Raket bulu tangkis apa yang terbaik, Yonex atau Li Ning?

Dilihat 34,5 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pemilihan raket memang merupakan salah satu elemen penting yang juga turut menentukan performa seseorang saat bermain bulu tangkis. Dengan memilih raket yang sesuai dengan gaya bermainmu, maka kualitas permainanmu juga akan semakin meningkat. Untuk kedua raket yang kamu tanyakan, baik raket Yonex maupun raket Li Ning memang memiliki kualitas yang tinggi dan menjadi pilihan para pemain bulu tangkis profesional. Nah, di sini saya akan membantumu memilih raket badminton terbaik agar kamu dapat bermain dengan sangat baik di lapangan.


Saya sendiri sudah lama bermain bulu tangkis dan sudah pernah memakai raket Yonex dan Li Ning. Kedua raket ini merupakan raket yang berkualitas dan digunakan oleh para atlet bulu tungkis.Tapi dalam memilih sebuah raket badminton terbaik, selain karakteristik dari masing-masing raket, kamu juga perlu mempertimbangkan gaya permainanmu.


Gaya Bermain Dalam Bulutangkis


Seperti apa gaya bermainmu? Apakah kamu bermain bulu tangkis dengan gaya menyerang atau bertahan? Setelah kamu mengetahui gaya permainan bulu tangkismu, kamu bisa menentukan raket seperti apa yang paling cocok untukmu. Karena gaya permainan bulu tangkis yang berbeda membutuhkan raket yang berbeda pula agar kamu dapat bermain dengan maksimal.


Gaya Bermain Menyerang


Kalau kamu biasa bermain bulu tangkis dengan gaya menyerang, maka sebaiknya kamu memilih raket bulu tangkis dengan ujung yang berat agar mampu menyalurkan kekuatan pukulanmu. Hal ini akan membantumu dalam menghasilkan pukulan smash yang lebih maksimal. Raket yang cocok dengan gaya bermain seperti ini adalah raket dengan bobot jenis 3U - 2U.


bulu tangkis


Gaya Bermain Bertahan


Kalau kamu cenderung bermain bulu tangkis dengan gaya bertahan dan biasa mengandalkan rally serta mengendalikan permainan, maka raket bulu tangkis yang cocok untukmu adalah yang tidak terlalu berat.


Pilihlah raket bulu tangkis jenis 4U - 3U yang memiliki titik keseimbangan 270-285 dari ujung grip. Raket dengan spesifikasi seperti ini memiliki keakuratan yang baik dan respon yang lebih cepat yang sangat berguna dalam menahan serangan lawan.

Cara Memilih Raket Badminton Terbaik

Selain gaya bermain, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk memilih raket badminton terbaik. Dari segi spesifikasi raket, kamu perlu mempertimbangkan berat raket, titik keseimbangan raket, kelenturan/kekakuan batang raket, bentuk frame/kepala raket, bahan raket, dan diameter gagang raket.

raket terbaik

Dari segi berat, raket bulu tangkis dibagi ke dalam beberapa ukuran berat yang ditandai dengan kode 'U'. 


Berikut adalah 5 jenis 'U' pada berat raket bulu tangkis:

  • U = 95-99 gram 
  • 2U = 90-94 gram 
  • 3U = 85-89 gram 
  • 4U = 80-84 gram 
  • 5U = 75-79 gram

Semakin berat raket, semakin besar pula tenaga yang dihasilkan dalam memukul bola yang tentunya sangat berguna ketika melakukan smash. 


Sayangnya, raket yang berat lebih sulit dikontrol. Sehingga jika pemain tidak mampu mengontol power dalam memukul bola, kemungkinan akan sering terjadi bola out. Setahu saya raket Li Ning cukup kaku dan berat di ujung (semakin mahal semakin enteng dan tidak kaku). 


Jadi kalau kamu mau raket untuk gaya menyerang, kamu harus coba raket Li Ning. Tapi jangan coba seri G Force, lebih baik kamu pilih seri ss atau seri hcm. Satu hal yang pasti, di harga yang sama Li Ning memberikan tegangan senar raket yang lebih besar dari raket Yonex.


Varian Raket Yonex


Jika kamu mau raket Yonex, maka akan ada banyak variasi raket yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu:


  • Kalau mau yang berat di ujung, ambil seri voltric.
  • Mau yang sedang, ambil nanospeed atau arcsaber.
  • Mau yang berat di gagang, ambil nanoray.

raket yonex


Jika kamu seorang pemula, maka kamu harus ambil nanospeed atau arcsaber atau muscle power yang dapat memberikan pukulan yang bagus bahkan jika teknikmu salah.


  • Pilihlah muscle power dibandingkan dengan seri carbonex. Dalam jangkauan ini muscle power 29 lebih bagus tapi sedikit berat.
  • Jika kamu mau yang enteng, coba nanoray 60.
  • Jika kamu mencoba voltric, coba D33,D38,D39, dan voltric 5 atau 7.
  • Di seri nanospeed, kamu bisa memilih nanospeed lambda atau sigma.
  • Di seri arcsaber, pilih arcsaber delta atau arcsaber d18,19, atau arcsaber 001.

Beberapa temanku pernah mencoba raket Yonex Vector dan sama bagus dan lebih murah, tapi saya sendiri tidak tahu banyak mengenai hal itu. Bagi saya pribadi, raket Yonex Voltric 5 adalah yang paling cocok.


raket badminton yang bagus


Sekarang tentu kamu sudah tahu bagaimana cara memilih raket badminton terbaik untukmu. Pada dasarnya, baik raket Yonex maupun raket Li ning sama-sama bagus. Tapi kamu perlu memilih raket yang sesuai dengan gaya bermainmu agar dapat mendukung performamu. Selain itu jangan lupa membaca cara membedakan raket Yonex asli dan palsu agar tidak tertipu ketika membeli raket dan cara menjadi pemain bulu tangkis yang baik agar performa permainanmu semain meningkat.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang