Manakah yang lebih baik, pubertas lebih awal atau belakangan?

Dilihat 5,39 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ada beberapa alasan untuk hal ini. Pada beberapa kasus, lebih awal atau belakangan bisa jadi merupakan kondisi tertentu dan dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Pubertas lebih awal adalah saat dimana tampak simptom pubertas. seperti pembentukan, payudara, pembesaran testis, tumbuh kemaluan, dimulai sebelum usia 8 tahun pada perempuan dan umur 9 tahun pada laki-laki. Permulaan pubertas biasanya dipicu oleh gen GPR 54, yang mengirim sinyal ke otak dan mengakibatkan reaksi serta melepas hormon keseluruh tubuh. Pertumbuhan lebih awal ini bisa disebabkan oleh:

1.Masalah di otak seperti tumor.

2. Cedera otak.

3. Infeksi otak seperti meningitis.

4. Masalah di ovarium atau kelenjar tiroid.

5. Bawaan turunan.

Tapi untuk wanita ada alasan yang belum diketahui. Bagi laki-laki pubertas lebih awal jarang ditemukan dan lebih dikaitkan dengan masalah kesehatan. Perawatan pubertas lebih awal, dokter umum akan menyarankan tes darah untuk mengetahui masalah hormon. Dokter umum juga akan menyarankan kamu untuk pergi ke spesialis pediatrik. Nantinya kamu akan diperiksa scan USG dan MRI untuk memeriksa tumor dan fungsi normal kelenjar dan organ.

Tergantung kasusnya, pubertas lebih awal bisa diatasi dengan:

1. Merawat masalah penyebabnya.

2. mengkonsumsi obat untuk menekan hormon seks dan menghentikan berkembangnya organ vital.

Perawatan dengan obat-obatan biasanya diambil jika dirasa pubertas lebih awal akan menyebabkan masalah bagi wanita. Tapi biasanya bukan itu kasusnya, kecuali pubertas dimulai sebelum umur 8 tahun. Jika mulainya sebelum umur 8 tahun, akibatnya adalah wanita itu akan menjadi temperamental. Pada banyak kasus, pubertas lebih awal tidak menimbulkan masalah kesehatan yang signifikan. Tapi, pubertas lebih awal bisa mempengaruhi masalah perilaku yang memiliki efek buruk pada pendidikan si wanita tersebut.  Diskusikan hal ini lebih lanjut dengan dokter.

Pubertas belakangan pada wanita di diagnosa dengan:

1. Jika tidak ada tanda-tanda pertumbuhan payudara pada usia 13 tahun.

2. 4 tahun setelah mulai pubertas payudara tidak menunjukkan perkembangan sempurna.

3. Belum menstruasi pada umur 14,5 tahun.

Pubertas belakangan bisa disebabkan oleh:

1. Bawaan turunan.

2. Punya sakit dengan jangka waktu lama (seperti diabetes, masalah ginjal).

3. Manutrisi.

4. Olahraga terlampau banyak.

5. Tumor.

6. Kondisi hormon. Seperti sindrom sensitivitas androgen (kondisi dimana seseorang secara genetik laik-laki tapi tidak memproduksi hormon laki-laki).

Perawatan bagi pubertas lambat jika tidak ada gejala jelas seperti sakit dengan jangka waktu lama. Dokter umum akan melakukan tes untuk diagnosa penyebabnya. Dokter umum akan menyarankan spesialis pediatri untuk pemeriksaan lebih lanjut. Termasuk pemeriksaan darah untuk memeriksa hormon. Scan USG dan MRI untuk memeriksa tumor dan fungsi kelenjar dan organ. Seperti pubertas lebih awal, perawatan pubertas belakangan ini tergantung dari penyebab awalnya. Pada umumnya merawat penyebab awal akan menyulut pubertas. Pada kasus lain penggunaan obat diwajibkan untuk menyulut pubertas.


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang