Manakah dari berikut ini yang sangat kaya akan kolesterol ? LDL , VLDL , Chlomicrons , HDL, IDL

Dilihat 584 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1


Anda sepertinya bingung :-


Kolesterol adalah molekul lipid / sterol yang disintesis dalam sel hewan dan menjalankan fungsi yang penting untuk semua kehidupan binatang. Kolesterol juga bisa didapatkan melalui asupan makanan. Kolesterol diangkut disekitar tubuh dalam darah oleh partikel lipoprotein (HDL & LDL) – Tinggi rendahnya kadar HDL dan LDL berhubungan dengan penyakit aterosklerosis, penyakit jantung dan stroke.


Trigliserida adalah ester yang terbentuk dari gabungan gliserol dan 3 molekul asam lemak. Trigliserida merupakan komponen-komponen lemak di dalam darah yang berasal dari minyak nabati, lemak hewani dan kelenjar minyak pada kulit manusia. Tingginya kadar trigliserida berkaitan dengan penyakit aterosklerosis, penyakit jantung dan stroke. Ada hubungan terbalik yang sangat kuat antara kadar trigliserida dan kadar koleterol – HDL


HDL, LDL, VLDL, IDL, Kilomikron - semua ini adalah struktur dari perakitan biokimia yang disebut lipoprotein – mereka mengandung protein dan lipid yang memungkinkan lemak untuk bergerak melalui air pada bagian dalam dan di luar sel.

Lipoprotein dapat diklasifikasikan sebagai berikut, terdaftar dari yang lebih kecil ke yang lebih besar dan kurang padat ke yang lebih padat. Lipoprotein lebih besar dan kurang padat ketika lemak terhadap rasio protein meningkat:-


  • Kilomikron membawa trigliserida (lemak) dari usus ke hati, ke otot rangka, dan ke jaringan adiposa.
  • Lipoprotein densitas sangat rendah (VLDL) membawa trigliserida (baru disintesis) dari hati ke jaringan adiposa.
  • Lipoprotein densitas menengah (IDL) adalah lipoprotein menengah di antara VLDL dan LDL. Biasanya IDL tidak terdeteksi di dalam darah saat berpuasa.
  • Lipoprotein densitas rendah (LDL) mengangkut 3.000 sampai 6.000 molekul lemak (fosfolipid, kolesterol, trigliserida, dan lain-lain) dalam darah ke berbagai bagian tubuh. LDL kadang-kadang disebut sebagai "lipoprotein jahat", karena kadar LDL yang tinggi berhubungan dengan berkembangnya penyakit aterosklerosis.
  • Lipoprotein densitas tinggi (HDL) mengumpulkan molekul lemak (fosfolipid, kolesterol, trigliserida, dan lai-lain) dari sel-sel/jaringan tubuh, dan membawanya kembali ke hati. HDL sering disebut sebagai "lipoprotein baik", karena kadar HDL yang tinggi berkorelasi dengan rendahnya tingkat perkembangan penyakit aterosklerosis dan / atau terjadinya kemunduran dari penyakit tersebut.

 

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang