Apa sajakah serial anime yang bagus?

Dilihat 1,04 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Menentukan mana sajakah anime yang bagus tidaklah mudah. Anime merupakan salah satu karya Jepang yang diproduksi secara berkala. Di setiap tahunnya akan muncul beberapa judul anime baru yang berganti sesuai dengan musim negara tersebut. Sepeti halnya karya sastra lain, anime juga memiliki genre. Biasanya penggemar akan mencari dan menonton anime sesuai dengan genre kesukaannya. Anime dengan genre misteri seringkali menjadi sorotan di kalangan penggemar anime.



Daftar Serial Anime yang Bagus


Kebanyakan anime yang diproduksi merupakan cerita berseri. Rata-rata jumlah episode di tiap serinya sekitar 12 atau 26 episode. Namun, tak jarang ada anime yang jumlahnya hingga ratusan episode.


Dengan 10 sampai 15 episode. Saya akan mencoba seri-seri yang memiliki sekuel atau beberapa musim pendek (Saya mungkin akan menulis seri-seri yang memiliki OVA, film atau versi yang dipanjangkan). Berikut ini adalah daftar serial anime yang bagus menurut saya : 


Tokyo Magnitude 8.0 

Anime ini mempertontonkan bagaimana sulitnya perjuangan para tokoh untuk kembali kepada keluarganya masing-masing setelah dilanda gempa besar.


Suzumiya Haruhi no Yuuutsu

Bercerita mengenai kekuatan luar biasa yang dimiliki oleh seorang gadis bernama Suzumiya Haruhi. Kekuatan yang dimiliknya semakin hari semakin berbahaya bagi lingkungan sekitarnya, hingga teman-temannya harus menghentikan kekuatan itu.


Kino no Tabi: The Beautiful World

Berkisah mengenai seorang gadis yang melakukan petualangan dari negri ke negri. Dalam petualangannya ia menemukan banyak hal yang menarik dari tempat-tempat yang telah disinggahinya.


Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai


Mengisahkan tentang 5 orang anak yang bersahabat sedari kecil, namun hubungan mereka merenggang sejak kematian salah seorang dari teman mereka. Hingga suatu saat arwah temannya itu muncul di hadapan mereka untuk menyelesaikan sesuatu yang belum tuntas. Serial ini terkenal sebagai salah satu anime yang membuat sedih para penontonnya.


Mahou Shoujo Madoka Magica

Mahou Shoujo Madoka Magica

Bercerita tentang kehidupan Kaname Madoka, seorang gadis yang bertemu dengan Kyubey, makhluk yang hampir mati diserang oleh Akemi Homura, seorang siswa pindahan. Tetapi hal itu berhasil dicegah oleh Madoka dan Tomoe Mami, kakak kelas Madoka. Belakangan diketahui bahwa Mami dan Homura merupakan seorang Puella Magi (Mahou Shoujo) yang bertugas menghabisi Witch yang bertebaran di muka bumi sebagai balasan atas terkabulnya sebuah permintaan Puella Magi itu sendiri. Madoka yang pertama-tama tidak tertarik akhirnya mulai “tergoda” akan penawaran Kyubey dikarenakan beberapa event yang mulai membuat hati Madoka menjadi tidak tenang. 


Higashi no Eden

Saki Morimi adalah seorang wanita muda yang sedang melakukan perjalanan kelulusan di Amerika Serikat . Tapi ketika dia berada di depan Gedung Putih, Washington DC, ia mendapat kesulitan, dan hanya intervensi yang tak terduga dari salah satu rekan senegaranya yang menyelamatkan dia. Namun, pria ini, yang memperkenalkan dirinya sebagai Akira Takizawa adalah sosok misterius. Dia tampaknya telah kehilangan ingatannya, dia dalam telanjang bulat, kecuali pistol yang ia memegang di satu tangan, dan ponsel di tangan yang lain. Sebuah ponsel yang berisi 8.200.000.000 yen tunai digital.


Experiments Lain

Lain adalah sebuah anime yang dipengaruhi oleh subjek filosofi seperti kenyataan, identitas, dan komunikasi. Seri ini berfokus pada Lain Iwakura, seorang gadis remaja yang tinggal di Jepang, dan perkenalannya pada Wired, sebuah jaringan komunikasi global yang mirip dengan internet.


Break Blade


Lygatto Arrow adalah seorang unsorcerer, tipe manusia langka yang entah karena kelainan genetik atau apa, tidak bisa menggunakan teknologi quartz. Suatu ketika ia dipanggil oleh sahabat lamanya, sang raja muda, Hozul yang mengungkapkan padanya bahwa negeri mereka, Kerajaan Krisna, tengah diserang oleh negeri tetangga karena suatu alasan politik yang pelik. Tapi alasan utama Lygatto dipanggil adalah karena teman lama mereka semasa kuliah, Zess, ternyata merupakan pemimpin kesatuan mecha yang secara mengejutkan berhasil menerobos pertahanan negeri dan kini mengancam ibukota kerajaan.


Kimi ga Nozomu Eien


Tentang seorang gadis bernama Haruka Suzumiya yang diam-diam jatuh hati pada Takayuki Narumi. Karena temannya Haruka, Mitsuki Hayase, mengetahui rasa suka Haruka pada Takayuki, kemudian mencoba membantu Haruka mendekati Takayuki. Mitsuki Hayase kemudian berkenalan dengan Takayuki dan menjadi teman baik dari Takayuki. Takayuki lalu ada gelagat suka dengan Mitsuki tapi karena Mitsuki lebih memilih menjaga hubungan pertemanannya dengan Haruka, membiarkan perasaannya yang juga menyukai Takayuki pupus begitu saja. 


Baccano!


Saat akhir-akhir 1930-an di Chicago, kereta antar negara, Flying Pussyfoot, memulai perjalanan legendarisnya yang akan meninggalkan rel berdarah di seluruh negara. Pada saat yang sama di New York, Szilard si ilmuwan ambisius dan Ennis si ajudan yang tak diharapkannya, mencari botol-botol obat keabadian yang hilang. Ditambah lagi, perang antar grup mafia semakin parah. Di majelis Advena Avis, tahun 1711, para ilmuwan mulai mempelajari harga dari sebuah keabadian.


Haibane Renmei


Tak ada yang tahu sebenarnya makhluk seperti apa haibane itu. Dengan sayap mereka yang berwarna abu abu, bukan hitam dan bukan putih. Mereka bukanlah malaikat ataupun iblis. Rakka seorang gadis biasa secara misterius terbawa dalam dunia ini.


Angel Beats!


Berlatar di sebuah SMA dimana semua siswanya adalah makhluk yang sudah meninggal. Mereka belajara menghilangkan sisa beban atau penyesalan di kehidupannya untuk melanjutkan ke tahap kematian selajutnya atau reinkarnasi. Satu per satu dari para siswa itu pun menemukan apa yang membuatnya terdampar di sekolah itu.


Katanagatari

Bercerita tentang perjalanan seorang anak pahlawan untuk mengumpulkan 12 pedang legendaris. Masing-masing pedang yang dikumpulkannya memiliki cerita masing-masing.


Elfen Lied

Menceritakan tentang seorang gadis yang menjadi eksperimen untuk dijadikan monster, membuat gadis ini memiliki kekuatan unik, yaitu dapat membunuh atau memindahkan sesuatu secara instan tanpa menyentuhnya. Anime ini cukup sadis, mengingat cara mati beberapa karakter yang tragis.


Sekarang, saya akan berbuat curang. Sebenarnya ada 2 seri yang memiliki bentuk cerita tunggal: EF Tale of Memories dan EF Tale of Melodies. Seri romantis dengan elemen magical (sihir). Anime ini memiliki gambaran anime dan adegan yang luar biasa. Ookami to Koushinryou dan Ookami to Koushinryou II (dikenal juga Spice and Wolf), adalah seri yang sangat bagus tentang seorang penjelajah dan seorang dewi serigala.




Bagaimana Mengetahui Anime yang Bagus Seblum Menontonnya?



Sama seperti film dan drama, anime juga memiliki rating. Di setiap musim akan terdapat peringkat anime mana yang bagus berdasarkan suara penonton. 


Peringkat tersebut akan diperbarui di tiap minggunya, biasanya anime dengan posisi peringkat yang stabil adalah salah satu anime yang bagus. Tak sedikit penonton yang menjadikan peringkat tersebut sebagai referensi dan memutuskan untuk menonton suatu anime. Namun, tak ada jaminan anime yang masuk dalam peringkat sesuai dengan seleramu.



Dikarenakan pendapat setiap orang yang berbeda-beda, daftar anime yang bagus menurut pendapat saya di atas pun bisa saja bukan seleramu. Dalam daftar tersebut terdapat berbagai genre yang menjadi keistimewaan anime. Mungkin saja salah satunya adalah genre kesukaanmu. Sesuai selera atau tidak, hanya bisa dipastikan dengan mencoba untuk menontonnya :)

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang