebih nyaman lagi menggunakan sepatu lari karena teknologi baru pada bagian midsolenya dan juga menambah performa anda dalam berlari.


galena sepatu lari new balance zante


Sepatu Lari Nike


Jika kita berbicara tentang sepatu lari, anda tidak bisa melewatkan merk sepatu ternama satu ini, yaitu Nike. Selain New Balance, Nike merupakan merk sepatu lari terkenal lainnya yang paling direkomendasikan. Sepatu lari Nike memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan sepatu lari New Balance, namun setiap merk pastilah memberikan sesuatu yang lain dalam hal performa saat digunakan. Seperti misalnya sepatu lari Nike model Flyknit.

Sepatu Nike dibuat dengan teknologi bantalan alas kaki moon foam (tidak setebal New balance), Flyknit yang dapat merenggang di bagian atas, dan diintegrasikan dengan aplikasi lari Nike+ melalui chip sepatu. 


Sepatu Nike mengingatkan saya pada Apple yang juga berusaha memproduksi barangnya secara ekslusif dan memberikan kesan 'lebih dari sekedar perusahaan sepatu'. Bagi saya, Flyknit adalah elemen sepatu Nike yang paling ikonik. Flyknit nyaman digunakan dan terasa alami, tapi mungkin butuh beberapa waktu untuk penyesuaian (paling tidak setelah bertahun-tahun menggunakan sepatu lari biasa yang ujungnya berbahan plastik).


Nike juga mengeluarkan seri terbaru dari Flyknit mereka, yaitu Nike LunarEpic Flyknit. Seri terbaru dari Nike kali ini memberikan fitur unik berupa bagian atas sepatu dibuat lebih tinggi sampai melewati pergelangan kaki, namun tetap memberikan keluwesan dan kenyamanan dalam bergerak. Sol pada bagian luar dan tengah sepatu ini pun menggunakan teknologi inovatif Lunar yang diciptakan oleh Nike sendiri. 


Sepatu lari ini memberikan kenyamanan bagi penggunanya karena sepatu ini sangat ringan, serta desain kabel pada bagian atas sepatu untuk menambah kekuatan dan pemakaian yang dinamis.


nike sepatu lari

Jenis sepatu lari merk Nike lainnya ada Nike Air Zoom Pegasus 33. Nike Air Zoom Pegasus 33 merupakan salah satu model sepatu lari milik Nike yang terbaru dengan teknologi zoom air bag di bagian depan sepatu. Sepatu dengan teknologi ini dirancang agar para pemain bisa bereaksi lebih cepat dan lebih efisien. Desain sepatu ini juga disesuaikan untuk kebutuhan olahraga yang berbeda-beda, menjamin keseimbangan tekanan dan alas kaki sesuai dengan olahraga anda.


Nike Air Zoom Pegasus 33 mempunyai tampilan luar yang sama seperti seri Pegasus sebelumnya. Bagian depan sepatu ini nampak lebih ramping dan sedikit miring kedepan yang merupakan bagian khas dari model ini. 

Sisi luar dari midsole sepatu ini terdapat bagian menonjol yang membentang dari kaki depan sampai ke tumit, serta sisi medialnya terdapat busa yang relatif padat. 


Selain dirancang untuk lari, sepatu ini juga cocok digunakan dalam keadaan dan situasi apapun, tidak hanya digunakan untuk berolahraga. Desainnya yang casual membuat sepatu ini dapat menunjang penampilan anda.

galena nike air zoom pegasus 33Untuk merangkum semuanya, baik sepatu New Balance maupun sepatu Nike menawarkan teknologi yang canggih dan diakui oleh para pecinta olahraga lari serta atlet profesional. Menyenangkan sekali kalau anda bisa memilih sepatu dari perusahaan-perusahaan dengan teknologi tinggi tersebut. Saya sendiri punya sepatu dari kedua merk tersebut.

Jika anda masih kurang yakin atau ragu dengan penjelasan di atas, anda bisa mengunjungi toko olahraga dan melihat langsung kedua merk sepatu tersebut. Anda juga bisa mencobanya langsung atau minta tolong kepada petugas untuk menjelaskan spesifikasi dari masing-masing sepatu lari yang anda inginkan.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang